by

Kenalan Singkat Dengan Toyota Kijang Innova Ambulans

Toyota Kijang Innova Ambulans – Di masa pandemi virus Korona (Covid-19), Toyota Indonesia yang terdiri dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berkomitmen untuk membantu mobilitas dalam menangani wabah Covid-19.

Tidak hanya sebatas memberikan bantuan kemanusiaan dan juga bantuan alat kesehatan untuk mendukung para pejuang medis, Toyota Indonesia turut memperkenalkan Toyota Kijang Innova Ambulans.

Produk andalan Toyota di segmen medium MPV itu, sebelumnya didonasikan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk diserahkan ke rumah sakit yang membutuhkan.

Alasan kuat Toyota Indonesia mengubah Kijang Innova sebagai armada ambulans, karena mobil ini memiliki dimensi yang besar.

Dengan begitu, mampu mengakomodir perlengkapan medis dan bisa mengaplikasikan beragam fitur yang dibutuhkan sebuah ambulans. Ruang kabin Toyota Kijang Innova ternyata cukup memadai.

“Kijang Innova yang memiliki dimensi kompak menjadi pilihan, karena di nilai akan lebih memudahkan tenaga medis untuk bergerilya ke pelosok wilayah,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor.

Baca juga  Avanza-Xenia Generasi Terbaru Bermesin Turbo atau Hybrid?

Layaknya sebuah ambulans, mobil itu akan menjangkau area pinggiran kota atau pedesaan dengan kondisi jalan sempit dan berliku.

Menurut Anton, meski memiliki dimensi yang lebih kompak. Seluruh perangkat medis untuk ambulans dapat dimuat dengan baik dan tertata apik, sesuai standar yang ditetapkan.

Alasan Toyota Kijang Innova jadi Ambulans

Kabin Toyota Kijang Innova Ambulans
Kabin Kijang Innova, diubah untuk dapat mengakomodir kebutuhan medis

Keunggulan lainnya, tambah Anton, sebagai armada ambulans. Toyota Kijang Innova memiliki ground clearance yang tinggi, jadi dengan mudah bisa melewati jalan rusak, tanpa khawatir terantuk lubang.

Toyota Kijang Innova didukung dengan sasis tangga, serta penggerak roda belakang yang sudah terbukti ketangguhannya. Membuat Kijang Innova ambulans dapat diandalkan di berbagai kondisi jalan.

Donasi Toyota Kijang Innova sebagai armada ambulans, diharapkan dapat memberikan support yang memadai untuk tim medis di lapangan, khususnya untuk mempercepat mobilitas penanganan wabah Covid-19.

Sedikit mengulas kebelakang, Toyota Kijang memang cukup dikenal sebagai salah satu kendaraan produk dalam negeri yang dari generasi ke generasi memiliki mesin yang bandel.

Mobil ini diklaim pabrikan dikembangkan sesuai dengan keadaan serta kebutuhan pasar otomotif di Indonesia. Alhasil dapat lebih mudah menjawab kebutuhan sarana kendaraan para tenaga medis di Indonesia.

Baca juga  Toyota Century, Sedan Mewah Terbaru yang Masuk ke Indonesia

“DNA Kijang Innova dibuat berdasarkan kebutuhan kita di Indonesia,” jelas Anton.

Perlengkapan medis di Kijang Innova Ambulans
Beragam kebutuhan medis mampu tertata rapi di dalam Toyota Kijang Innova Ambulans

Menurut Anton, selain memiliki dimensi yang cukup lapang untuk menjadi ambulans, kemampuannya dalam menjelajah area-area yang cukup sempit, maupun secara kontur tidak begitu sempurna.

“Harapannya dapat membantu mobilitas tenaga medis dalam menangani wabah Covid-19 di Indonesia,” imbuh Anton.

Anton juga menjelaskan, jika ada yang memerlukan, rasanya akan lebih mudah untuk dipenuhi. Karena produksinya lokal dan prosesnya bisa lebih cepat, karena tidak harus import dahulu.

Meski secara dimensi mobil ini kompak, nyatanya Toyota Kijang Innova mampu untuk mengakomodir kelengkapan medis dengan baik.

Berangkat dari Kijang Innova yang didonasikan melalui PMI, terlihat sejumlah kelengkapan medis dapat diangkut dengan rapi.

Kebutuhan Medis yang Terakomodir

Toyota Kijang Innova Ambulans 2
Medium MPV andalan Toyota ini terlihat cukup memadai saat dijadikan armada ambulans

Berdasarkan pantauan Moladin, sejumlah perlengkapan medis tertata rapi di dalam kabin, seperti stretcher (tandu) yang sudah memiliki mekanisme yang mudah dioperasikan untuk keluar dan masuk.

Kijang Innova Ambulans juga dilengkapi fixed oxygen system, tempat menggantung infus, laci medical tools, bahkan basin cuci tangan.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Agya, Tidak Murahan

Menariknya, sudah tersedia juga kursi untuk paramedis dan dokter di dalam kabin mobil. Mobil itu juga dilengkapi dengan DC Outlet dan juga alat pemadam api ringan.

Dengan seluruh kelengkapan yang ada, diharapkan mampu lebih membantu mobilitas penanganan virus korona hingga ke pelosok negeri.

“Harapan kami, Kijang Innova ambulans ini dapat membantu penanganan medis secara maksimal, khususnya pada wabah COVID-19 saat ini,” beber Anton.

Ia juga menegaskan, “Kedepannya, kami akan terus melakukan study produk dan kebutuhan terhadap kendaraan ini”.

Baca juga:

 

Comment

Leave a Reply

Terbaru