Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Fortuner Legender Resmi Meluncur, Apa Istimewanya?

by Baghendra Lodra
toyota fortuner legender

Toyota Fortuner Legender – Akhirnya Toyota resmi meluncurkan Fortuner terbaru di Thailand. Meski bukan di Indonesia, namun setidaknya ini menjadi gambaran sosok SUV pesaing Pajero Sport tersebut untuk pasar Tanah Air.

Perbedaan Fortuner terbaru dengan yang lama cukup banyak. Mulai dari desain hingga fitur. Selain itu, ada varian terbaru yang dipasarkan di Thailand yaitu Fortuner Legender. Harganya cukup mahal, mulai Rp700 jutaan.

Dengan banderol tinggi, apa saja keistimewaan Toyota Fortuner Legender? Untuk detailnya, simak bahasan berikut:

Warna Bodi Toyota Fortuner Legender Pakai Tema Two Tone

toyota fortuner legender

Atap two tone menjadikan tampilannya mirip SUV Eropa

Menariknya, desain Toyota Fortuner Legender jauh beda dengan Fortuner lama. Perbedaan tampak di sektor paras yang lebih sederhana. Aksen chrome hilang diganti cat hitam. Kemudian desain kisi-kisi udara dan lampu juga dibuat semakin pipih. Lampu sein depan kini diletakkan di sisi bemper bawah.

Kemudian untuk sisi bodi, Toyota Fortuner varian termewah ini sudah dilengkapi pelek two tone. Ukuran rodanya juga sangat besar, menggunakan 265/60-20 inci. Padahal versi sebelumnya cuma pakai 265/60-18 inci.

Baca juga  3 Kelebihan Toyota Fortuner Facelift 2020

Lalu di sektor buritan, perbedaannya cuma di desain bodi kit bawah. Tampilannya kini lebih berotot. Soal spoiler atap dan lampu belakang yang pipih tetap dipertahankan sebagaimana Fortuner lama.

Hal menarik lain dari Toyota Fortuner Legender, tersedia pilihan warna two tone: bodi putih mutiara kombinasi atap hitam dan bodi merah kombinasi atap hitam. Tersedia pula pilihan warna hitam keseluruhan buat konsumen yang tidak suka bodi two tone.

Dengan tampilan anyar tersebut, Fortuner terbaru jadi terkesan lebih mewah. Sosoknya juga semakin mirip SUV keluaran Eropa.

Baca juga:

Fitur Toyota Safety Sense Hingga T-Connect

fitur fortuner terbaru

Fortuner Legender di Thailand mendapat berbagai fitur modern yang istimewa

Sistem pencahayaan Toyota Fortuner Legender telah mengadopsi full LED. Lampu depannya juga istimewa lewat kehadiran LED dual projector.

Masuk ke interior, sekilas tidak banyak beda dibanding Fortuner lama. Hanya saja kalau dilihat secara detail, ada fitur-fitur istimewa seperti ambient illumination untuk tampilan lebih mewah saat malam hari, wireless charger, dan 9 speaker JBL. Tidak ketinggalan hadir head unit besar ukuran 9 inci yang mampu mendukung fitur Apple CarPlay.

Baca juga  Cas Baterai Toyota bZ4X, Butuh Berapa Daya Listrik?

Ada pula fitur keselamatan Toyota Safety Sense. Hadir Pre Collision System, Lane Departure Alert, dan Dynamic Radar Cruise Control, seperit yang sudah ada di Alphard dan Camry. Fitur-fitur lain seperti traction control, vehicle stability control (VSC), brake assist (BA), hill-start assist control (HAC), anti-lock braking system (ABS), dan electronic brake distribution (EBD) pun ada.

Paling khas adalah fitur T-Connect yang mampu mengintegrasikan mobil dengan smartphone. Alhasil, kamu bisa mencari lokasi kendaraan, melacak rute saat mobil dicuri maling, hingga mengingatkan servis hanya dengan melihat smartphone.

Apakah nanti Fortuner terbaru yang masuk Indonesia, bakal memiliki fitur-fitur tersebut? Bila Toyota Astra Motor (TAM) ingin SUV miliknya bisa bersaing dengan Mitsubishi Pajero Sport, harusnya Toyota menambahkannya.

Harga Toyota Fortuner Legender Mulai Rp700 Jutaan

harga fortuner terbaru

Fortuner Legender di Thailand tersedia dalam pilihan mesin 2.4 liter diesel dan 2.8 liter diesel

Dengan segala kelebihan tersebut, harga Toyota Fortuner Legender di Thailand mulai 1.564.000 Baht atau setara Rp700 jutaan untuk varian 2WD. Ada pula varian 4WD yang banderolnya mencapai 1.769.000 Baht atau setara Rp792 juta.

Baca juga  Harga Compact SUV Februari 2022, Mana Paling Murah?

Keduanya menggunakan mesin diesel berkode 2GF-FTV. Soal performa, tidak ada beda dengan Fortuner lama. Masih mengandalkan kapasitas 2.393 cc, empat silinder, DOHC, dengan VN Turbo, dan intercooler. Jantung mekanis itu bisa mengeluarkan torsi 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm dan tenaga 150 hp pada 3.400 rpm.

Performa mesin Toyota Fortuner Legender yang berkapasitas 2.4 liter tersebut masih kalah jauh dibanding Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2.4 liter. Buktinya mesin mobil SUV pabrikan tiga berlian, mampu melontarkan 430 Nm pada 2.500 rpm dan tenaga 178 hp pada 3.500 rpm.

Meski demikian, Toyota Fortuner di Thailand juga menyediakan opsi dengan kapasitas mesin lebih besar mencapai 2.8 liter diesel. Torsi mesin bongsor ini mencapai 500 Nm dan tenaganya tembus 204 hp. 

Dengan performa gila, harganya pun lebih mahal. Toyota Fortuner Legender 2.8 dijual mulai 1.634.000 Baht yang setara Rp733 juta. Hanya saja, SUV tipe mesin 2.8 liter diesel tidak bakal masuk ke pasar Indonesia.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika