Vespa Primavera, Skuter Klasik dengan Aksen Modern

Moladin – Ada dua tipe pengguna motor yang ada di luar sana. Pertama, mereka yang ingin teknologi dan desain paling anyar untuk menunjang gaya hidup. Namun, tidak sedikit yang menyukai sesuatu yang berbau klasik ada pada motornya seperti yang ditawarkan oleh Vespa Primavera 150.

 

Desain Klasik yang Dikembalikan

Seperti yang Moladiners ketahui, zaman sekarang pabrikan dari motor selalu berlomba-lomba dalam mengembangkan teknologi dan desain terbarunya. Hal ini membuat varian motor terbaru pasti memiliki desain yang segar dan sangat menarik untuk segera ditebus.

Tren yang terjadi sekarang ternyata tidak diikuti oleh Piaggio yang menjadi produsen dari motor Vespa. Alih-alih mengganti desain motornya, mereka justru mengembalikan desain pasca Perang Dunia II atau tahun 1950-an dengan pembaruan di beberapa sisi seperti teknologi mesin yang tersemat di dalam.

Headlamp Vespa PrimaveraDesain klasik dipertahankan | Foto: Moladin

Pada varian Vespa Primavera, Piaggio kembali memboyong desain klasik dan mempertahankan ciri khasnya. Bodi dari motor ini membulat dan bagian belakang lebih rounded. Garis lekukan di bodi bagian kiri dan kanan juga membuat motor kian klasik dan menarik.

 

Vespa Primavera 150 New

*Angsuran mulai dari

 

Pembaruan yang agak disembunyikan agar sensasi klasik tidak hilang terletak di bagian spidometer dan pelindung kaki. Di sana terdapat laci yang bisa digunakan untuk menyematkan port USB yang bisa digunakan untuk mengisi dari ponsel selama Anda melakukan perjalanan.

 

Mesin Memiliki Tarikan Halus dan Gesit

Mesin 150cc Vespa PrimaveraMesin 150cc punya tarikan yang halus | Foto: Moladin

Sisi modern dari Vespa yang mungkin jadi unggulan dari motor ini adalah teknologi bernama I-GET. Teknologi yang tidak ada pada pendahulu skuter Italian ini membuat tarikan mesin jadi halus dan nyaman digunakan untuk berkendara. Sebelumnya Vespa selalu dikenal dengan mesin yang punya getaran tinggi dan suara bising.

Vespa Primavera 150 menggunakan mesin dengan kapasitas 150 cc dan memiliki 3 katup di kepala silindernya. Dengan mesin yang tergolong besar ini kecepatan berkendara bisa ditingkatkan sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dibandingkan dengan memakai versi mesin di bawahnya.

Mesin dengan kapasitas 150 cc ini dikenal cukup responsif dan mampu melaju sesuai dengan keinginan. Dengan kondisi ini Moladiners bisa menggunakan skuter baru ini di jalanan kota untuk bergerak lebih lincah. Apalagi bodi cukup enteng dibandingkan dengan jenis motor dengan kapasitas mesin yang sama.

 

Cocok untuk Berkendara Jarak Jauh

backlamp vespa primaveraPas buat berkendara jauh | Foto: Moladin

Selama ini kita selalu menganggap kalau kendaraan seperti Vespa agak sulit melaju di jalanan apalagi untuk perjalanan agak jauh. Selain mesin bisa mengalami masalah, tubuh juga akan mudah lelah. Akhirnya motor Vespa hanya digunakan untuk perjalanan di dalam kota yang jaraknya pendek.

Vespa Primavera memiliki kelebihan dari segi jok, pijakan kaki, suspensi, dan handling. Jok motor cenderung agak tebal dan empuk. Berkendara dengan motor ini dengan jarak tempuh agak panjang tidak akan membuat Moladiners lelah berlebihan. Apalagi dengan pijakan kaki yang nyaman. Oh ya, karena desain awal motor ini untuk pasaran Eropa, Moladiners yang kakinya agak pendek akan susah untuk memijak sempurna.

Dengan bodi yang mungil dan roda yang kecil, handling bisa berjalan dengan lancar. Apalagi motor bisa bergerak gesit di jalanan. Bodi yang agak berat, meski lebih ringan dari skutik buatan Jepang, tidak akan menghalangi Moladiners untuk bergerak cepat di jalanan. Apalagi suspensinya cukup baik sehingga berbagai guncangan bisa diminimalkan.

 

Konsumsi Bahan Bakar Agak Boros

konsumsi bahan bakar vespa primaveraKonsumsi bahan bakar agak boros, 30-32km/liter | Foto: Moladin

Salah satu alasan membeli motor yang paling utama adalah bahan bakarnya yang irit. Vespa Primavera ini cenderung agak boros dibandingkan dengan jenis motor Jepang lainnya. Untuk satu liter bahan bakar hanya mampu digunakan untuk menempuh jarak sekitar 30-32 liter saja di jalanan kota.

Kalau Moladiners berada di jalanan desa, kemungkinan akan lebih irit lagi mengingat di kawasan kota ada banyak sekali macet. Kalau penggunaan skuter ini hanya untuk jarak pendek saja mungkin tidak akan jadi masalah. Namun, untuk jarak jauh, Anda butuh mengisi tangki sampai penuh berkali-kali.

 

Memiliki Fitur Pengereman yang Baik

fitur pengereman vespa primaveraFitur pengereman canggih | Foto: Moladin

Penggunaan Vespa Primavera untuk kebutuhan komersial dan mobilitas tinggi memang tidak disarankan. Namun, untuk sekadar koleksi dan penggunaan harian sangat cocok. Apalagi dengan teknologi pengereman yang cukup mumpuni sehingga aman digunakan oleh semua orang.

Vespa Primavera menggunakan teknologi ABS untuk pengereman pada roda depannya. Dengan teknologi ini, Moladiners akan lebih aman saat berkendara dan tidak akan mengalami tergelincir kalau melakukan pengereman mendadak di jalanan.

 

Vespa S 125

*Angsuran mulai dari

 

Demikianlah ulasan tentang Vespa Primavera 150, semoga bisa Moladiners gunakan sebagai referensi sebelum memutuskan membeli motor yang sesuai dengan preferensi. Vespa Primavera 150 cocok untuk Moladiners yang membutuhkan motor dengan performa gesit di jalanan dan memiliki sistem pengereman mumpuni.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *