oleh

6 Ubahan Sirion Facelift 2022, Tanpa Transmisi Manual!

Ada beberapa ubahan Sirion facelift 2022 yang telah resmi diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mulai dari tampilan eksterior, interior serta kelengkapan fitur-fiturnya.

Mobil ini sebelumnya sudah dulu mengaspal di negara tetangga yaitu Malysia. Namun begitu, di sana Daihatsu Sirion dinamai Perodua Myvi.

Di Malaysia, Sirion facelift 2022 hadir dengan pilihan 2 mesin. Yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. bukan hanya itu saja, untuk varian tertingginya juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif A.S.A. Yup, fitur keselamatan aktif tersebut mampu mengatur gas dan rem secara otomatis.

Namun begitu, meski Sirion facelift 2022 yang ada di Indonesia merupakan produk import dari Malaysia, mobil ini belum dilengkapi fitur keselamatan aktif A.S.A serta hanya ada 1 pilihan mesin, 1.300 cc.

“Sebelum kami mendatangkan Daihatsu Sirion Facelift, team kami tentunya sudah melakukan riset yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan segmen market dari Daihatsu Sirion. Kami memutuskan hanya membawa satu pilhan mesin 1.300 cc karena targetnya untuk aktifitas keseharian anak muda,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relation Divison Head PT Astra Daihatsu Motor. (2/6/2022).

Hendrayadi juga mengungkapkan alasan kenapa fitur keselamatan aktif A.S.A juga tidak disematkan pada Daihatsu Sirion facelift 2022 yang ada di Indonesia. Salah satunya karena faktor harga.

Baca juga  Sejarah Daihatsu Terios, dari Tahun ke Tahun

“Untuk fitur A.S.A memang belum kami ikut sertakan. Sebab supaya harga jualnya masih sesuai dengan segmen market dari Sirion facelift itu sendiri. Namun, jika nantinya kita lihat konsumen banyak yang meminta, tidak menutup kemungkinan fitur tersebut akan kami sematkan,” imbuh Hendrayadi.

Balik lagi ke pembahasan ubahan Sirion facelift 2022 dibanding Sirion lama. Mau tahu lebih jelsanya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Desain Eksterior Lebih Modern dan Sporty

Ubahan Sirion facelift 2022
Desain eksterior lebih modern dan stylish

Ubahan Sirion facelift 2022 yang pertama adalah pada bagian eksteriornya. Yup, ubahan terjadi pada bagian bumper depan. Dimana desain Sirion terlihat makin tegas dengan komninasi bumper dan grill baru serta adanya garis vertikal di bawah lampu utama.

Kemudian, desain belakangnya juga terlihat lebih rapih menyelaraskan dengan tampilan depannya. Oh ya, untuk menambah kesan sporty, bagian rumah spion diberi kelir hitam serta headlamp sudah menggunakan LED.

Meski terlihat lebih modern dan stylish, sayangnya Sirion facelift minus foglamp serta DRL (Daytime Running Light) seperti yang beredar di Malaysia.

2. Desain Interior Lebih Elegan

Ubahan Sirion facelift 2022
Interior Sirion facelift 2022

Lanjut ke bagian interior. Ubahan Sirion facelift yang mencolok di kabin interiornya adalah hadirnya meter klaster baru dengan layar MID berukuran 4,2 inci. Di mana panel instrumen tersebut mampu menampilkan berbagai informasi mobil serta dilengkapi beberapa pilihan warna lampu.

Baca juga  9 Perbedaan Toyota Avanza Vs Xenia, Mana Lebih Baik?

Oh ya, kualitas udara di dalam kabin interior Sirion facelift 2022 juga lebih bagus. Sebab sudah ada air purifier khususnya untuk varian tertinggi atau Sirion R CVT.

3. Fitur Lebih Lengkap

Ubahan Sirion facelift 2022
Fitur Sirion facelift 2022 lebih lengkap

Nah, ubahan Sirion facelift yang signifikan juga terjadi pada kelengkapan fiturnya. Beberapa diantaranya adalah ditanamkannya side air bag, speed sensing door lock, dan hill start assist (HSA).

Sementara untuk fitur keyless smart key system, vehicle stability control (VSC), auto headlamp dan AC digital yang sudah ada di Sirion sebelumnya masih tetap dipertahankan.

4. Transmisi Menggunakan D-CVT

Ubahan Sirion facelift 2022
Sudah menggunakan D-CVT

Ubahan Sirion facelift 2022 juga terjadi pada sektor transmisinya. Di mana Sirion terbaru sudah mengadopsi sistem dual continuously valve transmission (D-CVT). Hadirnya teknologi ini tentunya membuat mesin lebih responsif, konsumsi bahan bakar lebih efisien, serta perpindahan gigi yang lebih halus.

“Penggunaan sistem D-CVT tentu membuat Sirion facelift semakin nyaman dalam berkendara. Sebab perpindahan gigi lebih halus dan mesin juga lebih responsive,” terang Hendrayadi.

Kemudian tidak ada lagi pilihan transmisi manual di Sirion. Jadi semua varian pakai transmisi D-CVT.

5. Sistem Audio Sudah Bisa Terkoneksi Dengan Smartphone

Ubahan Sirion facelift 2022
Audio sudah bisa terkoneksi dengan smartphone

Sesuai dengan segmen marketnya yaitu anak muda. Pengemudi dan penumpang Sirion facelift 2022 akan dimanjakan dengan sistem audio yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone. Jadi, jika ingin memutar lagu favorit dari ponsel, langsung tinggal colok saja pakai kabel.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Rocky, Adik Terios yang Canggih

Oh ya, pada bagian setirnya juga sudah disediakan steering switch untuk volume dan tombol pemilihan lagu. Hal tersebut tentunya akan mempermudah pengemudi jika ingin mengganti lagu kesukaannya.

6. Harga Lebih Mahal

Ubahan Sirion facelift 2022
Harga lebih mahal dari Sirion sebelumnya

Selain tampilan eksterior, interior dan fitur-fiturnya. Ubahan Sirion facelift 2022 juga terjadi pada harga jualnya. Yup, Sirion baru hadir dengan dua varian yaitu Sirion X 1.3 CVT yang dibanderol harga Rp 227,6 juta dan Sirion R CVT Rp 333,6 juta.

Sebagai catatan, harga tersebut hanya berlaku untuk wilayah DKI Jakarta. Jadi untuk wilayah lain apalagi di luar pulau Jawa tentunya akan ada selisih harga, tergantung kebijakan masing-masing wilayahnya.

Harga tersebut jauh lebih mahal dibanding model lama. Pasalnya untuk versi sebellumnya, Sirion MT dijual 209,2 juta. Sementara untuk model AT Rp 224,7 juta

Moladiners, itulah ulasan mengenai ubahan Sirion facelift 2022. Dimana mobil dengan segmen city car ini tampil lebih modern dan stylish.

Nah, bagi kamu yang berminat membelinya, sebaiknya dilakukan dalam minggu ini agar di akhir bulan Juni 2022 mobil sudah bisa diantar ke rumah.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru