by

Toyota Proace Electric Meluncur, Ada Versi Mobil Keluarga

Toyota Proace Electric resmi diluncurkan untuk pasar Eropa. Mobil van bertenaga baterai ini hadir dalam dua varian yakni Proace van Electric dan Proace Verso Electric. Masing-masing punya peruntukan berbeda.

Proace Van electric hadir sebagai mobil komersial ramah lingkungan dengan kapasitas angkut yang diklaim terbesar di kelasnya, bahkan dibanding blind van konvensional lainnya. Untuk pelanggan bisnis, kendaraan ini tentu sangat menguntungkan.

Di sisi lain, daya jelajahnya bisa mencapai 330 Km dalam sekali pengisian baterai. Tentu ini membuat pengguna tidak perlu khawatir bakal kehabisan baterai di jalan.

Kehadiran kedua model kendaraan ini di pasar Eropa menandakan komitmen Toyota dalam menghadirkan teknologi elektrifikasi di sektor transportasi komersil. 

Sedangkan Proace Verso electric hadir sebagai mobil keluarga dengan daya angkut yang mencapai 9-penumpang.

Proace Verso Electric, MPV Toyota Bertenaga Baterai yang Modern

Toyota Proace Verso Electric - Interior
MPV electric ini punya banyak fitur modern dan yang terpenting muat banyak

Bicara mobil modern, Toyota Proace Verso Electric telah memenuhi semua persyaratan. hal ini bisa terlihat dari fitur-fitur yang ditanamkan pada kedua unit model ini.

Di antaranya adalah integrasi smartphone dengan Apple CarPlay atau Android Auto, layar sentuh multimedia tujuh inci, kursi dengan pemanas, spion lipat otomatis, rem parkir elektrik, smart entry, kontrol AC otomatis dan navigasi satelit.

Baca juga  Toyota Avanza Hybrid Siap Meluncur 2022?

Fitur khusus untuk pembangkit listrik mencakup kontrol elektrik untuk memilih Park/Reverse/Neutral/Drive/Regenerative Braking dan tombol untuk memilih mode berkendara.

Tampilan panel instrumen memiliki layout yang menunjukkan kecepatan kendaraan dan status penggunaan daya aktual, serta pengukur tingkat pengisian baterai dan kinerja AC.

Pro Verso Electric dilengkapi fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense terbaru. Di dalamnya termasuk Pre-Collision System (PCS), Cruise Control, Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB) dan Road Sign Assist (RSA).

Keselamatan berkendara juga ditingkatkan dengan ketersediaan sensor parkir depan dan belakang, kamera belakang 180 derajat, dan pada model lebih tinggi dilengkapi dengan Blind Spot Monitor.

Tersedia Dua Pilihan Baterai dengan Daya Jelajah Hingga 330 KM

Toyota Proace Electric - Tampak samping
Toyota Proace Van tampak samping

Toyota Proace van Electric dan Toyota Proace Verso Electric bersumber tenaga dari baterai lithium-ion yang terdiri dari dua model. Terkecil berkapasitas 50 kWh dengan daya jelajah untuk sekali pengisian mencapai 230 km.

Kendaraan dengan konfigurasi ini ideal bagi pelanggan yang melakukan perjalanan shuttle seperti di sekiataran kampus dan kawasan industri. Sedangkan terbesar berkapasitas baterai 75 kWh dengan daya jelajah untuk sekali pengisian hingga 330 km.

Baca juga  BMW Seri 3 Electric, Sebentar Lagi Meluncur?

Kedua pilihan baterai tersebut bisa digunakan dalam dua pilihan chasis long dan standar atau versi compact. Namun untuk versi compact secara ekslusif hanya tersedia kapasitas 50 kwh.

Toyota telah meneliti kebutuhan pelanggannya dan menemukan mayoritas pengguna mobil di Eropa hanya menjangkau sekitar 45 km dalam satu hari kerja. Jadi untuk pengguna harian atau dalam kota, mobil listrik ini tidak perlu melakukan pengisian baterai setiap hari.

Jarak tempuh dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor eksternal, termasuk cuaca dan suhu, jenis dan kualitas jalan, gaya mengemudi pengemudi dan muatan yang diangkut.

Performa Responsif dengan Tiga Mode Berkendara

Toyota Proace Electric - Eksterior
Toyota Proace saat ini baru meluncur di pasar Eropa.

Proace van Electric dan Proace Verso Electric memiliki tiga mode mengemudi, Eco, Normal dan Power, yang dapat diaktifkan melalui sakelar yang dipasang di konsol tengah.

Saat berkendara dalam mode “Power”, output daya maksimum dari kedua baterai setara 136 HP dengan torsi puncak 260 Nm. Sedangkan kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 130 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 13,1 detik.

Pada mode Eco output berkurang menjadi 82 hp / 60 kW dengan torsi 190 Nm, sedangkan pada mode Normal sistem kelistrikan menghasilkan 109 hp / 80 kW dengan 210 Nm.

Baca juga  Segini Konsumsi BBM Calya, Benarkah Efisien?

Pengisian Daya Cepat dan Aman

Toyota Proace Electric - Interior
Toyota Proace mampu menampung 9 orang penumpang

Kecepatan dan kemudahan pengisian adalah pertimbangan penting bagi pelanggan yang ingin meminimalkan waktu pengisian baterai. Dalam tiap pembelian disediakan koneksi ke soket listrik rumah tangga dan kabel untuk pengisian lebih cepat melalui stop kontak di dinding rumah sebagai opsional.

Semua versi Proace Verso Electric dilengkapi dengan pengisi daya onboard satu fase 7,4 kW sebagai standar yang dapat ditingkatkan ke 11 kW jika pengisian yang lebih cepat diperlukan.

Saat kendaraan terhubung ke stasiun pengisian daya 100 kW, baterai 50 kWh dapat diisi ulang dalam waktu sekitar 30 menit dan baterai 75 kWh dalam waktu sekitar 45 menit.

Akankah unit ini hadir di Indonesia? Sayangnya belum ada tanda-tanda minibus mewah ini akan dibawa ke Tanah Air. Namun bicara mobil komersil sejenis ini Toyota Indonesia sudah memiliki Toyota All New Hiace Premio yang harganya dibandrol mulai Rp 545 jutaan.

Oya jangan lupa, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kendaraan-kendarasan terbaru di Indonesia baik spesifikasi dan harganya pantau terus Moladin.com.

Terbaru