Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tips Buka-Pasang Sekrup Rivet Yamaha Mio Series, Ternyata Mudah

by Baghendra Lodra
tips-buka-pasang-sekrup-rivet-yamaha-mio-series

Moladin – Seiring perkembangan zaman, sekrup pengunci cover bodi model konvensional kini mulai ditinggalkan. Karena saat ini hadir sekrup model baru yang unik, lebih simpel dan yang pasti tidak mudah rusak. Namanya sekrup rivet, bentuknya unik dan mempermudah proses buka-pasang cover bodi.

Sekrup rivet Yamaha Mio SeriesSekrup rivet Yamaha Mio Series

Hampir semua komponen cover bodi di motor bebek atau matic hanya dapat disatukan dengan sekrup yang dibantu pelat pengunci dibaliknya. Sehingga selama ikatan bautnya kuat, cover bodi tetap kokoh membungkus rangka juga mesin di dalamnya.

Desain & Fungsi

Sekrup rivet pada cover bodi motor bukan cuma modelnya yang oke, tapi fungsinya juga tidak perlu diragukan lagi. Dan piranti ini ternyata sudah lama diaplikasi di motor matic Yamaha Mio Series. Contohnya bisa dilihat di cover bawah atau tepatnya persis di belakang spakbor depan motor matic Yamaha Mio J. Uniknya, sekrup bermaterial plastik itu tertanam di rumahnya yang berbentuk selongsong plastik yang juga berfungsi sebagai pengunci.

Baca juga  5 Helm Zeus yang Nyaman dan Gak Bikin Kantong Jebol

“Nama baut yang satu itu adalah baut rivet. Cara untuk melepaskan baut harus pakai obeng kembang yang ukurannya pas. Begitu posisi sekrup kendur, lalu cungkil bagian ring pakai kuku biar terlepas semua (ring dan sekrup),” ujar Eko Maryanto mekanik Yamaha Mataram Sakti Ajibarang, Jawa Tengah.

[product product=”Yamaha Jupiter MX King” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Jupiter_MX_King_2075_78221_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-jupiter-mx-king-bebek-liquid-cooled-4-stroke-sohc-150cc” price=”Rp. 1.053.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Sedangkan cara untuk memasang baut rivet di cover bodi, posisikan dulu sekrup yang tertanam di selongsong dalam keadaan kendur dan masukkan semua ke lubang di cover. Kemudian tekan bagian kepala sekrup dan nggak perlu di putar sudah mengembang alias kencang sendiri.

Namun yang perlu diingat saat akan membuka atau mengencangkan sekrup rivet, pertama usahakan pakai obeng kembang yang ukurannya sesuai dengan lubang pada kepala sekrup yang berukuran tidak besar. Selain itu pastikan saat akan membuka sekrup berbahan plastik itu jangan terlalu kuat.

Membuka atau mengencangkan sekrup rivetMembuka atau mengencangkan sekrup rivet, usahakan pakai obeng kembang yang ukurannya pas

Baca juga  Honda SH150i Hadir Dengan Warna Baru, Makin Premium dan Elegan

“Kalau dikerjakan dengan tidak benar, hal itu justru berisiko merusak kepala sekrup dari plastik tadi. Makanya pastikan ukuran obeng dan trik ini diikuti benar-benar,” wantinya. Selamat mencoba Moladiners!

[product product=”Honda Supra GTR 150″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_Supra_GTR_150_2090_70428_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-supra-gtr-150-bebek-4-langkah-dohc-4-katup-150cc” price=”Rp. 956.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca Juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika