Vespa Sprint 150, Motor Semi Klasik Cocok untuk Santai

Moladin – Vespa adalah salah satu jenis motor klasik yang tetap dipertahankan desainnya hingga sekarang. Meski ada modernisasi di beberapa sisi khususnya teknologi, desain luarnya tetap ala 1950-an. Varian Vespa Sprint 150 juga ada sensasi klasik meski lebih gesit di jalanan.

 

Desain Campuran yang Menarik

Platform bodi monocoque dari Vespa masih dipertahankan dengan baik oleh Piaggio. Desain era 1950-an ini tetap dipakai karena masyarakat lebih kenal Vespa dengan bentuknya yang penuh lembaran material baja dan lekukan klasiknya di bagian depan hingga belakang. Singkatnya, desain ini tidak akan dihilangkan dan hanya ada tambahan.

Vespa Sprint 150 New

*Angsuran mulai dari

Desain klasik tetap terlihat pada rangka luar Vespa Sprint 150. Namun, jeroan di dalamnya sedikit ada perubahan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan juga kebutuhan dari masyarakat. Misal dengan ruang penyimpanan di bawah jok yang lebih luas untuk menaruh helm atau benda apa pun.

Selanjutnya teknologi penerangan atau lampu, Vespa sudah mulai bermain-main dengan lampu jenis LED yang ukurannya kecil, tapi cahayanya sangat terang. Tambahan port USB juga disematkan pada jenis Sprint 150 ini. Dengan tambahan ini Moladiners bisa mengisi daya ponselnya sepanjang perjalanan.

headlamp vespa sprintLampu LED di bagian headlamp | Foto: Moladin

 

Mesin Lebih Gesit untuk Bergerak di Jalanan

mesin vespa sprintMesin berkapasitas 150cc dengan tekonologi I-GET | Foto: Moladin

Vespa Sprint 150 sudah menggunakan teknologi terbaru I-GET yang dikembangkan oleh Piaggio. Teknologi ini dipakai untuk mesin dengan kapasitas 150cc dan memiliki 3 katup. Teknologi ini sudah mengalami penyempurnaan dari versi sebelumnya sehingga fungsi yang didapatkan akan jauh lebih baik.

Mesin Vespa biasanya memiliki tarikan agak keras dan bunyinya agak keras. Pada versi penyempurnaan dengan I-GET tidak demikian. Tarikannya sangat halus dan jarang terdengar bunyi yang bising. Respons mesin juga cepat kalau dilakukan tarikan gas untuk meningkatkan kecepatannya.

Dengan bodi yang lebih ringan dan mesin yang cukup gesit. Moladiners bisa dengan gesit berkendara di jalanan yang agak padat. Jadi, jangan sepelekan lagi kalau Vespa hanya cocok di jalanan desa saja. Versi paling baru justru lebih lihai dari beberapa kompetitor yang memiliki kapasitas mesin sama.

 

Cocok untuk Berkendara dengan Santai

pijakan vespa sprintPunya pijakan yang bikin nyaman buat pengendara | Foto: Moladin

Yang patut diapresiasi dari varian baru Vespa Matic tahun 2017 ini adalah desainnya yang ergonomis. Saat ditunggangi, jok akan terasa nyaman dan juga empuk. Pijakan kaki juga cukup nyaman digunakan dan menyesuaikan dengan postur dari tubuh. Apalagi stang yang agak menyudut dan berbeda dengan versi Primavera 150, Moladiners bisa lebih santai saat berkendara.

Posisi center of gravity yang ada pada Vespa Sprint 150 ini cenderung lebih rendah dari jenis lainnya. Dengan posisi ini distribusi bobot akan terjadi lebih baik sehingga handling bisa berjalan dengan lebih baik. Meski kendaraan agak berat, saat digunakan di jalanan akan terasa lebih ringan.

Vespa S 125

*Angsuran mulai dari

Dengan mesin yang cukup mumpuni serta handling dan posisi duduk yang nyaman, Vespa Sprint 150 semakin kokoh sebagai Vespa yang gesit. Seperti namanya, motor ini cocok untuk bermanuver di jalanan dan menantang jalanan yang cukup ramai seperti kota besar.

Kalau Moladiners ingin bersantai seperti pelesir, motor ini juga cocok untuk menikmati perjalanan. Apalagi posisi duduknya sempurna dan kapan pun pengin melaju kencang bisa dilakukan.

 

Konsumsi Bahan Bakar agak Boros

Isu bahan bakar memang cukup besar perannya kalau Moladiners memutuskan untuk membeli motor. Vespa Sprint 150 ini dikenal memiliki mesin yang cukup besar kapasitasnya dan sama dengan Primavera 150. Dengan mesin yang besar ini bahan bakar yang dibutuhkan cukup banyak dan cenderung lebih boros.

Kalau Moladiners menggunakan motor ini jalanan kota yang agak macet dan padat setiap harinya, kemungkinan besar per liternya hanya akan mampu dipakai untuk jarak 30-32 kilometer saja. Kalau digunakan di kawasan pedesaan dan bisa santai, pemborosan bahan bakar bisa ditekan.

kosumsi bahan bakar vespa sprintKonsumsi bahan bakar agak boros | Foto: Moladin

 

Memiliki Keamanan yang Sempurna

shock depan vespa sprintShock depan berikan kenyamanan sempurna saat berkendara | Foto: Moladin

Kecepatan dan stabilitas memang sangat penting dari suatu motor. Namun, fitur keamanan juga harus disematkan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti terjadi selip dan akhirnya jatuh di jalanan.

Vespa Sprint 150 memiliki fitur ABS (Anti-lock Braking System) yang akan membuat Moladiners aman berkendara di jalanan. Mau melakukan pengereman mendadak sekali pun tidak akan masalah dan risiko tergelincir sangat rendah. Sistem ABS juga membuat motor melakukan perlambatan jauh lebih cepat.

Vespa LX 125

*Angsuran mulai dari

Suspensi dari Vespa Sprint 150 juga lebih baik dan mengurangi guncangan saat bergerak. Kalau guncangan tidak diminimalkan, Moladiners harus menahan hentakan yang kuat dan kadang bisa memicu jatuh karena terpental dan handling lepas.

Demikianlah ulasan tentang Vespa Sprint 150. Dengan menyimak ulasan di atas Moladiners akan tahu kelebihan dan kekurangan dari produk Piaggio ini. Kalau sesuai dengan keinginan dan cocok untuk menunjang gaya hidup kekinian dan modern Vespa Sprint 125 bisa digunakan untuk penggunaan harian atau koleksi.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *