Toyota Gazoo Racing Indonesia Raih Double Podium Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-2

by Ivan
Toyota Gazoo Racing Indonesia raih hasil maksimal di kelas GT4 Japan Cup 2024 seri ke-2

Duet pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) Haridarma Manoppo berpasangan dengan pembalap Jepang Kazuhisa Urabe mencatatkan prestasi terbaik di ajang Japan Cup 2024 Seri ke-2 yang berlangsung di Fuji International Speedway, Jepang (23/6).

Mengandalkan Toyota GR Supra GT4 Evo, Haridarma dan Kazuhisa sukses mendominasi race 1 untuk meraih gelar juara pertama dan mendapatkan podium ketiga race 2 yang berlangsung sangat ketat akibat track licin karena hujan.

“Setelah menunjukkan grafik performa yang membanggakan bersama Toyota GR Supra GT4 Evo di seri pertama Japan Cup 2024, kali ini TGRI tidak membuang kesempatan tampil di sirkuit kebanggaan Toyota dengan merebut juara pertama race 1 dan juara ketiga race 2 Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-2,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Tim TGRI mengandalkan unit Toyota GR Supra GT4 Evo
Tim TGRI mengandalkan unit Toyota GR Supra GT4 Evo

Bermodalkan kemenangan di race 2 Japan Cup 2024 Seri ke-1, Toyota Gazoo Racing Indonesia memperoleh banyak input pengembangan dari para pembalap serta mempelajari kondisi dan karakter sirkuit di Jepang.

Hal ini turut memberikan andil pada improvement Toyota GR Supra GT4 Evo agar memiliki daya saing lebih baik di seri ke-2. Haridarma berjuang bersama Kazuhisa Urabe lantaran Seita Nonaka yang mendampinginya di seri pertama harus berlaga di event Super Formula Japan.

Baca juga  Tegas! Toyota Ambil Alih Peran Daihatsu dalam Pengembangan Mobil Kompak

Jalannya Balapan Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-2

Haridarma dan Kazuhisa berupaya merebut posisi pertama di tengah lintasan yang licin akibat hujan
Haridarma dan Kazuhisa berupaya merebut posisi pertama di tengah lintasan yang licin akibat hujan

Perolehan hasil optimal memang sudah disusun Haridarma dan Kazuhisa mulai sesi Latihan. Kedua pembalap TGRI berhasil menempatkan Toyota GR Supra GT4 Evo di posisi pertama Kelas GT4 saat sesi latihan resmi pertama dan kedua, Kamis (20/6).

Tim engineer TGRI sukses meningkatkan performance sports car tersebut dan akhirnya memperoleh lap time terbaik kedua pada kualifikasi pertama dan kedua dengan catatan waktu 1 1:48.438 dan 1:47.182, Jumat (21/6).

Berbeda dari seri sebelumnya, balapan Fanatec GT World Challenge Asia 2024 dan Japan Cup 2024 dipisahkan waktu start-nya sehingga race pertama diadakan di hari Sabtu (22/6) dan race kedua di hari Minggu (23/6).

Mobil TGRI sempat memperoleh lap time terbaik kedua pada kualifikasi pertama
Mobil TGRI sempat memperoleh lap time terbaik kedua pada kualifikasi pertama

Dengan semangat juang tinggi, Haridarma yang melakukan start langsung berusaha mencuri posisi pertama yang juga ditempati oleh Toyota GR Supra Evo. Akhirnya kesempatan terbuka setelah 10 menit lomba sehingga Haridarma berhasil naik ke posisi pertama yang membuat TGRI memimpin balapan sampai bendera finish dikibarkan.

Baca juga  Laporan Langsung Beijing Auto Show 2024 : Lihat Gebrakan Toyota dan Lexus di Cina

Memulai race 2 dengan rasa percaya diri tinggi, Haridarma dan Kazuhisa kembali berusaha merebut posisi pertama di tengah lintasan yang licin akibat hujan. Kazuhisa yang tampil pertama berhasil mencuri posisi pertama yang dilanjutkan oleh Haridarma yang meneruskan pertarungan masih di tengah lintasan yang basah.

Sayang di lap terakhir, keputusan untuk tetap menggunakan ban basah ternyata membuat Toyota Gazoo Racing Indonesia kesulitan mempertahankan posisi dan finish di urutan ketiga race 2 Kelas GT4 Japan Cup 2024 sekaligus mencatatkan double podium.

Hasil Balapan

Haridarma dan Kazuhisa sukses mendominasi race 1 untuk meraih gelar juara pertama dan mendapatkan podium ketiga race 2
Haridarma dan Kazuhisa sukses mendominasi race 1 untuk meraih gelar juara pertama dan mendapatkan podium ketiga race 2

Trophy juara pertama dan ketiga membuat TGRI berhasil mengumpulkan 25 poin kemenangan dari seri ke-2. Perolehan poin tersebut menempatkan Haridarma Manoppo di Posisi Pertama Klasemen Pembalap dengan 77 poin Kelas GT4 Japan Cup 2024. Dua minggu lagi, mereka akan berlaga di Suzuka International Circuit.

“Kolaborasi dengan Kazuhisa Urabe memberikan keuntungan yang unik untuk tim. Pengalamannya di Fuji International Speedway memberikan TGRI input untuk meningkatkan performance Toyota GR Supra GT4 Evo dan saya sebagai pembalap dapat menimba ilmu menaklukkan sirkuit legendaris kebanggaan Toyota ini dengan lebih cepat dan akurat. Semoga TGRI dapat terus tampil konsisten di sisa seri Japan Cup 2024 untuk memberikan gelar juara Kelas GT4 kepada GR Enthusiast dan masyarakat pecinta balap mobil di Indonesia,” jelas Pembalap TGRI, Haridarma Manoppo.

Baca juga  Terkuak, Alasan Kuat Mengapa Banyak Orang Beli Toyota Avanza

“Selamat kepada pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang tampil penuh rasa percaya diri sehingga berhasil naik podium race 1 dan race 2 Japan Cup 2024 Seri ke-2 di Fuji International Speedway. Dengan bertambahnya prestasi skala internasional yang diraih oleh pembalap TGRI, semoga dapat mengajak lebih banyak GR Enthusiast menyaksikan balapan sejalan visi menyebarkan joy and excitement of GR dan juga menginspirasi anak muda untuk berkompetisi di ajang balap,” lengkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika