VIDEO: Modifikasi Honda C70 Bikin Si Pitung Terlihat Lebih Menawan

Honda C70 yang juga dikenal dengan nama Honda Pitung merupakan salah satu motor legendaris di Indonesia. Konon, nama Pitung sendiri berasal dari kata bahasa Jawa yaitu “pitung puluh” yang berarti tujuh puluh. Karena desainnya yang klasik dan elegan, motor lama ini cukup digemari dan masih dicari hingga kini.

Supaya terlihat semakin menarik, Honda C70 banyak dimodifikasi. Penambahan aksesori atau penggantian komponen dilakukan guna menambah nilai estetis pada kendaraan bermotor ini. Didukung oleh mesin yang membandel dan perawatan yang mudah, modifikasi Honda C70 semakin menjadi pilihan bagi pemilik motor.

 

Sekilas Tentang Honda C70

Modifikasi Honda C70 Sekilas Tentang C70

Mesin Honda C70 didukung oleh OHC 4 yang memiliki kapasitas 71.8cc. Mesin ini tidak memiliki pendingin udara. Tenaga yang dikeluarkan adalah sebesar 4.6 kW atau 6 bhp dengan putaran 9.000 rpm. Torsinya 5.3 Nm dengan putaran 7.000 rpm.

Sementara itu, bodi Honda C70 termasuk mungil. Ukuran panjangnya 1.805 mm, dengan lebar 685 mm dan tinggi 995 mm. Bobot motor ini cukup ringan yaitu 83,5 kg karena desainnya memang simpel. Meskipun demikian, kapasitas tangki bahan bakar mencapai 4 liter.

Uniknya, Honda C70 memiliki suspensi depan tipe leading link. Ini berbeda dengan suspensi motor zaman sekarang yang menggunakan teleskopik atau upside down. Untuk rem depan dan rem belakang, Honda C70 menggunakan tromol. Seperti diketahui, kekuatan tromol memang masih kalah dengan rem cakram. Namun, jika motor tidak dipacu kencang, hal ini tidak menjadi masalah.

Honda C70 memang hanya dapat berlari maksimal 80 km/jam. Angka ini sudah termasuk cepat untuk mesin yang memiliki kapasitas 83,5 kg. Untuk ukuran ban, ukurannya adalah 2,50-17-6PR dan 2,25-17-4PR.

 

SM Sport SM Classic

*Angsuran mulai dari

 

Ide Modifikasi Honda C70

Honda C70

Bagi kamu yang ingin tampil beda saat mengendarai Honda C70, melakukan modifikasi adalah solusi satu-satunya. Ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan efek menarik pada tampilannya. Berikut adalah beberapa ide modifikasi Honda C70 yang dapat dieksekusi.

  1. Modifikasi dengan gaya Thailook

Motor bebek Honda C70 dijamin akan tampak memukau jika kamu memodifikasinya dengan gaya Thailook. Pada dasarnya, konsep Thailook Style memang didesain untuk menciptakan tampilan yang unik dan khas.  Salah satu ciri utama gaya modifikasi ini adalah penggunaan ban cacing atau ban berukuran kecil. Namun, ada juga yang mengatakan ban cacing cukup berisiko untuk penggunaan harian.

Selain ban, komponen knalpot juga wajib diganti dengan model racing. Jadi, suara yang keluar lebih keras dibandingkan jika menggunakan knalpot bawaan. Sementara itu, untuk bodi motor, pemasangan aksesori berwarna-warni membuat motor bergaya Thailook sangat menarik perhatian.

  1. Modifikasi dengan konsep Drag Style

Bukan hanya motor matik, Honda C70 juga dapat dimodifikasi dengan konsep Drag Style. Pada model modifikasi ini, ban yang digunakan sama dengan gaya Thailook yaitu ban cacing. Bagian velg juga diganti dengan velg jari-jari.

Perbedaannya terletak pada variasi aksesori yang digunakan. Untuk motor bergaya Drag, desainnya harus lebih simpel sehingga motor berbobot lebih ringan. Desain ini pun sudah cocok dengan gaya bawaan dari Honda C70.

  1. Modifikasi dengan gaya Chopper

Unik, itulah kesan yang akan muncul ketika kamu mendesain ulang motor Honda C70 dengan gaya Chopper. Bukan hanya moge saja yang bisa tampil dengan model stang tinggi dan lebar ini. Meskipun demikian, tampilannya memang tidak cukup gagah karena motor Honda C70 sangat ramping.

Namun, untuk menambahkan kesan sangar, kamu dapat berinovasi di bagian ban yaitu menggunakan ban yang lebih lebar. Dengan gaya ini, tampilan Pitung otomatis berubah dari elegan menjadi terkesan gahar seperti ciri motor Chopper lainnya.

 

KYMCO Like

*Angsuran mulai dari

 

  1. Modifikasi dengan gaya Racing

Berdasarkan spesifikasi standar mesinnya, motor Honda C70 memang tidak dapat diajak melaju kencang. Namun, motor ini dapat disulap menjadi motor racing hanya dengan melakukan modifikasi pada bagian mesinnya. Mesin di-bore up supaya memiliki kapasitas lebih besar, misalnya seperti pada Honda Grand.

Selain mesin, menambahkan suspensi tabung juga akan membuat motor Honda C70 lebih stabil ketika diajak melaju di arena balapan. Bagian ban pun harus diganti dengan ban yang cocok untuk melakukan racing.

  1. Modifikasi dengan gaya klasik

Motor Honda C70 memang paling tepat dimodifikasi dengan gaya klasik. Gaya ini paling sesuai dengan tampilan standar motor yang elegan. Untuk menambahkan kesan klasik, kamu bisa menggunakan keranjang di bagian depan. Ganti juga warna jok dengan warna yang elegan. Namun, supaya tampak lebih menawan, kamu dapat mengecat keseluruhan bodinya.

Nah, inilah beberapa ide modifikasi honda C70 yang bisa kamu gunakan. Dijamin, kendaraan bermotor kamu akan terlihat sangat berbeda dengan yang lain. Berani untuk mencobanya?

 

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *