by

Ingin Sewa Motor di Jogja? Ikuti Tips Berikut

Tips Sewa Motor di Jogja – Salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia adalah Jogja. Kota Gudek ni selalu istimewa dan bikin siapa saja kangen, serta ingin kembali lagi ke sana.

Agar lebih bisa menikmati perjalnaan, salah satu transportasi yang disarankan adalah motor. Sekarang ini memang marak sewa motor di Jogja. Alasannya jumlah wisatawan yang datang ke Jogja juga semakin meningkat.

Bagi yang baru pertama kali datang dan ingin sewa motor di Jogja, mungkin kesulitan mencari rental motor. Jangan khawatir, kali ini kami akan coba hadirkan tipsnya untuk kamu:

Bagaimana Cara Memilih Tempat Sewa Motor di Jogja?

tips sewa motor di jogja
Honda Beat, Vario, dan Mio merupakan salah satu motor irit yang cocok untuk berkeliling kota Jogja

Banyak wisatawan yang memang masih awam, karenanya diperlukan beberapa tips sewa motor di Jogja. Salah satunya dengan survey tempat sewa motornya terlebih dahulu.

Kamu bisa melihat review dari yang sudah pernah menyewa motor di rental tersebut. Boleh juga minta  rekomendasi teman atau kerabat yang memang tinggal di Jogja.

Ciri-Ciri Rental Motor yang Terpercaya

  • Pastikan admin yang dihubungi sangat responsif. Admin yang responsif akan sangat membantu dan tidak membuatmu menunggu balasan chat terlalu lama.
  • Cek review rental yang akan kamu hubungi. Di zaman yang serba canggih ini memang semua jadi lebih mudah. Tinggal search saja nama rental yang menyediakan sewa motor di Jogja pilihanmu dan intip review dari pelanggan yang sudah menggunakan jasanya.
  • Jangan pula lupa untuk bertanya soal sistem sewa di rental tersebut. Berbeda rental berbeda pula peraturannya. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kekecewaan nantinya setelah menyewa. Beberapa hal yang sebaiknya ditanyakan antara lain tarif sewa, biaya overtime, antar jemput kendaraan yang disewa, fasilitas yang didapat penyewa, dan jaminan penyewa.
  • Tanyakan dengan rinci dan detail soal harga sewa motor di Jogja Jangan sampai terjadi kesalahpahaman soal tarif yang diberikan yang nantinya membuat kecewa.
  • Jika sudah tiba saatnya menyewa pastikan untuk mengecek kondisi motor. Saat pertama kali memegang motor tersebut lakukan pengecekan dan laporkan pada pihak rental. Ini sangat penting dilakukan agar nantinya tidak ada pihak yang dirugikan. Jika perlu mintalah test drive terlebih dahulu agar nantinya nyaman dan aman saat mengendarai motor tersebut.
  • Jangan pula lupa untuk menanyakan soal kelengkapan surat-surat motor.
Baca juga  10 Cara Menambal Knalpot Bocor, Bisa Tidak Dilas

Berapa Harga Sewa Motor di Jogja?

Ingin Sewa Motor di Jogja Perhatikan Tips Berikut Ini eksotisjogja
Harga sewa motor di Jogja mulai Rp70 ribu perhari

Untuk harga sewa motor di Jogja memang sangat beragam. Ini tergantung dari jenis motor yang akan disewa, mulai Rp70 ribu per hari. Biasanya mayoritas rental akan memberikan harga yang relatif sama. Jangan lupa melakukan penawaran.

Perlu juga diingat, bahwa sewa motor belum termasuk dengan bahan bakar minyak (BBM). Jadi pastikan ketika melakukan sewa, kamu persiapkan uang tambahan untuk mengisi BBM.

Biasanya fasilitas yang dihadirkan oleh setiap rental antara lain 2 buah helm, jas hujan dan kelengkapan surat motor. Namun, jangan lupa untuk selalu menanyakan lebih lanjut, supaya tidak ada yang terlupa!

Ini merupakan daftar harga sewa motor di Jogja:

Jenis Motor

Harga Sewa Per Hari

Honda Beat New

Rp 70.000,-

Honda Beat Street

Rp 75.000,-

Honda Vario 110

Rp 75.000,-

Honda Genio

Rp 80.000,-

New Scoopy LED

Rp 85.000,-

New Honda Vario 125

Rp 85.000,-

Yamaha NMax

Rp 120.000,-

All New PCX

Rp 130.000,-

Vespa Matic 125

Rp 150.000,-

Honda ADV 150

Rp 150.000,-

Baca juga  Kenali 10 Tanda Ban Motor Harus Diganti

Baca juga:

Jangan Lupa Cek Motornya!

cairan ban tubeless
Cek tekanan angin dan tapak ban. Kalau kempes serta botak, sebaiknya ganti motor lain.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk mengecek kondisi motor sebelum memakainya. Rental yang profesional tentu akan selalu merawat kondisi motornya. Namun karena sudah dipakai oleh banyak orang, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan pengecekan mandiri.

Berikut cara cek kondisi motor sederhana yang bisa dilakukan:

  • Yang pertama cek rem. Ini terkait dengan keamanan dan kenyaman berkendara. Cek rem bagian depan dan belakang karena rem merupakan bagian yang amat sangat penting.
  • Cek juga ban motor apakah gundul atau tidak. Ban yang gundul tentu akan licin dan membahayakan keselamatan. Karena itu, jangan lupa pula untuk memeriksa bagian ini.
  • Cek lampu sein kanan dan kiri. Cek juga lampu utama. Lampu ini juga menyangkut keamanan berkendara apalagi saat malam hari.
  • Last but not least, jangan lupa periksa bensin. Sebelum memakai ada baiknya untuk mengecek isi tangki. Jika tinggal sedikit jangan lupa untuk diisi ulang agar tidak ada tragedi kehabisan bensin saat sedang asyik mengelilingi Jogja.
Baca juga  Motor Injeksi Terendam Banjir? Jangan Distarter!

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu yang akan menyewa motor dan menjelajahi kota Jogja ya.

Terbaru