Friday, February 3, 2023
Banner

Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Meluncur, Berapa Harganya?

by Tigor Sihombing
truk listrik mercedes-benz

Truk listrik Mercedes-Benz eActros resmi diperkenalkan di Stuttgart Jerman, Rabu (30/6/2021). Bisa dikatakan eActros merupakan truk heavy duty yang menggunakan full tenaga baterai sebagai sumber energi. 

Bagi Mercedes-Benz, peluncuran produk ini merupakan tonggak sejarah penting. Pasalnya eActros sendiri merupakan produk truk listrik pertama yang dirilis ke pasaran.

“Kita harus mengakui bahwa transportasi adalah bagian dari masalah dalam hal perubahan iklim. Pada saat yang sama, solusi ada di tangan kita, dan kita menjadi bagian dari solusi,” kata Karin Radstrom, Member of the Board of Management di Daimler Truck AG.

Radstrom yakin truk listrik Mercedes-Benz eActros akan diterima di pasaran.  “eActros  adalah langkah besar bagi Mercedes-Benz Trucks, untuk menuju transportasi nol emisi,”tambahnya.

Singkat cerita mengenai terciptanya eActros adalah ketika Mercedes-Benz divisi truck mempresentasikan kepada rekanan bisnis mereka terkait kendaraan konsep untuk truk angkutan barang heavy-duty di Hanover, Jerman tahun 2016 lalu.

Hingga akhirnya pada tahun 2018 lalu prototipe eActros diuji coba untuk pertama kali. “Saat itu pengembangan truk listrik Mercedes-Benz eActros difokuskan pada kebutuhan mitra kami. Segala sesuatu yang kami kembangkan dari kebutuhan fleet,” tulis Mercedes-Benz.

Baca juga  New Mercedes-Benz S-Class 2021, Harganya Rp 3 Miliar

“Dibandingkan dengan prototipenya, untuk truk produksi massal ini Mercedes-Benz banyak melakukan penyempurnaan. Terutama soal hal jangkauan daya jelajah, tenaga penggerak, dan fitur keselamatan,” jelas Andreas von Wallfeld, Kepala Pemasaran Mercedes-Benz Trucks.

Inti teknologi truk listrik Mercedes-Benz eActros adalah unit penggeraknya menggunakan dua motor listrik terintegrasi bersama dengan transmisi dua kecepatan. Dengan penggerak listrik memungkinkan truk ini melintas malam, dimana biasanya hal ini dilarang untuk truk yang berkonfigurasi mesin diesel.

Dalam paket penjulan truk listrik Mercedes-Benz eActros, konsumen diberikan pilihan empat paket baterai. Masing-masing berkapasitas total sekitar 420 kWh2 dengan jangkauan jelajah hingga 400 kilometer.

eActros Cuma Dijual di Eropa

truk listrik mercedes-benz

Mercedes-Benz eActros world premiere 2021

Mulai musim gugur 2021, eActros segera produksi di pabrik perakitan truk terbesar Mercedes-Benz Trucks di Wörth am Rhein, Jerman. Dalam beberapa bulan terakhir persiapan intensif telah dilakukan untuk proses produksi di sana, termasuk pembangunan jalur perakitan baru.

Pada tahap awal, model produksi seri eActros akan tersedia dataran Eropa seperti Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia. Pasar selanjutnya akan menyusul.

Baca juga  5 Klub Mobil Mercedes-Benz di Indonesia

Sayang untuk harga, Mercedes-Benz belum memberi informasi lebih lanjut. Hal itu akan segera diumumkan usai unit produksinya mulai berjalan, serta pesanan sudah dibuka secara resmi.

Walau begitu Mercedes-Benz berjanji memberikan pelatihan eActros kepada pelanggan yang mau membelinya, baik yang fleet atau pun perorangan. Tujuannya tidak lain agar pemanfaatan kendaraan bisa digunakan sebaik mungkin, termasuk dalam hal optimalisasi biaya dan pengaturan infrastruktur pengisian daya. 

Tidak hanya itu, pabrikan Jerman tersebut bertanggung jawab memberi pelatihan keselamatan ke setiap konsumen yang membeli truk listrik Mercedes-Benz.

Demikian ulasan terkait truk listrik Mercedes-Benz. Simak terus Moladin.com untuk update konten otomotif terbaru.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika