Thursday, October 6, 2022

Toyota Vios Setop Produksi, Apa Sedan Penggantinya?

by Tigor Sihombing
Toyota Vios Setop Produksi

Bocor kabar mengenai Toyota Vios setop produksi di Indonesia. Informasi ini tersiar melalui postingan instagram @Mobilgue yang diposting pada 31 Agustus 2022.

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 30 detik tersebut, terlihat lokasi pengambilan gambar berada di dalam pabrik perakitan mobil Toyota. Di sana terlihat kerangka body Toyota Vios yang besar kemungkinan adalah edisi terakhir.

Di akhir-akhir video, terdapat beberapa karyawan pabrik menggunakan pakaian kerja lengkap memegang kertas bertuliskan “Sayonara Vios“. Mereka serempak menyebutkan ucapan yang berbunyi: “Terima kasih Vios telah menjadi bagian sukses berdirinya plant dua,” dalam unggahan tersebut.

Seperti diketahui, plant dua merupakan pabrik perakitan milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang Jawa Barat. Sayang, untuk memastikan terkait video ceremony berakhirnya perakitan Vios di Indonesia TMMIN yang coba tim Moladin hubungi belum memberikan respons.

Selain itu kabar berakhirnya perakitan dan penjualan Vios tidak hanya terjadi di Indonesia. Sebelumnya India lebih dahulu melakukan hal serupa pada  September 2021.

Baca juga  Toyota Berharap Insentif PPnBM Permanen Teralisasi

Bisa jadi keputusan India menyetop produksi dan penjualan Vios terkait dengan kehadiran produk lain yakni Toyota Belta, sedan berbasis Suzuki Ciaz. Lalu bagaimana dengan masa depan Vios di Indonesia?

Vios Indonesia Terakhir Facelift di 2018

Toyota Vios baru

Toyota Vios generasi ketiga mendapatkan perubahan grille dan fascia depan memberikan kesan yang lebih elegan. Ditambah dengan velg 15 inci dan velg 16 inci untuk Toyota All New Limo Vios G dan TRD Sportivo yang menggunakan tampilan yang lebih sporty. 

Di Indonesia sendiri Toyota Vios terakhir kali mengalami pembaruan pada tahun 2018. Sedan yang sudah memiliki 3 generasi sejek kemunculan pertamnaya pada 2003 ini belum lagi mengeluarkan varian baru.

Padahal kompetitor sudah banyak yang mengeluarkan model anyar seperti Honda City, MG 5 GT, dan Mazda 2.

Tapi berbeda cerita dengan Indonesia dan India, di Thaliand Toyota Vios terus mengalami pembaruan. Dikabarkan lama lokal sana Autolifethailand.tv, Toyota Vios baru siap meluncur pada bulan Agustus 2022 ini.

Menariknya, mobil ini dikabarkan memiliki pilihan mesin hybrid. Mereka menyebutkan Vios kemungkinan pakai mesin 1.5 liter hybrid dengan konfigurasi 3-silinder yang berkode M15A-FXE.

Baca juga  20 Mobil Terlaris di Indonesia Agustus 2020, Avanza Menyerah?

Soal performa, bocorannya mesin bensinnya sanggup mengeluarkan 91 hp pada 5.500 rpm dan torsi 120 Nm pada 3.800 – 4.800 rpm. Kemudian untuk motor elektriknya sanggup menghasilkan tenaga 80 hp dan torsi 141 Nm.

Kalau digabungkan, Vios Hybrid terbaru bisa melontarkan tenaga sampai 116 hp. Performa istimewa ini disalurkan ke penggerak roda depan lewat transmisi e-CVT.

Selain itu Vios baru juga dikabarkan punya mesin konvensional. Mengusng mesin 1.2 liter dengan konfigurasi empat silinder. Jantung mekanis ini bisa menghasilkan torsi 109 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 92 hp pada 6.000 rpm. Hanya saja sepertinya Vios 1.2 liter cuma ada di pasar Thailand, tidak bakal masuk ke negara Asia Tenggara lain.

Lalu setelah Toyota Vios setop produksi, bagaimana nasibnya untuk pasar Tanah Air? Belum jelas, bisa jadi Vios masuk ke sini lewat jalur impor atau jangan-jangan nanti yang produksi adalah Daihatsu. Ini mungkin, karena memang Daihatsu dan Toyota adalah saudara, di mana Avanza saja diproduksi di pabrik Daihatsu.

Baca juga  Promo Auto2000 Sambut Imlek, Ada Bunga Nol persen

Demikian ulasan terkait Toyota Vios setop produksi. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika