Tips Substitusi Kampas Kopling Yamaha Nouvo, Pakai Beda Merek Bisa

Moladin – Sejak stop produksi tahun 2007 silam, keberadaan sparepart Yamaha Nouvo bisa dikatakan mulai langka nih. Baik itu di bengkel resmi atau toko sparepart pada umumnya. Alhasil skubek yang masih banyak penikmatnya, kerap kali temui kendala karena sulitnya kampas kopling di pasaran.

Eits…, santai sob. Moladiners yang masih pakai atau koleksi Yamaha Nouvo jangan risau dulu nih sebab sobat-sobat dari Nouvo Lovers mau kasih tips buat para pemakainya, terutama pada sektor CVT (Contineously Variable Transmision). Menurut info, Yamaha Nouvo yang kedapatan punya masalah seputar kampas kopling, ternyata bisa di substitusi pakai beda merek lho. Berikut kita kasih tipsnya nih!

 

Sesuaikan Lubang Dududukan Kampas Kopling

Kampas kopling Yamaha Nouvo sudah habis atau bermasalah memang wajib diganti. Hanya saja sekarang ini langka dipasaran. Jangan khawatir, Moladiners bisa kok pakai punya Yamaha Mio, Suzuki Nex atau Honda BeAT tipe karburator. Kisaran harganya dibawah Rp 300 ribu, atau jauh lebih murah bila dibanding dengan aslinya yang bisa sampai Rp 550 ribu.

“Biar part bisa di subtitusi,  ada sedikit penyesuaian terutama pada sepatu kampas ganda agar bisa disandingkan dengan dudukan pelat berbentuk mangkuk kepunyaan Nouvo,” jelas Windhi Pramudia dari Nouvo Suka Suka Service Station (S4) di Jalan Palbatu 3, No. 47, Menteng, Jakarta Selatan.

Lanjut ayah dari Vania Aurel Pramudia dan Radithya Arkaan Pramudia, jelaskan secara detail kalau lubang dudukan pada kampas Mio lebih kecil dari pada Nouvo. Kalau sudah terlanjur beli dan ingin memakainya, lubang dudukan wajib dibesarkan menjadi 9mm.

tips-substitusi-kampas-kopling-yamaha-nouvoLubang kampas Mio dibesarkan dari 6mm jadi 9mm | Foto: Contributor Moladin

“Caranya mudah kok. Tinggal kita besarkan pakai bor tangan. Cuma saat membesarkan lubang tersebut posisinya harus lurus, biar waktu terpasang pada dudukan Yamaha Nouvo tidak miring. Juga dapat masuk sempurna pada karet peredamnya. Kalau miring, pasti posisi kampas gandanya tidak akan duduk rata dan berisiko tidak bisa dipakai,” wanti Windhi.

Hal yang sama bisa dilakukan jika Moladiners membeli kampas kopling kepunyaan dari Suzuki Nex atau Honda BeAt tipe Karburator. Lubang dudukan kampas mesti disesuiakan ukurannya ya. Jangan asal nsob, karena nanti hasilnya gak maksimal. Semoga tips ini bermanfaat buat pengguna Yamaha Nouvo yang masih eksis sampai sekarang.

tips-substitusi-kampas-kopling-yamaha-nouvoKampas kopling Mio yang sudah terpasang | Foto: Contributor Moladin

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *