oleh

Toyota Crown SUV Bakal Meluncur, Pakai Mesin Hybrid?

Toyota Jepang membuat kejutan dengan rencananya menghadirkan Toyota Crown SUV. Selain untuk pasar domestik (Jepang), Toyota Crown SUV tersebut nantinya juga bakal dipasarkan ke negara bagian Amerika Utara serta Cina.

Dilansir dari laman Reuters, Toyota Crown SUV tersebut akan ditawarkan dalam tiga pilihan mesin. Yakni hybrid, plug-in hybrid, dan full-electric. Adapun untuk model hybrid nantinya akan dipasarkan untuk Cina dan negara bagian Amerika Utara pada musim panas 2023, sementara untuk plug-in hybrid untuk pasar domestik (Jepang) dan mesin listrik diharapkan bisa meluncur di tahun 2024.

Kehadiran Toyota Crown SUV di Cina semakin dikuatkan dengan munculnya informasi perihal Crown SUV tersebut oleh Kementrian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) Cina. Sebagai informasi, setiap mobil baru yang dijual di Negeri Tirai Bambu harus melalui proses homologasi MIIT, dan gambar dipublikasikan di situs web mereka.

Meski pihak Toyota Cina belum mengkonfirmasi mengenai kehadiran Crown SUV, besar kemungkinan debutnya akan dilakoni dalam ajang Shanghai Auto Show 2022. Oh ya, laman MIIT tersebut juga menginformasikan perihal dimensinya.

Baca juga  Toyota Bawa 7 Mobil Baru di GIIAS 2022, bZ4X hingga Innova Hybrid?

Crown SUV memiliki panjang 5.015 mm, lebar 1.930 mm, dan tinggi 1.750 mm. Untuk spesifikasi mesin dan harganya belum diumumkan secara resmi oleh pihak Toyota Global.

Sekilas Perjalanan Toyota Crown

Toyota Crown SUV
Beberapa line up generasi Toyota Crown

Toyota Crown merupakan mobil penumpang pertama yang diproduksi 100 persen oleh Toyota Motor Corporation (TMC). Sampai saat ini, Toyota Crown sudah melalang buana selama 64 tahun dengan 15 generasi.

Toyota Crown generasi pertama (RS) diluncurkan di Jepang pada 1955. Namanya waktu itu bukan Toyota Crown, melainkan Toyopet Crown dengan memakai mesin 1.500 cc yang diklaim menghasilkan tenaga sekitar 48 dk dan torsi puncak 98 Nm.

Toyopet Crown ini juga menjadi mobil Jepang pertama yang diekspor ke Amerika Serikat pada 1958. Nama Toyota Crown baru resmi dipakai pada saat generasi keempat (MS60) yang meluncur pada 1971.

Kemudian, untuk di Indonesia, Toyota Crown yang pertama kali masuk adalah generasi ketiga (MS50). Toyota Crown generasi ketiga ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1967.

Oh ya, Toyota Crown pada dekade 1970-1980-an tersebut juga merupakan mobil dinas instansi pemerintah. Adapun yang mengaspal di Indonesia antara lain generasi 4 (MS60), 5 (MS80), dan 6 (MS100).

Baca juga  Bocor Tampang Avanza Baru, Jadi Ganteng?

Selanjutnya, pada tahun 1985 Toyota Crown kembali hadir di Indonesia. Kali ini generasi ke-8 (MS130) dengan varian Royal Saloon dan Super Saloon.

Sempat absen dibeberapa generasi, Toyota Crown kembali masuk ke Indonesia via generasi 11 (MS170) pada tahun 2001 dan cuma ada satu tipe, yaitu Royal Saloon.

Selanjutnya, Toyota Crown generasi 12 (GRS170) tipe Royal Saloon menjadi tunggangan resmi Menteri pada 2003 dan generasi terakhir (S220) juga digunakan sebagai mobil dinas para Menteri era kabinet Joko Widodo dan Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Crown SUV. Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru