by

Toyota Avanza Hybrid Siap Meluncur 2022?

Saat ini mobil hybrid memang begitu banyak bertebaran di Indonesia. Hanya saja tidak ada yang produksi dalam negeri. Kabar terbaru datang dari Toyota Avanza Hybrid yang kemungkinan bakal diproduksi di Tanah Air.

Rencana tersebut sedang digodok oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang merek berlogo T. Alasan perlu mobil hybrid produksi lokal, salah satunya karena permintaan konsumen yang terus meningkat. Toyota meluncurkan kendaraan hibrida pertama kali pada 2009, hingga Oktober 2020 telah laku 3.300 unit.

Peningkatan paling signifikan terjadi pada 2019, mencapai 787 unit atau 8 kali lipat dari tahun sebelumnya. Hal tersebut menjadi bukti bahwa mobil hybrid kian laris.

Ditambah lagi, pemerintah kini sangat mendukung kehadiran kendaraan elektrifikasi baik hybrid dan listrik. Khusus mobil hybrid, ada PP 73/2019 yang menjelaskan skema perpajakan dihitung berdasarkan emisi. Semakin irit dan ramah lingkungan, maka pajaknya semakin rendah.

“Kami di Toyota senang sekali, karena pemerintah Indonesia punya keinginan yang sangat positif… (Rencana) Toyota group untuk lokalisasi HEV (Hybrid Electric Vehicle) mulai 2022,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam webinar bertajuk electrification day yang berlangsung Rabu (18/11/2020).

Baca juga  Toyota Century, Sedan Mewah Terbaru yang Masuk ke Indonesia

Hanya saja dalam rencana tersebut, memang belum dijelaskan secara gamblang terkait produk hybrid apa yang bakal diproduksi lokal. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Toyota Avanza Hybrid yang bakal dibuat.

Tidak Mau Kalah dari Mitsubishi Xpander Hybrid 

Mitsubishi Xpander Hybrid
Xpander Hybrid sudah jadi rencana Mitsubishi pada 2023

Kehadiran Toyota Avanza Hybrid produksi lokal tentu sangat memungkinkan untuk pasar Indonesia. Pasalnya mobil tersebut (versi bensin) dari sisi penjualan, punya angka yang begitu tinggi. Bukan tanpa alasan, Avanza dikenal sebagai mobil sejuta umat.

Jika melihat fakta tersebut, maka dari sisi volume sudah memenuhi syarat. Sebagai gambaran buat kamu, tidak mungkin pabrikan otomotif membuat mobil secara lokal di Tanah Air kalau penjualannya jelek. Ada minimal volume yang perlu mereka penuhi dalam menutupi ongkos produksi.

Lalu meningkatnya kemungkinan Toyota Avanza Hybrid hadir pada 2022, juga didukung oleh kompetitor yang sudah kibarkan bendera perang. Ya, Mitsubishi membocorkan rencana jangka menengahnya untuk pasar ASEAN. Dalam gambar presentasi, tampak bahwa Xpander Hybrid siap hadir pada 2023.

Tentu kabar ini tidak bisa dianggap remeh oleh Toyota. Bagaimana pun juga, Avanza merupakan perintis segmen mobil MPV terjangkau di Indonesia. Jangan sampai Xpander yang merupakan rival, punya teknologi hybrid lebih dulu dibanding Avanza.

Maka dari itu, Toyota coba memproduksi mobil hybrid di Tanah Air lebih cepat dibanding Mitsubishi. Kalau Xpander hybrid hadir pada 2023. Mobil hybrid Toyota mengaspal pada 2022.

Baca juga  Spesifikasi Nissan Livina Sporty Package, Cuma 100 Unit

Prediksi Sosok Toyota Avanza Hybrid

toyota avanza hybrid
Toyota Avanza Hybrid sepertinya bakal jadi mobil kembar yang menggunakan platform dari Daihatsu

Isu kehadiran mobil hybrid. dengan harga terjangkau juga muncul di Jepang. Memang tidak disebutkan pasti bahwa namanya adalah Toyota Avanza Hybrid, namun kemungkinan besar mengarah ke sana.

Menurut media asal Jepang, mobil tersebut akan jadi produk kembar Toyota dan Daihatsu. Basisnya adalah DN Multisix atau kendaraan konsep yang pernah hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Oleh karena berbasis DN Multisix, secara spesifikasi bakal condong ke arah MPV. Dimensinya sangat mirip dengan Avanza-Xenia. Kemudian interiornya juga didukung oleh tiga baris bangku yang bisa menampung 6-penumpang (baris kedua pakai captain seat).

Terkait untuk rangka, mobil tersebut bakal dibuat benar-benar baru. Platform yang dipakai adalah DNGA, mirip dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Bicara mesin, bocorannya ada dua: 1.0 liter turbo bensin dan 1.2 liter bensin + motor listrik.

“Sistem hybrid-nya mengombinasikan mesin 1.2 liter dengan motor listrik. Apalagi dengan campur tangan teknologi Toyota, sepertinya bakal lebih condong ke hybrid,” seperti dikutip dari laman Creative311 pada 5/11/2020.

Baca juga  Bocor Sosok MPV Murah Hyundai Diuji Jalan, Rival Avanza

Bila benar informasi tersebut, maka bukan hanya akan ada Toyota Avanza Hybrid, tapi juga Daihatsu Xenia Hybrid di Indonesia pada 2022. Menarik bukan!

Untuk informasi terbaru tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru