Tips Buat Pengguna Kacamata, Salah Satunya Hanya Pake Trik Sederhana!

Haloo sobat Moladiners, salam spesial buat yang berkacamata. Pada kondisi cuaca yang seperti sekarang ini, melewati hujan merupakan momen tersulit buat sobat bikers pengguna kacamata. Alat bantu visual yang satu ini bakal memperburuk pandangan jika terkena air, terlebih air hujan yang cenderung mengandung partikel debu. Buat kalian yang berkacamata bisa simak tips aman berkendara bagi pengguna kacamata di bawah ini ya. Check this out!

TVS Callisto

*Angsuran mulai dari

Munculnya bercak titik air pada kacamata merupakan salah satu dari beberapa kejadian saat bikers berkendara dikondisi hujan. Tentunya ini menjadi suatu dilema bagi mereka, jadi serba salah, ya guys. Jangankan kacamata, pake helm full-face aja masih sering ngembun saat hujan. Permasalahannya adalah pertama, perbedaan suhu udara dan kedua, sifat air itu sendiri.

Permasalahan Pengguna Kacamata : Ngembun

helm ngembun

Pertama, suhu udara bagian dalam kacamata atau visor helm memiliki gap perbedaan derajat yang cukup besar dengan permukaan lensa hingga terjadinya proses pengembunan. Seperti saat menghembuskan nafas pada cermin, sob. Langkah untuk mengurangi gejala seperti ini kalian bisa simak pada poin berikutnya.

  • Langkah Agar Kacamata / Visor Tak Berembun

Pertama, hindari penggunaan balaclava maupun masker untuk menghindari kacamata atau visor helm berembun.

Kedua, persiapan sebelum ridingmenggunakan kacamata, bersihkan permukaan lensa dengan sabun cuci piring. Caranya, usapkan cairan air dan sabun cuci piring pelan-pelan dan ratakan dengan jari tangan lalu keringkan menggunakan kain microfiber.

  • Gunakan Alat atau Produk Anti–Fog

Sekarang ini sudah banyak penjual produk anti embun kacamata yang berseliweran di online shop. Atau gunakan Pinlockuntuk helm kesayangan kalian agar nggak gampang ngembun sob, dengan harga yang bervariatif pula.

Permasalahan Pengguna Kacamata : Bercak Air

pengguna kacamata

Butiran air yang menempel menciptakan bias pengelihatan yang jauh lebih minim, bahkan saat mengering pun masih menyisakan bekas air. Penyebab kejadian ini biasanya terjadi karena permukaan lensa atau visor helm terdapat partikel kotoran sehingga air hujan tidak langsung menghilang. Ada caranya kok agar air hujan nggak mudah bikin burem pandangan kita saat riding.

  • Langkah Agar Kacamata / Visor Bebas Bercak Air

Pertama, gunakan cairan Water Repellent alias penangkal air agar saat helm atau kacamata menerpa hujan, air lebih mudah menyingkir dari permukaan kaca. Product water repellent ini memiliki jenis dan cara penggunaan yang bervariatif pula, terserah sobat mau pake yang mana.

Jusri Pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan jika bikers berkacamata lebih baik menepi sementara saat hujan deras.

“Kalau ada orang-orang yang memiliki gangguan mata atau menggunakan kacamata tidak mumpuni, sebaiknya pada musim hujan, ketika hujan lebat, berhenti dan turun dari motor untuk sementara,” tutur Jusri.

Honda Beat All New eSP

*Angsuran mulai dari

Nah, dari beberapa tips aman berkendara bagi pengguna kacamata diatas boleh kalian terapkan saat musim hujan kayak gini, sob. Kira-kira dari sobat Moladiners punya tips lain yang berbeda dengan Jinny bisa share di kolom komentar ya. Okey, Jinny pamit dulu. See yaa!

 

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *