by

Tips Modifikasi Jok Motor Agar Nyaman Dipakai Harian

Tips Modifikasi Jok Motor Agar Nyaman Dipakai Harian – Salah satu hal penting yang wajib diperhatikan saat berkendara adalah kenyamanan. Motor digunakan setiap hari untuk beraktivitas. Saat macet, jika jok tidak empuk atau nyaman pasti akan berakibat pegal pada badan. Ini tentu akan mempengaruhi aktivitas.

Bagi yang ingin mencoba tips modifikasi jok motor agar nyaman dipakai harian, berikut ini Moladin akan coba hadirkan ulasannya untukmu. Mengubah atau mereparasi jok motor sah-sah saja asalkan memang benar dan menambah tingkat kanyamanan dalam berkendara.

Lalu bagaimana sih tips modifikasi jok motor agar nyaman dipakai harian? Intip langkahnya di sini yuk.

Kualitas busa

Tips Modifikasi Jok Motor Agar Nyaman Dipakai Harian Kualitas busa jok

 

Faktor kenyamanan dari jok motor dilihat dari kualitas busa yang digunakan. Busa yang berkualitas baik adalah yang lembut. Ini tentu akan mengurangi rasa pegal saat berkendara apalagi jika harus menembus kemacetan atau mungkin menempuh jarak yang cukup jauh.

Sah-sah saja jika ingin mengubah jok standar bawaan pabrik. Kamu juga sangat disarankan untuk mengganti jok jika rasanya sudah tidak senyaman dulu. Gantilah busa dengan yang tebal dan empuk jika jok standar motor sudah mulai keras dan tidak nyaman diduduki.

Papas jok motor

Tips Modifikasi Jok Motor Agar Nyaman Dipakai Harian Papas Jok Motor

Nah, jika menginginkan jok yang super nyaman saat mengendarai motor kesayangan tapi tampilan di motor juga tetap bagus dipandang, papas jok membentuk lekukan, tapi satu hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu tipis ya. Ini agar posisi berkendara tidak mudah berubah dan jok tetap terasa nyaman diduduki.

Baca juga  Modifikasi Motor Kece Nggak Bikin Kere, Mulai Dari 5 Komponen Ini Sob!

Pemilihan kulit jok

Bahan MBtech

Selain busa, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan kulit jok. Jenis kulit yang dipakai ternyata juga ikut mempengaruhi kenyamanan jok lho. Lalu, kulit seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk jok motormu? Disarankan untuk memilih bahan dasar pelapis yang lentur, sehingga saat duduk pelapis mengikuti lekuk tubuh yang menempel pada jok. Hindari memilih bahan yang teksturnya keras dan kaku.

Saat memilih kulit jok motor pastikan pilih yang bertekstur lentur dan tidak kaku sehingga dalam pemakaian sehari-hari jok motor akan awet jika busa sudah mulai kempes sehingga kulit jok terlipat. Tidak cuma saat diduduki saja, pemilihan kulit yang lentur juga berpengaruh pada saat membentuk pola jok, kulit jok yang lentur memungkinkan bentuk jok mengikuti pola.Kulit dengan bahan kaku cenderung akan membulat. Pilih juga kualitas kulit yang tahan segala cuaca. Sebab, jika salah memilih kulit jok, pemakaiannya tidak akan lama.Saat terkena panas dan lalu hujan, bisa jadi kulit akan pecah-pecah.

Untuk selera bentuk, ketebalan dan juga kulit jok setiap orang tentu memiliki selera tersendiri. Namun, sangat direkomendasikan untuk mengubah jok sesuai dengan bentuk motor. Ahli modifikasi jok pasti sudah sangat paham dengan ini.

Baca juga  5 Ide Modifikasi CB150R, Pilih yang Mana?

Baca Juga :

 

Lama pengerjaan jok

Lama pengerjaan jok

Lalu berapa lama sih untuk pengerjaan jok motor? Nah, menurut informasi yang didapat oleh Moladin, durasi pengerjaan tergantung dari kesulitan desain yang diinginkan konsumen. Jika konsumen hanya ingin mengganti busa, papas jok, atau mengganti kulit jok prosesnya bisa ditunggu. Dalam waktu beberapa jam saja bisa selesai. Namun, jika konsumen ingin desain yang khusus bisa jadi ini membutuhkan waktu kurang lebih satu pekan lamanya.

Biaya modifikasi jok

Biaya yang harus di keluarkan

Nah, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan saat ingin mengganti atau memodifikasi jok standar agar lebih nyaman? Untuk pelapis jok ada beberapa jenis bahan sintetis dengan kualitas yang berbeda-beda. Bahan kulit sintetis ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 40.000,- sampai Rp 100.000,-. Biaya yang harus dikeluarkan tergatung dari bahan kulit yang dipilih.

Untuk penggantian busa jok sepeda motor ada di kisaran harga Rp 100.000,- sampai dengan Rp 150.000,-. Untuk papas jok, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000,-. Biaya yang harus dikeluarkan ini pun biasanya juga tergantung dari bentuk jok motor yang dimiliki. Jika motornya besar, jelas biayanya pun juga akan lebih mahal dibandingkan yang joknya kecil.

Baca juga  3 Syarat Ikut Kompetisi Modifikasi Yamaha XSR155

Biasanya yang selalu diperhatikan pengendara motor adalah mesin dan beberapa komponen lain. Jok sering sekali dianak tirikan. Setelah penggunaan dalam waktu tertentu, cover jok motor akan mengeras dan sobek, ini akan berpengaruh terhadap tampilan motor. Jok yang sobek jelas kurang enak dilihat.Selain itu, jok yang sudah tidak layak pakai atau sudah rusak maupun sobek tidak akan nyaman diduduki. Ini juga berpengaruh terhadap berkendara. Jika memang sudah waktunya, jangan menunda untuk segera mengganti jok motormu ya. Segera bawa ke bengkel penggantian jok motor terdekat. Jangan pula lupa untuk memilih bahannya yang benar-benar nyaman dan berkualitas baik agar nantinya tahan lama.

Itu tadi adalah sederet tips modifikasi jok motor agar nyaman dipakai harian. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Moladiner. Nantikan segala tips and trick super berguna hanya di Moladin.com. Ingat motor, ingat Moladin.

Baca Juga :

Terbaru