by

Toyota GR 86 Resmi Diperkenalkan Mesin Lebih Besar

Toyota terus meluncurkan mobil baru dengan embel-embel GR di depannya. Setelah GR Yaris, kini Toyota GR 86 resmi diperkenalkan ke pasar otomotif dunia.

Penggunaan GR di depan model Toyota yang diluncurkan memberikan sebuah pesan bahwa mobil ini sudah diracik secara khusus oleh Gazoo Racing yang merupakan divisi motorsport dari pabrikan Toyota. Sama seperti GR Yaris, yang beberapa waktu lalu memukai penggila otomotif dunia.

Kehadiran Toyota GR 86 juga masih dibarengi dengan produk dari Subaru yakni BRZ. Keduanya memang memiliki desain yang sama serta spesifikasi mesin yang bisa dikatakan 11-12. Spesifikasi sport car milik Subaru yakni BRZ sudah lebih dulu bocor ke internet pada November 2020 lalu.

Jika melihat sekilas, tampilan yang disuguhkan antara Toyota GR 86 dan Subaru BRZ, memang sekilas sama. Namun, untuk memberikan identitas baru, pada keduanya dibedakan berdasarkan penggunaan desain bumper.

Subaru BRZ terbaru hadir dengan desain grill horizontal dan air intake di sisinya dengan bentuk yang lebih besar. Sementara Toyota GR 86, grillnya dibuat dengan kisi-kisi yang padat dengan kotak-kotak kecil serta air intake yang didesain vertikal.

Baca juga  7 Mobil Hybrid di Indonesia, Harganya Semakin Terjangkau

Sedangkan pada desain lampu utama yang diadopsikan, keduanya mengalami sedikit perbedaan. DRL yang disematkan di dalam cluster dibuat dengan minimalis, tapi untuk Subaru BRZ, DRL yang dibuat seakan melingkar penuh.

Spesifikasi Mesin Toyota GR 86

Toyota GR 86
Mesin Toyota GR 86 mengadopsi mesin Boxer milik Subaru

Bicara mengenai jantung mekanis yang dibekali, pada Toyota GR 86, mesin yang dipasangkan berasal dari pabrikan Subaru dengan mengandalkan mesin Boxer berkapasitas 2.4 liter natural aspirated. Dari mesin tersebut, tenaga yang dapat dihasilkan mampu mencapai 231 hp dan torsi maksimum 184 lb-ft.

Meski mengadopsi mesin yang sama, namun tenaga yang dihasilkan oleh Subaru BRZ lebih kecil ketimbang saudara kembarnya. Dijelaskan secara detail, untuk tenaga yang dihasilkan pada Subaru BRZ hanya sebatas 228 hp, ada selisih sekitar 3 hp di antara keduanya.

Sementara untuk sistem transmisi yang disediakan, Toyota GR 86 dan Subaru BRZ, dibekali dengan dua sistem transmisi yakni manual enam percepatan dan automatic enam percepatan. Tenaga yang dihasilkan dari ruang mesin disalurkan ke penggerak roda belakang.

Baca juga  Harga BMW 8 Gran Coupe Golden Thunder Cuma Rp 2,9 Miliar

Untuk perihal akselerasi, Toyota mengklaim mobil baru ini bisa menempuh dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan waktu 6,3 detik. Hasil tersebut mengalami peningkatan karena, pada versi generasi pertama, untuk akselerasi yang dihasilkan mencapai 7,4 detik.

Teknologi baru juga berhasil disematkan oleh Toyota pada model ini. Menurut mereka, untuk model dengan transmisi automatic sudah dibekali teknologi EyeSight Driver-Assist Subaru. Hal ini akan membuat pengendalian semakin menyenangkan.

Toyota GR 86 ini akan dipasarkan di pasar domestik Jepang pada musim gugur mendatang. Di Indonesia sendiri belum ada informasi soal peluncuran mobil sport istimewa ini.

Satu yang jelas di pasar Tanah Air sudah dipasarkan Toyota 86 dengan mesin cuma 2.000 cc. Mobil tersebut dijual mulai Rp 830 jutaan. Maka Toyota GR 86 ketika masuk ke Indonesia nanti, banderolnya bisa di atas Rp 1 miliar.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru