Thursday, October 6, 2022

Toyota Fortuner Leader Meluncur, Murah dan Tampan!

by Tigor Sihombing
Toyota Fortuner Leader 2022

Toyota Fortuner Leader resmi meluncur. Ini merupakan varian terendah dari Fortuner, yang diharapkan bisa melengkapi salah satu model mobil terlaris Toyota tersebut. Hanya saja peluncurannya bukan di Indonesia, melainkan Thailand.

Bila melihat tampilannya, Toyota Fortuner Leader memiliki desain facia agresif, tajam yang membuat tampilannya gagah. Sekilas Leader sangat mirip dengan Fortuner Legender yang merupakan varian termahal Fortuner, jadi tidak tampak murahan sama sekali.

Pembedanya, hanya pola lampu utamanya. Di mana Toyota Fortuner Legender memiliki LED dengan desain ruas, Leader tidak. Sementara untuk yang lain, bisa dikatakan mirip.

Menurut laman resmi Toyota Thailand, Fortuner Leader memiliki perbedaan lainnya di beberapa titik eksterior. Seperti penggunaan pelek ukuran 18 inci dengan desain baru, desain trim pintu belakang berwarna hitam, dan memiliki pijakan kaki.

Sementara untuk lampu utama Leader sudah memiliki fitur LED Bi-Beam, sistem lampu depan otomatis, sistem lampu follow me home, lampu kabut LED, lampu belakang LED, sein LED sequential, hingga sensor jarak depan-belakang.

Baca juga  Harga Compact SUV Februari 2022, Mana Paling Murah?

Masuk interior, Fortuner varian termurah ini memiliki sistem AC otomatis, layar sentuh 8 inci yang didukung Apple Car Play dan Android Auto, Steering wheel gearshift control, Auto-dimming rearview mirror driver’s seat dan seluruh kursi bergaya sporty yang dibungkis kulit kombinasi sintetis.

Selain itu pada kursi depan kursi bisa diatur 8 titik, yang pengaturannya dilakukan secaraa elektronik. Fortuner Leader juga memiliki sistem filter udara PM2.5.

Spesifikasi Mesin dan Harga Fortuner Leader

Toyota Fortuner Leader 2022

Tampilan belakang Toyota Fortuner Leader 2022


Toyota Fortuner Leader ini mengusung mesin 2.400 cc turbo diesel 2GD-FTV DOHC. Tenaga maksimalnya mencapai 150 daya kuda pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm. Mesin ersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sequential Shift dan Paddle Shift.

Toyota Fotuner Leader ditawarkan dengan dua sistem penggerak, ada 2WD dan 4×4. Ada tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport.

Sedangkan fitur keamanannya ada Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, 6-position shift alarm (Parking Sensor) khusus type 2.4 Leader G,   Stability Control System (VSC), (BA) brake reinforcement system, free wheel anti-roll system (TRC), tailgate sway control system (TSC) , dan  Hill start assist system (HAC).

Baca juga  6 Bocoran Fitur Hyundai Creta Terbaru, SUV Canggih!

Fortuner Leader juga memiliki fitur Driving Assistance. Antara lain Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert. Fortuner Leader memiliki fitur safety ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Control (VSC), TRC Anti-skid system, Hill Start Assist, TSC Tailgatte Control System, Descent Speed Control, 7 airbag, kamera parkir, immobilizer, dan sistem alarm pencegah pencurian.

Harga Toyota Fortuner Leader lebih murah dari Legender tentunya. Toyota Thailand menjualnya 1.371.000 – 1.560.000 baht atau setara Rp 565 –  643 jutaan. Sementara Fortuner Legender harganya mulai dari 1.603.000 – 1.859.000 baht, atau setara Rp 661 – 767 jutaan.

Apakah Toyota Fortuner Leader akan masuk Indonesia? Sepertinya peluang ini sih pasti ada. Apalagi jika bicara trim termurah, yang pasarnya sangat penting. Ditambah persaingan di segemen SUV Tanah Air juga tidak kalah sengitnya.

Demikian ulasan terkait peluncuran Toyota Fortuner Leader 2022 di Thialand. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika