by

Beda 3 Varian Kia Seltos, Mana yang Sebaiknya Dibeli?

Varian Kia Seltos – Sport utility vehicle (SUV) seakan semakin berwarna di Indonesia, dengan hadirnya SUV terbaru asal Korea Selatan, Kia Seltos. Produk ini hadir dalam tiga varian, yakni EX+ (EX Plus/EXP), EX, dan E.

Ketiga varian Kia Seltos itu menyajikan kelengkapan yang tentuya berbeda-beda antar variannya. Hal ini mengikuti banderol yang ditawarkan.

Kia Seltos varian termurah adalah tipe E yang ditawarkan dengan banderol Rp 295 juta, tipe EX berada di tengah-tengah dengan harga Rp 320 juta. Tipe tertinggi Kia Seltos adalah EX+ yang punya banderol Rp 355 juta.

Secara desain perbedaannya begitu tipis sebenarnya. Mengingat pembedanya hanya sebatas fitur dan juga sentuhan garnish di beberapa bagian eksterior maupun interiornya.

Mengacu pada data spesifikasi Kia Seltos, ketiga varian Kia Seltos tersebut dibekali dengan mesin Kappa 1.4 liter Turbocharged berteknologi Dual CVVT. Tenaga yang dihasilkan sebesar 140 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 242 Nm mulai 1.500 hingga 3.200 rpm.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah penggunaan transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 7-percepatan. Penggunaan transmisi ini jadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Kia Seltos dibandingkan kompetitor.

Buat kamu yang tertarik untuk meminang SUV asal Negeri Ginseng itu. Kamu wajib mengetahui perbedaan antar varian Kia Seltos yang tersedia di Indonesia.

Berbicara mengenai desain tentunya antar varian Kia Seltos nyaris serupa, seperti dimensi, jarak sumbu roda, sistem pengereman, suspensi, setelan jok, power supplay, perangkat pengendalian dan fitur safety.

Seluruh varian pun ditawarkan dalam enam pilihan warna, yakni Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan juga Punch Orange.

Pertanyaan, lalu apa sebenarnya yang membedakan antar varian Kia Seltos? Daripada penasaran, simak ulasan lengkap mengenai varian Kia Seltos berikut ini:

1. Tipe EXP merupakan varian Kia Seltos Tertinggi

varian kia seltos
Tiga varian Kia Seltos tersedia untuk konsumen di Indonesia

Membahas mengenai varian Kia Seltos, kali ini Moladin akan membahasnya mulai dari varian teratas yakni EX+ atau EXP. Secara eksterior Kia Seltos EX+ punya fitur yang lengkap dibandingkan varian lainnya.

Baca juga  Hyundai Ioniq dan Kona Electric Jadi Mobil Dinas Kang Emil

Tampilannya pun terkesan tegas dan mewah, hal ini terlihat dari bagian gril bermotif berlian yang dipadukan dengan aksen kromium. Menariknya lagi, pada varian EX+ ini juga sudah dilengkapi dengan sunroof yang dilengkapi dengan power sliding dan tilting.

Beralih ke bagian samping, pada bagian jendela juga dihiasi dengan aksen krom. Hal ini mampu meningkatkan tampilan jadi semakin terasa mewah.

Terkait fitur, varian Kia Seltos yang satu ini tentunya lebih lengkap. Sebagai contoh pada sisi eksterior, di varian EX+ ini sudah menggunakan teknologi LED sepenuhnya.

Belum lagi, sistem penerangannya sudah dilengkapi dengan fitur auto light, yang berfungsi menyalakan lampu secara otomatis ketika melalui jalan yang gelap.

Guna menyempurnakan tampilan, Foglamp menggunakan model Ice Cube LED berkelir putih. Bagian belakangnya pun sudah menggunakan lampu LED, untuk menambah aura mewah semakin terasa.

Beralih ke interior, perbedaan varian Kia Seltos ini juga terbilang cukup banyak. Pada bagian gagang pintu saja sudah terlihat berbeda, berkat hadirnya kelir krom satin. Terasa apik berpadu dengan jok berlapir material kulit.

Pada area pengemudi dipasangkan panel instrument digital berukuran 7 inci yang terlihat lapang. Layar tersebut menyajikan beragam informasi terkait kendaraan secara lengkap.

Untuk sistem pengendaliannya, varian tertinggi Kia Seltos sudah didukung dengan cruise control yang dapat membantu pengemudi. Ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

Fitur Serupa yang Tersedia di Varian EX+ dan EX

varian kia seltos
EX+ merupakan varian Kia Seltos termahal

Terkait sejumlah fitur yang tersedia di EX+ da nada juga di varian lainnya, yakni EX. Meliputi keberadaan High Mount Stop Lamp, yang memberikan kesan lebih atraktif, serta menunjang keamanan yang lebih baik.

Kia Seltos juga didukung dengan pelek berukuran 17 inci dengan roda berukuran 215/60. Menariknya lagi, pada lingkar kemudi sudah berbalut kulit dengan desain 3-spoke.

Baca juga  Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross, Beli yang Mana?

Dalam menunjang kenyamanan, setir sudah dilengkapi control steering switch. Pengaturan lingkar kemudi empat arah, karena sudah didukung tilt dan telescopic.

Untuk menunjang kenyamanan ketika di dalam kabin, varian Kia Seltos EX+ dan EX sudah didukung dengan sistem hiburan berupa head unit berukuran 8 inci. Head unit tersebut sudah terintegrasi dengan Bluetooth voice recognition, USB and Auxiliary connection, Apple Car Play, Android Auto dan rear view monitor.

Berlanjut, sistem pendingin sudah menggunakan auto climate control dan ventilasi untuk mengalirkan udara ke belakang. Keistimewaan produk ini juga sudah dibekali dengan smart entry system dan tentunya dipadukan dengan tombol start/stop untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Demi menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang, pihak pabrikan telah membenamkan fitur keselamatan modern, seperti enam airbag yang mencakup pengemudi, penumpang dan jendela samping.

Kehadiran enam airbag tersebut tentunya untuk menjamin seluruh penumpang terlindung ketika mengalami insiden yang tidak diinginkan. Khusus di varian EX+ sudah dilengkapi dengan parking assist, dengan garis bantu dinamis yang membantu pengemudi ketika parkir mundur.

2. Mengenal Kia Seltos Tipe EX

Kia Seltos Tipe EX
Beda varian EX dan EX+ Kia Seltos tak terlalu jauh

Varian tengah ini tak kalah menarik, jika dibandingkan dengan varian Kia Seltos EX+. Mungkin jika kamu ingin meminang Seltos dengan bujet yang minim, bisa menjatuhkan pilihan kepada varian EX.

Pembedanya terbilang tak terlalu banyak, namun memang terasa signifikan. Khususnya dari sisi tampilan eksteriornya.

Seltos EX+ dan EX yang paling terasa membedakan adalah fitur sunroof. Di varian menengah ini tidak tersedia Bagian gril juga tak semewah varian EX+, karena hanya dibalut dengan kelir hitam.

Gril tersebut menghubungkan lampu utama berteknologi projector LED dan berfitur auto light. Sisi lain yang membedakan pada bagian eksterior adalah absennya foglamp projector dan stoplamp yang tergantikan dengan bohlam biasa.

Baca juga  Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Resmi Meluncur

Berlanjut, terlihat aksen krom yang berada dibagian jendela juga tidak kita temui di varian EX. Sementara di sisi interior, di varian EX ini hanya dilengkapi jok berbahan fabric. Handle pintu tidak beraksen krom, hanya berkelir hitam saja.

Terkait fitur, di Kia Seltos varian EX tidak dilengkapi dengan cruise control.

3. Tipe E, Varian Kia Seltos Termurah yang Tersedia di Tanah Air

varian kia seltos
SUV asal Korea Selatan yang patut diperhitungkan

Meskipun merupakan varian Kia Seltor termurah, namun jangan anggap enteng tipe E. Pasalnya varian E ini masih mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan pengguna.

Belum lagi secara tampilan luar tak jauh berbeda dengan varian EX, dengan gril berkelir hitam. Pembedanya, lampu utama masih LED projector, namun tidak dilengkapi auto light dan foglamp.

Stoplamp pada bagian belakang juga hanya menggunakan bohlam biasa saja. Perbedaan di sisi interior terletak pada panel instrument pengemudi yang berukuran lebih kecil, hanya 3,5 inci saja.

Selanjutnya, lingkar kemudi juga tidak dibalut bahan kulit. Namun masih mengusung desain 3-spoke, dan yang pasti sudah dilengkapi fitur tilt dan telescopic.

Berbeda dari varian yang lain, untuk varian E ini hanya menggunakan keyless entry alias remote saja, dan bukan smart entry. Sistem pendingin pun belum otomatis alias bergaya manual.

Layar hiburan dibuat sedikit lebih minimalis, hanya mengandalkan head unit berukuran 3,5 inci dan hanya berkoneksi Bluetooth. Sistem keselamatan airbag juga juga direduksi, hanya menyisakan dua untuk pengemudi dan penumpang depan.

Bagaimana sekarang, sudah tahukan beda varian Kia Seltos yang tersedia di Indonesia? Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam memilih mobil yang sesuai bujet dan kebutuhan kamu.

Baca juga:

Terbaru