by

Toyota Raize Punya Varian GR Sport?

Toyota Raize sudah dipastikan masuk industri otomotif Indonesia, tidak lama lagi. Hal tersebut diketahui lewat lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri no 1 tahun 2021. Dalam informasi tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM), kedapatan akan menghadirkan model baru dengan kode: A250RA-GBVVJ 1.0T S CVT TSS.

Kami percaya bahwa mobil dengan kode tersebut adalah Raize. Penyebabnya tidak lain adalah kehadiran angka 1.0T dan CVT yang berarti bermesin turbo serta bertransmisi CVT. Pas sekali dengan spesifikasi Raize yang ada di Jepang. 

Lalu yang juga menarik tulisan TSS di belakang kode namanya. Bisa jadi itu berarti Toyota Safety Sense (TSS). Jika benar, maka fitur keselamatan Raize bakal sangat istimewa.

Istimewanya lagi, ada kabar bahwa akan ada varian Raize GR Sport. Akun Instagram @indra_fathan yang membeberkannya. Dalam salah satu postingan, dia memunculkan gambar aksesori Raize dengan emblem GR Sport. Tentunya ini akan sangat menarik, karena Toyota belum pernah meluncurkan mobil dengan varian GR Sport, selain GR Supra.

Baca juga  7 Mobil Sport Murah yang Dijual di Indonesia

Sebagai informasi GR Sport merupakan varian sporty dari Toyota. Beda dengan TRD Sportivo yang cuma mengusung ubahan di tampilan. GR Sport juga memberikan rasa berkendara berbeda ke mobil.

Berdasarkan informasi yang kami himpun, total Toyota Raize akan hadir dengan enam varian. Lalu untuk mesin pakai dua opsi 1.0 liter turbo dan 1.2 liter.

Harga Toyota Raize, Benarkah Murah?

toyota raize
Toyota kedapatan sedang memproduksi aksesori GR Sport, kemungkinan untuk Raize sumber IG: @indra_fathan

Mengutip dari Peraturan Kemendagri, untuk harga yang ditawarkan pada Toyota Raize, dimulai dari Rp 140 jutaan sampai Rp 190 jutaan. Ingat itu merupakan harga nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) atau harga pokok.

Untuk sampai ke harga on the road atau harga jual, perlu ada biaya tambahan seperti pajak, distribusi, keuntungan, dna lain-lain. Jika dikalkukasi lebih jauh, dan ditambah dengan biaya lainnya, mungkin harga yang akan dipasarkan berubah menjadi Rp 190 jutaan sampai Rp 270 jutaan.

Banderol tersebut sejatinya masih sepadan dengan apa yang Toyota tawarkan. Apalagi dengan kehadiran fitur TSS di varian tertinggi. Pilihan transmisinya pun juga dihadirkan dengan beberapa opsi CVT dan juga manual.

Baca juga  Kapan Land Cruiser 300 Masuk Indonesia? Ini Jawaban Toyota

Sementara untuk mesin yang dibawa, Toyota sudah menyiapkan dua mesin antara lain 1.0 liter turbo dengan kode 1KR-VET dan mesin 1.2 liter non turbo dengan kode 3NR-VE.

Sedangkan untuk spesifikasinya, dari mesin 1.0 liter turbo, tenaga yang dihasilkan mencapai 98 PS dan torsi maksimum 140 Nm. Lalu mesin 1.2 liter non turbo, tenaga yang dihasilkan mampu menyemburkan 88 PS dan torsi puncaknya 108 Nm.

Jika dijabarkan dari informasi Peraturan Kemendagri, Toyota menghadirkan Raize 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0T G MT, 1.0T G CVT, 1.0T S CVT, dan 1.0T S CVT TSS (Kemungkinan GR Sport).

Fitur yang Menarik di Toyota Raize

Toyota Raize
Toyota Raize Dibekali dengan Fitur Toyota Safety Sense

Selain bentuk yang khas dan ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin, Toyota Raize, juga sudah dibekali dengan fitur unggulan. Salah satunya adalah platform yang digunakan pada model ini sudah mengadopsi Toyota New Global Architecture (TNGA), di mana berbekal platform ini kenikmatan berkendara akan lebih baik lagi.

Mengenai fitur yang digadang menjadi pembeda adalah adanya Toyota Sense Safety. Fitur ini mampu memberikan keselamtan pra kecelakaan. Dengan adanya TSS, maka fitur ini akan mendeteksi pejalan kaki di malam hari dan memberikan peringatan kepada pengemudi untuk melakukan antisipasi kecelakaan.

Baca juga  Resmi Dijual, Harga Renault Kiger yang Termahal!

Dengan rentang harga yang ditawarkan dan fitur yang diadopsi, Toyota Raize, sepertinya layak untuk menjadi pilihan Anda untuk mengisi garasi Anda.

Baca terus Moladin untuk mengetahui informasi terbaru seputar dunia otomotif.

Terbaru