oleh

5 Tips Berkendara Mobil saat Corona, Wajib Patuh!

Berikut kami sampaikan tips berkendara mobil saat corona. Di jaman virus omicorn seperti saat ini penularan Covid-19 semakin mudah dan cepat.

Maka dari itu unutk kamu yang sering aktifitas luar ruangan harus waspada. Apa lagi kamu sering bepergian dengan kendaraan. Kerena meski menggunakan kendaraan, bukan berarti aman dari penyebaran virus.

Tetap saja ada resiko – resiko dimana virus bisa masuk dan menempel di dalam kabin mobil. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, karena bisa saja virus yang awalnya berada di luar, ikut masuk ke mobil lalu bukan tidak mungkin masuk ke dalam lingkungan keluarga di rumah.

Supaya tetap aman terlindung dari virus Covid-19 saat mengemudi mobil, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai tindakan preventif.

1. Bersihkan Interior Dengan Disinfektan Mobil

Tips Berkendara Mobil saat Corona
Cara paling mudah memilih disinfektan untuk interior adalah produk yang mengandung cairan yang direkomendasi EPA dari Amerika Serikat.

Tips berkendara mobil saat corona dilansir laman Asuransi Astra adalah dengan rutin membersihkan interior menggunakan disinfektan mobil.

Ada sejumlah titik di mobil yang kiranya menjadi tempat favorit keberadaan virus. Misalnya pada komponen mobil yang sering disentuh seperti setir, tombol audio, tombol power window,handle pintu, dan sabuk pengaman.

Baca juga  6 Penyebab Pintu Mobil Berbunyi Berisik, Harus Tahu!

Untuk itu pemilik mobil, harus rajin membersihkan komponen-komponen tersebut dengan disinfektan. Namun cara membersihkannya tidak boleh menggunakan sembarangan obat kimia.

Selain itu Ronald Reagan selaku DGH After Sales & CS Operation Group Mitsubishi Indonesia, menjelaskan bahwa cara paling mudah memilih disinfektan untuk interior adalah produk yang mengandung cairan yang direkomendasi EPA dari Amerika Serikat.

“Karena produk tersebut bisa digunakan untuk melawan virus dan bakteri di kabin kendaraan tanpa merusak kabin kendaraan. Komponen atau zat inilah yang digunakan sebagai disinfektan di dealer-dealer kami,” katanya beberapa waktu lalu, dalam pertemua virtual bersama jurnalis.

Menurutnya jenis disinfektan yang tepat untuk interior mobil adalah yang berbahan dasar water base bukan chemical base. Selain itu menurutnya chmicalbase berpotensi merusak kompoonen-komponen lain pada mobil semisal kulit.

2. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir

Tips Berkendara Mobil saat Corona
Cuci tangan ampuh membunuh virus-virus jahat.

Setelah mensterilkan komponen-komponen mobil yang sering disentuh. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir merupakan tips berkendara mobil saat corona yang wajib dilakukan untuk meminimalisir potensti terinfeksi virus Covid-19.

Karena seperti yang kita ketahui tangan merupakan anggota tubuh yang paling rentan sebagai media perantara dalam perpindahan virus Covid-19. Jangan lupa untuk tetap memakai masker apalagi saat kita sakit demam, pilek, dan batuk.

Baca juga  Setir Mobil Bunyi Krek Saat Belok, Jangan Disepelekan!

3. Membawa Hand Sanitizer

Gunakan handsantizer
Aplikasikan sebelum masuk dan keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dibawa kemana-mana.

Selain itu, tips berkendara mobil saat corona selanjutnya disarankan selalu membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Ini penting karena umumnya di mobil akan sulit untuk menemukan sabun dan air bersih.

Dengan hand sanitizer tentu bakal lebih mudah membersihkan tangan. Aplikasikan cairan pembersih ini setelah kamu membayar parkir, atau setelah memegang uang di mobil. Ini supaya tangan selalu dalam kondisi bersih dan bebas virus. Sediakan pula hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dibawa kemana-mana.

4. Gunakan Masker

Tips Berkendara Mobil saat Corona
Pentingnya meggunakan masker saat berkendara. Apalagi kendaran diisi oleh lebih dari satu penumpang. Menggunakan masker saat berada di mobil supaya tidak terjadi saling menularkan antar penumpang.

Mengacu pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta dan himbauan dari Presiden Joko Widodo agar meminta seluruh masyarakat, baik yang sakit maupun yang tidak sakit untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Termasuk juga pada saat mengendarai mobil. Inilah salah satu tips berkendara mobil saat corona yang perlu kamu patuhi.

Baca juga  7 Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai Supaya Tidak Rusak!

Melansir pada Pergub DKI tentang Pelaksanaan PSBB, menurut pasal 18 ayat 4 (c) setiap pengendara mobil yang berpergian dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok atau aktivitas lain yang diperbolehkan selama PSBB harus menggunakan masker di dalam kendaraan.

Menggunakan masker di dalam mobil juga menghindari saling menularkan antar penumpang.

5. Rutin Pakai Air Purifier di Mobil

Tips Berkendara Mobil saat Corona
Ion Plasmacluster bekerja dengan menghasilkan ion positif dan negatif yang aktif menyebar ke seluruh kabin mengikuti aliran udara mobil. Selanjutnya, ion ini belumpuhkan virus dan jamur yang menempel di permukaan mobil maupun di udara.

Ini dia salah satu tips berkendara mobil saat corona, yaitu pakai air purifier agar menjaga kualitas udara di mobil tetap bersih. Memasang Car Air Purifier bisa membantu menyaring bakteri dan virus yang ada di dalam mobil, jadi udara yang dihirup saat berkendara pun lebih berkualitas. 

Air purifier penting untuk menjaga kebersihan udara di dalam mobil. Hal ini karena ion Plasmacluster yang dihasilkan terbukti efektif untuk melumpuhkan virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19.

Ion Plasmacluster ini menghasilkan ion positif dan negatif yang aktif menyebar ke seluruh kabin mengikuti aliran udara mobil. Selanjutnya, ion ini belumpuhkan virus dan jamur yang menempel di permukaan mobil maupun di udara.

Teknologi ini bekerja untuk menghilangkan bau makanan, asap, dan mencegah timbulnya bau tak sedap dari AC mobil. Udara pun jadi lebih bersih dan sehat selama berkendara, terlindung dari asap, debu, hingga virus dan jamur.

Demikian ulasan terkait tips berkendara mobil saat corona. Kiranya tips ini berguna untuk kamu agar terhindar dari tertular vius corona saat berkiatan di luar rumah.

Pantau terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru