Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

8 Velg Mobil Terbaik Untuk Modifikator, Ada yang Murah!

by Deni Ferlindungan
5 velg mobil terbaik di Indonesia

Memilih velg mobil terbaik tentunya jadi salah satu faktor yang menentukan dalam menunjang modifikasi eksterior mobil kalian. Dengan mengubah sektor kaki-kaki, sejatinya sudah mampu mendongkrak tampilan mobil.

Terlebih saat ini produk aftermarket cukup beragam di Indonesia. Jadi soal harga velg yang mahal, kini sudah bisa ditepis. Apalagi setelah lahir berbagai merek lokal seperti HSR Wheels, DnZ Wheels, hingga Torsion Wheels.

Alasan kebanyakan pemilik mobil mengganti pelek lantaran kurang puas dengan pelek standar pabrikan. Mereka pun menganggap, dengan menggunakan velg mobil terbaik, dapat mendongrak nilai estetika kendaraan kesayangannya.

Nah, buat kalian yang tertarik membeli velg terbaru. Dalam memilih sebuah velg bukanlah perkara mudah. Karena ada sejumlah faktor yang perlu kalian perhatikan, seperti PCD, offset, hingga ukuran yang proporsional bagi mobil kesayanganmu.

Di sisi lain, ada sejumlah merek velg mobil terbaik yang bisa jadi pilihan. Daripada bingung, berikut ini Moladin akan memberikan rekomendasi seputar velg mobil yang bisa jadi pilihan kalian. Kualitas yang ditawarkan pun sudah teruji, bahkan sebagian jadi favorit banyak modifikator di Indonesia. Penasaran? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Borbet, Jajaran Velg Mobil Terbaik di Indonesia

Borbet, velg mobil terbaik yang bisa jadi pilihan

Borbet, velg mobil terbaik yang bisa jadi pilihan

Cari velg mobil terbaik, pilihannya mungkin bisa menggunakan velg mobil Borbet. Kualitas yang ditawarkan tak perlu diragukan.

Pelek asal Jerman itu ditawarkan dalam ukuran yang beragam, mulai dari 14 inci hingga 22 inci. Dengan varian yang beragam, tentunya bisa disesuaikan dengan mobil yang kalian miliki.

Tak hanya punya varian yang banyak, namun model yang ditawarkan pun cukup lengkap, mulai dari klasik, sport, premium hingga komersial.

Baca juga  KIA Soul EV Boardmasters, Mobilnya Anak Pantai

Menyoal harga, biasanya velg Borbet ditawarkan dengan rentang harga mulai Rp 4,6 jutaan untuk satu velg. Jadi kalau satu set banderolnya tembus Rp 16-17 jutaan. Banderol itu rasanya sepadan, jika melihat sejumlah desain yang ditawarkan oleh Borbet.

2. BBS, Pelek Paling Banyak Digunakan Modifikator

Pelek BBS

Pelek BBS, kini banyak digunakan modifikator di Indonesia

Pada tempat kedua yang masuk dalam daftar velg mobil terbaik ialah BBS. Produk asal Jerman itu memiliki kepanjangan Baumgartner Brand Schiltach yang berdiri sejak 1970-an.

Mengacu pada pasar Indonesia, setidaknya ada sejumlah varian yang ditawarkan oleh BBS, seperti BBSCHR, BBS F1 dan BBS LM. Ukuran velg BBS pun cukup beragam, mulai dari 15 inci, 16, 17, hingga 19 inci. Umumnya velg BBS digunakan oleh modifikator beraliran Stance hingga Hellaflush. Penggunaan velg BBS untuk modifikasi jenis tersebut lantaran pelek ini memiliki motif yang lebih rapat dan sela-sela yang lebih kecil.

Maka tak heran jika banyak sekali modifikator yang memburu jajaran produk BBS yang tersedia di Indonesia. Hanya saja banyak velg BBS palsu beredar. Pasalnya kalau kamu beli yang asil, harga velg BBS bisa sampai puluhan juta satu set.

3. OZ Racing, Mahal Tapi Berkualitas

OZ Racing, pelek mobil yang mampu tingkatkan tampilan

OZ Racing, pelek mobil yang mampu tingkatkan tampilan

OZ Racing mungkin tak asing bagi para pecinta modifikasi di Indonesia. Velg OZ Racing merupakan produk asal Italia yang telah dipasarkan sejak tahun 1990-an di Tanah Air.

Terdapat sejumlah alasan yang membuat OZ Racing masuk jajaran velg mobil terbaik yang cukup diminati banyak pecinta otomotif, yaitu dibangun dengan bahan yang kuat dan juga punya desain menarik.

Soal model, velg OZ Racing pun cukup beragam, contohnya adalah OZ Racing Supreturismo GT Limited Edition, Superturismo LM Limited Edition, hingga OZ Racing Formula HLT. Bicara harga, velg OZ Racing juga tembus puluhan juta.

Baca juga  Fungsi Hub Center Ring Velg, Piranti Kecil tapi Penting

4. Vossen, Velg Incaran Banyak Modifikator

Pelek Vossen umumnya memiliki diameter yang besar

Pelek Vossen umumnya memiliki diameter yang besar

Lebih jauh membahas velg mobil terbaik, ada Vossen yang cukup diminati banyak modifikator di Indonesia. Pelek asal Amerika Serikat itu ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 6,5 jutaan.

Beragam model tersedia untuk pasar Indonesia, seperti HF, VFS, CV, VWS, hingga S17. Seluruh produk itu ditawarkan dengan kualitas yang sangat baik.

Pasalnya proses pembuatannya dilakukan dengan standar internasional. Sebelum resmi dipasarkan, velg ini harus melalui beberapa tahapan, salah satunya tahap finishing.

Buat kalian yang tertarik dengan pelek Vossen, ukuran yang tersedia untuk pelek ini dengan diameter yang cukup besar, yakni mulai dari 19 inci hingga 24 inci.

5. Volk Rays, Velg yang Cocok Untuk Millenials

Pelek aftermarket Volk Rays, diminati banyak pecinta otomotif Tanah Air

Pelek aftermarket Volk Rays, diminati banyak pecinta otomotif Tanah Air

Terakhir membahas velg mobil terbaik, pilihannya adalah Volk Rays yang banyak jadi pilihan modifikator di Indonesia. Kiprah pabrikan velg satu ini sudah cukup panjang, pertama kali rilis di Jepang sejak tahun 1996.

Kala itu, velg ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mobil jalanan. Velg yang pertama kali diciptakan adalah seri Volk Racing TE37 palang enam. Angka 37 sendiri mengacu pada bobot velg itu sendiri, yakni 3,7 kilogram.

Berangkat dari sejarah panjang Volk Rays, biasanya kebanyakan modifikator memilih velg ini lantaran ingin menunjang tampilan mobil jadi racing look. Kalau kalian tertarik, setidaknya perlu menyiapkan dana sebesar Rp 20 jutaan untuk empat pasang.

Baca juga  Pembersih Ajaib untuk Velg Mobil, Turtle Wax Hybrid Solutions Pro!

6. HSR Wheel

velg mobil terbaik - hsr wheels

HSR merupakan merek vekg Indonesia yang diproduksi di Cina

Velg mobil terbaik selanjutnya adalah HSR Wheel. Ini adalah merek velg asli Indonesia yang ada sejak tahun 2013. Walau demikian, untuk produksinya dilakukan di Cina.

Bicara soal kualitas, HSR Wheel telah melakukan berbagai uji kelayakan produk. Mulai dari SNI (Standar Nasional Indonesia), JWL (Japan Light Alloy Wheel), hingga VIA (Vehicle Inspection Association). Jadi dalam hal durabilitas, pastinya terjamin.

Kelebihan dari pelek mobil ini adalah punya banyak pilihan desain. Lalu harganya pun terjangkau, mulai Rp 4 jutaan untuk satu set atau empat unit.

7. DnZ Wheel

velg mobil terbaik - dnz wheels

Velg DnZ diproduksi di Indonesia

Velg Jepang seperti Volk Racing, Enkei, dan SSR tentu harganya mahal menyentuh belasan hingga puluhan juta. Oleh karena itu DnZ Wheels hadir sebagai merek velg lokal dengan desain ala Jepang.

Pendiri DnZ Wheels adalah Dipo dan Ziko yang merupakan Youtuber Garasi Drift. Mereka memproduksi velg di pabrik Pako Group di Indonesia. Dengan demikian, dari sisi harga bisa cukup terjangkau. Pelek DnZ Wheels dijual mulai Rp 6 jutaan untuk satu set (4 pieces).

8. Torsion Wheels

merek velg mobil terbaik - torsion wheel

Torsion wheel punya sepak terjang di luar negerei

Merek velg mobil terbaik versi lokal adalah Torsion Wheels. Walau masih baru untuk pasar Indonesia, tapi sepak terjangnya sudah sangat lama.

Torsion Wheels melalui induknya yaitu PT Chemco Harapan Nusantara mengaku telah memproduksi velg lebih dari 10 tahun. Umumnya velg tersebut digunakan sebagai komponen original equipment manufacturer (OEM), beberapa merek kendaraan. Bahkan mereka mengklaim sudah ekspor ke Eropa.

Sementara khusus untuk pasar dalam negeri, Torsion Wheels hadir sejak 2019. Tersedia berbagai model dan ukuran velg. Harganya cukup terjangkau Rp 4,5 juta untuk satu set atau empat unit. Semoga informasi mengenai velg mobil terbaik ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika