Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Video Civic Type R FL5 Jadi Mobil FWD Tercepat di Nurburgring 2023!

by Baghendra Lodra
civic type r fl5 jadi mobil fwd tercepat di nurburgring 2023

Honda Civic Type R FL5 sukses menjadi mobil FWD tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Rekor ini terpecahkan dalam sebuah pengujian yang berlangsung 24 Maret 2023.

Informasi tersebut kami peroleh langsung dari rilis resmi Honda yang dikirimkan pada 20 April 2023. Dikatakan, bahwa Civic Type R FL5 mampu mencatatkan waktu 7 menit 44.881 detik. Catatan ini lebih cepat dari Renault Megane R.S. Trophy-R selaku pemegang rekor sebelumnya dengan 7 menit 45.389 detik.

Honda Motor Europe pun membuat video onboard yang menampilkan mobil ini sedang dipacu untuk memecahkan rekor Nurburgring. Bila kamu penasaran, bisa cek videonya di Youtube atau putar di bagian paling bawah dari artikel ini.

“Kami melakukan misi seperti yang enam tahun lalu kami lakukan yaitu mencetak rekor lap tercepat untuk mobil FWD sports car di sirkuit Nurburgring, Jerman dan kami berhasil,” kata Honda Civic Type R Development Leader, Hideki Kakinuma.

Sebelumnya pada 2017, Civic Type R FK8 atau model lama juga pernah sukses jadi mobil FWD tercepat di Nurburgring. Ketika itu catatan waktunya 7 menit 43.8 detik, namun masih menggunakan lintasan yang lebih pendek. Sementara sejak 2019, semua pengetesan di Nurburgring, menggunakan sirkuit yang lebih panjang atau 20,832 Km untuk satu lap.

Baca juga  Brio Jadi 'Backbone' Penjualan Mobil Honda di Oktober

Ini bukan kali pertama Civic Type R FL5 jadi mobil FWD tercepat. Hatchback berperforma tinggi tersebut juga pernah memecahkan rekor mobil FWD tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang pada tahun 2022 lalu. Catatan waktunya adalah 2 menit 23.120 detik.

Kelebihan Honda Civic Type R

civic type r fl5 jadi mobil fwd tercepat di nurburgring 2023 - sirkuit

Civic Type R saat beraksi pecahkan rekor di Nurburgring 2023

Civic Type R FL5 jadi mobil FWD tercepat di Nurburgring, salah satunya karena punya spesifikasi istimewa. Mobil yang pertama kali meluncur di Jepang pada September 2022 itu, dilengkapi mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang bisa menghasilkan torsi 420 Nm dan tenaga 319 PS.

Bila dibanding model lamanya, maka mesin tersebut naik 9 PS untuk tenaga dan 20 Nm dari sisi torsi. Tidak cuma itu, mode berkendaranya kini mendapat tambahan yaitu individual yang memungkinkan pengemudi mengatur setir, mesin, suspensi, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

“Dengan mengusung konsep pengembangan Ultimate Sport 2.0, kami mengembangkan Civic Type R generasi terbaru ini berdasarkan segudang prestasi yang kami raih pada Civic Type R generasi sebelumnya. Selain itu, kami juga yakin bahwa mobil ini merupakan satu-satunya FWD sports car yang dikembangkan berdasarkan nilai dasar Honda,” kata Hideki Kakinuma.

Baca juga  Review Honda Jazz GE8, Lebih Dari Cukup!

Di Indonesia sendiri, harga Civic Type R FL5 tembus Rp 1,399 miliar (OTR Jakarta). Tidak terlalu mahal untuk sebuah mobil sport. Hanya saja untuk bisa mendaratkannya di garasi kamu, tidak semudah itu. Pasalnya kuota untuknya sangat terbatas, maklum masih impor utuh dari Jepang.

“Kami tidak bisa pastikan yang pesan (saat ini) akan dapat di tahun ini juga. Kami berkomunikasi terus (dengan Honda Jepang) supaya alokasi tersebut bisa cukup untuk indonesia,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy saat peluncuran di Indonesia pada 30 Maret 2023.

Selain punya performa mantap sebagai mobil sport, Civic Type R FL5 juga nyaman dikendarai harian. Penyebabnya, hatchback berlogo H ini sudah dilengkapi dengan Honda Sensing. Mantap bukan?

Itulah tadi bahasan soal Civic Type R FL5 jadi mobil FWD tercepat di Nurburgring. Kalau mau lihat aksi hot hathcback ini memecahkan rekor di Jerman, cek video di bawah ini:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika