by

6 Tips Berkendara Mobil Aman Saat Pandemi Covid-19

Berkendara mobil aman saat pandemi covid-19, bagaimana caranya? Ternyata tidak sulit. Kamu hanya perlu melakukan semua protokol kesehatan.

Dengan demikian, kebiasaan baru dalam berkendara bakal terbentuk. Alhasil kamu bisa melakukan kegiatan secara selamat, aman, dan nyaman, meski di tengah kondisi pandemi virus korona.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat berkendara. Salah satunya dengan memastikan kondisi tubuh fit, sebelum bepergian.

Kemudian, kamu juga harus membawa berbagai peralatan tambahan seperti hand sanitizer dan masker. Tidak kalah penting, bersihkan beberapa komponen mobil yang sering disentuh baik sebelum dan setelah berkendara.

“Bagian mobil yang rentan akan virus ini adalah komponen mobil yang sering disentuh. Seperti setir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu, dan sabuk pengaman,” seperti dikutip dari laman Asuransi Astra.

Ingin tahu lebih detail terkait tips berkendara mobil aman saat pandemi Covid-19? Simak bahasan di bawah ini:

Inilah Cara Aman Naik Mobil Agar Tidak Terkena Virus Covid-19

1. Kondisi Tubuh Harus Fit Saat Bepergian

cara berkendara mobil aman saat pandemi covid-19
Pastikan tubuh kamu sehat, sebelum berkendara

Tips Berkendara mobil aman saat pandemi Covid-19 yang pertama adalah pastikan tubuh dalam keadaan yang fit. Kalau kondisi kamu prima, maka imun pun dalam keadaan yang baik. Alhasil tidak mudah terpapar virus korona.

Cara menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga. Kalau tubuh kamu, barulah aktivitas berkendara dengan mobil boleh dilakukan.

Baca juga  Cara Pasang Klakson Keong di Mobil, Mudah Banget!

Jika kondisi tubuh tidak fit, sebaiknya tunda perjalanan. Lebih baik di rumah saja.

2. Bersihkan Bagian Mobil yang Sering Disentuh

cara berkendara mobil aman saat pandemi covid-19
Setir harus selalu dibersihkan sebelum dan sesudah berkendara, untuk menghindari penyebaran virus korona

Penting untuk membersihkan bagian kendaraan yang sering disentuh, bila kamu ingin berkendara mobil aman saat pandemi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan, dari sentuhan tangan itulah virus bisa berpindah tempat.

Jika kamu rajin membersihkan komponen mobil yang sering disentuh. Harapannya virus juga tidak menempel di sana, sehingga berkendara jadi lebih nyaman.

Contoh bagian mobil yang perlu dibersihkan adalah setir, tombol audio, handle pintu, jok, sabuk pengaman, dan lain-lain. Jangan lupa lakukan pembersihan itu sebelum dan sesudah berkendara, agar memastikan virus tidak hinggap di sana.

3. Pakai Masker

kelebihan dan kekurangan mobil matic
Selalu gunakan masker ketika berkendara

Memakai masker merupakan salah satu cara berkendara mobil aman saat pandemi Covid-19. Hal ini pun dianjurkan oleh pemerintah.

Walau di dalam tidak ada orang lain, masker perlu tetap dikenakan. Kenapa? Pasalnya meski berkendara sendiri, kita masih berinteraksi dengan orang lain seperti petugas parkir. Kemudian pakai masker juga meminimalkan potensi lupa pakai masker ketika turun dari mobil saat sampai di tujuan.

Baca juga  Ternyata Begini Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

4. Bawa Hand Sanitizer

Cuci tangan dapat cegah penyebaran coronavirus
Intinya kamu harus cuci tangan sebelum dan setelah berkendara, tapi kalau sulit mencari air mengalir, bisa pakai hand sanitizer

Selalu membawa hand sanitizer saat berkendara dapat dijadikan sebagai alternatif apabila sewaktu-waktu kamu ingin membersihkan tangan. Tetapi, yang perlu diingat adalah gunakan hand sanitizer secukupnya.

Penggunaan hand sanitizer yang berlebihan juga akan membawa dampak yang tidak baik, yaitu kuman menjadi semakin kebal. Selain itu, kamu harus menggunakan hand sanitizer yang asli dan sudah terpercaya.

5. Hindari Berkendara ke Zona Merah dan Tempat Ramai

cara berkendara mobil aman saat pandemi covid-19
Tempat ramai memiliki potensi penularan virus korona yang besar

Cara berkendara mobil aman saat pandemi Covid-19 yang selanjutnya,  hindari menuju ke zona merah. Hindari pula tempat-tempat ramai. Pasalnya mendatangi lokasi tersebut, justru bisa membuat kamu mudah terkena penyebaran virus korona. 

Oleh karenanya, sebaiknya datang ke lokasi yang aman dan tidak ramai. Jika memang harus datang ke tempat ramai orang, lakukanlah dengan cepat dan usahakan tetap patuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

6. Jangan Sentuh Area Wajah Selama Berkendara

cara berkendara mobil aman saat pandemi covid-19 - menyentuh muka
Hindari menyentuh muka sebelum cuci tangan, karena bisa membuat potensi terkena covid-19 semakin besar

Menyentuh area wajah saat berkendara dapat menyebabkan virus yang menempel di tangan berpindah ke wajah. Bersihkan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau jika tidak ada air, gunakanlah hand sanitizer.

Baca juga  Cara Membuat Shampo Mobil Dengan Biaya Hemat

Inilah salah satu cara untuk mencegah penularan virus korona. Apalagi Covid-19 disebut-sebut paling mudah menyebar ke orang, lewat mata, hidung, dan mulut. Jadi sebaiknya hindari untuk memegang muka selama berkendara.

Demikian ulasan terkait cara berkendara mobil aman di kala pandemi. Untuk ulasan otomotif lengkap lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru