Waspada Saat Berkendara di Musim Hujan, Simak Tips Berfaedah Berikut Ini!

Haloo sobat Moladiners. Ngerasa nggak sih kalau akhir-akhir ini kondisi cuaca lagi kurang mendukung? lebih sering hujan pas mau berangkat ngantor. Alhasil bikin kita makin tergesa-gesa agar lebih cepat sampai di kantor, ditambah lagi jalanan yang becek bikin resiko kecelakaan makin parah. Kondisi jalan seperti ini bisa bikin celaka kalo nggak hati-hati. Tenang aja sobat, Jinny bakal bagi tips berkendara di musim hujan biar selamat sampai tujuan. Okay, check this out!

Kombinasi Rem Depan dan Belakang

riding di musim hujan
Gunakan Rem Depan Secara Bertahap Agar Ban Tetap Mencengkeram Aspal dengan Baik

Yups, penggunaan rem depan dan belakang secara seimbang adalah tips yang pertama di saat kalian melewati kondisi jalan seperti ini. Gunakan kedua rem perlahan-lahan, kalian harus super waspada kalo motor kalian gak mau kepleset saat melintasi jalanan licin. Dan penggunaan Engine Brake akan lebih efektif di saat seperti ini. Tindakan tersebut dapat mengurangi ban menjadi selip, dan kalian masih bisa mengontrol laju si kuda besi.

Kini, fitur yang disematkan pada motor-motor keluaran terbaru memiliki sistem pengereman yang canggih. Salah satunya adalah fitur ABS (Anti-lock Brake System). Motor yang dilengkapi dengan sistem pengereman ABS memiliki keunggulan saat menghadapi musim hujan seperti akhir-akhir ini. Seperti skutik Yamaha FreeGo S ABS, hanya dengan DP Rp. 2 jutaan kalian bisa miliki motor ber-fitur keren ini, sob.

Yamaha FreeGo

*DP mulai dari

Atur Batas Kecepatan

berkendara di musim hujan
Atur Batas Kecepatan Saat Melewati Jalanan yang Tergenang Air serta Berlumpur

Tips yang kedua, ketika kalian bertemu jalanan becek, hendaknya memutar gas secara perlahan. Kalo kalian kebawa nafsu geber gas tiba-tiba, bukan hal yang mustahil ban belakang motor kalian bakalan selip. Begitu juga saat berkendara di kondisi seperti ini baiknya perhatikan laju kendaraan, selain jarak pandang yang minim, resiko tergelincir semakin kecil. Dengan kalian mengontrol kecepatan motor saat melewati jalanan kayak gini, setidaknya refleks kalian bisa mengantisipasi kemungkinan.

Rileks Saat Berkendara di Musim Hujan

tips berkendara di musim hujan
Jangan Panik Apabila Motor Hilang Kendali

Tips berkendara di musim hujan yang terakhir dari Jinny, jangan panik kalo motor mengalami selip. Tetap tenang dan berusaha mengurangi kecepatan sebisa mungkin sampai motor kalian stabil. Apabila motor dirasa sudah nggak bisa dikontrol dan akan jatoh, lepas tangan dari stang dan bersiap melompat ke sebelah kiri atau ke jalur yang aman. Meskipun badan baret-baret, setidaknya cara ini lebih aman dan menghindari kemungkinan jatuh terseret motor.

Vespa S 125

*Angsuran mulai dari

Hmmmm… Jalanan becek dan berlumpur sehabis hujan memang menyeramkan untuk pengendara motor. Tapi bagaimanapun kondisi jalanan, seharusnya kita berkendara secara wajar dan disarankan tidak ugal-ugalan. Disamping itu, meningkatkan kewaspadaan di jalan juga sama-sama penting. Dan yang paling penting, selalu gunakan helm maupun safety gear tambahan saat berkendara. Hal yang paling penting lainnya, patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas di jalan ya kawan.

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *