Mau Beli Yamaha X-Ride Bekas Berkualitas? Perhatikan Tips Ini!

Membeli motor bekas memang butuh keahlian khusus, perlu ketelitian untuk mengecek bagian motor dari bodi hingga mesin. Termasuk jika Anda ingin membeli Yamaha X-Ride bekas. Memang kalau berbicara keamanan, motor baru lebih aman dan tidak berisiko mendapatkan unit yang catat ketimbang motor bekas.

Sayangnya kendaraan baru kadang punya harga yang cukup mahal, mau kredit pun cukup membebani kalau diangsur selama bertahun-tahun. Akhirnya banyak orang memiliki motor bekas karena cenderung lebih murah. Kalau Anda berniat membeli kendaraan bekas khususnya Yamaha X-Ride, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

 

1. Cek Harga Pasaran

Cek harga pasaran X-Ride bekas

Hal pertama yang harus Anda lakukan kalau ingin membeli Yamaha X-Ride bekas adalah melihat harga pasarannya. Umumnya ada harga standar yang dibentuk oleh pasar. Anda wajib melihat itu untuk menghindari motor bekas dibanderol terlalu mahal dibandingkan harga yang ada.

Harga juga bisa digunakan sebagai patokan untuk melakukan penawaran. Kalau Anda asal membeli tanpa melihat harga pasar, kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang terlalu mahal. Bahkan, selisihnya dengan harga baru tidak jauh. Kalau begini adanya lebih baik menabung dahulu dan beli yang baru.

 

2. Mengecek Bagian yang Rusak

tips-membeli-yamaha-x-ride-bekas-yang-masih-berkualitas
Kondisi oli waji di cek

Cek bagian kendaraan yang sekiranya aneh, rusak, dan cacat. Pengecekan ini dilakukan untuk menghindari penjual menyembunyikan kekurangan dari kendaraannya. Anda harus tahu kekurangan dari kendaraan agar bisa menurunkan harga jualnya. Selama cacat tidak memengaruhi fungsi dan minor, Anda bisa mempertimbangkannya.

 

3. Membeli di Tempat yang Tepat

tips-membeli-yamaha-x-ride-bekas-yang-masih-berkualitas
Jangan beli di sembarang tempat

Membeli Yamaha X-Ride bekas tidak bisa dilakukan di sembarangan tempat. Kalau Anda melakukannya, kemungkinan akan salah beli. Maksud dari salah beli ini adalah kendaraan tidak orisinal jeroannya, kemungkinan ditipu hingga harganya terlalu mahal dibandingkan harga pasaran. Lakukan riset dahulu dan tidak perlu grusa-grusu.

Daftar Harga Motor Matik Yamaha

Produk Kelebihan Harga
Yamaha FreeGo Harga terjangkau Cek Harga Promo di Sini
Yamaha Mio M3 AKS SSS Dilengkapi fitur modern Cek Harga Promo di Sini
Yamaha X-Ride 125 Motor matik bergaya adventure Cek Harga Promo di Sini
Yamaha Fino Grande Motor matik retro yang punya fitur modern Cek Harga Promo di Sin

 

4. Membawa Montir

Bawa montir yang mengerti mesin motor

Tidak semua orang memahami komponen Yamaha X-Ride bekas yang akan dibeli. Daripada salah membeli dan akhirnya kecewa ada baiknya untuk membawa montir. Dengan membawa montir yang berpengalaman, mereka bisa mengecek komponen kendaraan sampai ke mesin.

Lebih baik membayar jasa montir daripada rugi besar setelah membeli kendaraan. Kalau Anda punya kenalan montir dari bengkel langganan akan lebih baik lagi untuk melakukan negosiasi.

 

5. Lakukan Test Ride

Ilustrasi test ride pada motor

Kalau Anda membeli kendaraan roda dua baik yang baru atau bekas, ada baiknya untuk melakukan test ride. Dengan melakukan tes ini Anda akan tahu bagaimana mesinnya bisa berfungsi dan juga handling-nya. Kadang kalau sudah bekas akan ada penurunan fungsi meski tidak signifikan.

Tes ini harus dilakukan sebelum deal pembelian. Anda bisa mengendarai motor dengan jarak tertentu. Selanjutnya kalau merasa nyaman dan tidak ada masalah, transaksi bisa dilakukan. Namun, kalau tidak nyaman bisa dipertimbangkan lebih dahulu.

 

6. Cek Kelengkapan Surat

tips-membeli-yamaha-x-ride-bekas-yang-masih-berkualitas
Cek surat-surat kendaraan bermotor

Motor bekas yang akan dibeli harus memiliki surat yang lengkap. Mengapa demikian? Karena dikhawatirkan kendaraan itu merupakan hasil curian. Kalau sampai kendaraannya curian, Anda akan mendapatkan masalah bila terkena razia. Selalu tanyakan kelengkapan surat dan bila perlu minta mereka membuktikan keasliannya.

Baca juga;

 

7. Pertimbangkan Garansi

Pertimbangkan garansi dari penjual

Meski bekas dan garansi resmi dari dealer atau pabrik sudah habis, Anda bisa meminta garansi dari penjual. Misal kalau kendaraan dipakai seminggu mendadak ada kerusakan mayor, artinya harus dikembalikan dan uang kembali utuh. Hal ini harus dibicarakan sejak awal.

Terkadang kendaraan bekas tampak normal saja dan tidak memiliki cacat sama sekali. Namun, kalau digunakan dalam jangka waktu tertentu muncul kerusakan atau ada bagian yang tidak sempurna. Inilah mengapa test ride seperti yang sudah dibahas sebelumnya sangat penting.

Demikianlah beberapa ulasan tentang tips membeli motor Yamaha X-Ride bekas. Dengan menggunakan tips di atas, Anda akan tetap mendapatkan motor terbaik meski dalam kondisi bekas. Selain itu motor juga tidak akan mudah rusak serta komponen di dalamnya masih sempurna.

Anda bisa membeli Yamaha X-Ride bekas di mana saja baik secara kredit atau tunai. Mau tahu caranya? Kini mudah dan tidak perlu repot. Cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran kredit dengan DP rendah dan harga terbaik untuk pembelian tunai. 

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *