VIDEO: Modifikasi Kawasaki Ninja RR yang Tak Biasa

Modifikasi motor merupakan tren yang populer di kalangan pehobi otomotif. Dengan melakukan modifikasi, tampilan motor akan tampak lebih personal dan unik. Saat ini, bengkel yang khusus menyediakan layanan modifikasi motor pun semakin menjamur. Bagian yang diubah bisa pada bodi atau mesin. Setelah dimodifikasi, motor akan terlihat lebih mantap dan keren ketika dipacu di jalanan.

Hampir semua jenis motor bisa dimodifikasi, termasuk Kawasaki Ninja 150RR. Penggemar motor sport yang satu ini cukup banyak meskipun sudah tidak lagi diproduksi. Jika ingin memilikinya saat ini, kamu hanya bisa mendapatkan versi second. Ninja RR bisa dibilang termasuk motor legendaris di Indonesia. Performanya pun tidak perlu diragukan lagi.

 

Mengenal Kawasaki Ninja 150RR

Kawasaki Ninja 150RR

Kawasaki Ninja lahir di Jepang pada 1984. Seri pertama yang hadir di Indonesia adalah Ninja 150, yaitu pada 1996. Dengan mesin 150cc, sistem pembakaran karburator, dan silinder tunggal, Kawasaki Ninja 150 cukup berjaya pada masanya. Ninja 150 RR baru muncul di Indonesia pada 2002 lalu.  Bodinya full fairing dan dibuat di pabrik Thailand.

Bagi anak-anak muda, Ninja bukan lagi motor yang asing. Apalagi karena bodinya keren, dapat diajak melaju dengan cepat, serta bisa dimodifikasi. Kawasaki 150 RR telah menggunakan mesin dengan teknologi Super KIPS atau Kawasaki Integrated Power Vlave System).

Dengan teknologi Super KIPS, gas tidak akan terbuang pada putaran rendah secara sia-sia. Hal ini disebabkan oleh teknologi buka tutup katup. Dengan sistem ini pembuangan saat mesin berada di putaran rendah atau tinggi dapat dikontrol dengan baik. Namun, komponen ini harus rajin dibersihkan supaya geraknya tidak terhambat dan menimbulkan kemacetan.

Meskipun demikian, Kawasaki Ninja 150 RR memiliki kelemahan, yaitu kasus gas  yang menyangkut. Masalah dapat terjadi ketika gas dalam keadaan terbuka terus-menerus meskipun tuas tertutup. Biasanya, kondisi ini muncul pada musim hujan. Masalah lainnya adalah motor sulit dinyalakan jika sebelumnya telah lama tidak digunakan. Hal ini disebabkan oleh komponen karburator yang harus diatur ulang.

 

Kawasaki Ninja 250 SL

*Angsuran mulai dari

 

Modifikasi Kawasaki Ninja 150RR

Modifikasi Kawasaki Ninja 150RR

Ninja RR yang diproduksi oleh Kawasaki dapat dimodifikasi dengan konsep Japanese Style atau akrab disebut Jap’s Style. Wandi, sang owner, menganggap bahwa Kawasaki Ninja 150 RR sangat cocok dimodifikasi dengan gaya ini. Simak ulasannya berikut ini:

  • Kaki-Kaki

Ban depan dan ban belakang Kawasaki Ninja 150 RR menggunakan merek Michelin. Ukuran ban depan adalah 90/80 dan ukuran ban belakang adalah 120/70. Sementara itu, velg pada bagian depan maupun belakang menggunakan merek RCB. Masing-masing berukuran 17 inci.

Kaliper pada Kawasaki Ninja 150 RR ini menggunakan Brembo karena dianggap serasi dengan konsep Jap’s Style. Sementara itu, shockbreaker depan masih menggunakan bawaan dari Ninja RR. Namun, untuk bagian belakang, telah dimodifikasi dengan  shockbreaker dari Gazi.

Pada spakbor depan menggunakan custom carbon, demikian juga pada bagian buntut. Disc brake dan arm pun tetap menggunakan stkamurd dari Kawasaki Ninja 150 RR.

  • Mesin

Pada bagian mesin, Wandi juga tetap mempertahankan mesin stkamurd dari Kawasaki Ninja 150 RR. Perubahan dilakukan pada bagian karburator. Bagian knalpot pun diubah dengan merek AHM Stainless dengan tipe Cobra.

  • Bodi

Modifikasi tampak kentara pada cat motor yang dilengkapi dengan stiker dari Graphic Factory. Selain warna yang lebih keren, jok Kawasaki Ninja RR150 milik Wandi juga diganti sehingga menjadi lebih empuk dan nyaman saat dikendarai.

  • Dashboard

Modifikasi motor Kawasaki Ninja 150 RR juga dapat dilakukan pada bagian dashboard. Wandi menggunakan stang dari produk TZM. Sementara itu, pada bagian headlamp dipasang lampu custom LED. Pada lampu sein kanan dan kiri, tidak ada perubahan apa pun. Demikian pula pada stop lamp di bagian belakang. Keduanya masih menggunakan bawaan stkamurd dari Ninja RR.

Nah, bagian handgrip menggunakan produk Domino. Komponen lain yang dapat dimodifikasi adalah bagian spion. Bagian ini dibuat custom supaya lebih stylish dan keren.

Selain itu, bagian yang unik pada hasil modifikasi Kawasaki Ninja 150 RR ini adalah speedometernya. Ternyata, speedometer pada motor telah di-custom dengan perangkat smartphone. Jadi, di layar akan tampak berbagai informasi penting, salah satunya GPS. Bagian kunci juga dibuat telah dibuat keyless.

Inilah sejumlah perubahan yang dilakukan oleh Wandi pada motor Kawasaki Ninja RR150. Modifikasi dikerjakan oleh Layz Motor yang terletak di Jl. Arteri Kelapa II, Jakarta Barat. Biaya yang dikeluarkan oleh Wandi untuk menyelesaikan proyek modifikasi ini adalah Rp15.000.000.

Nah, bagaimana menurut kamu, hasilnya menakjubkan bukan? Jika ingin mengubah tampilan motor Kawasaki Ninja 150 RR milik kamu dengan Jap’s Style, semoga ulasan dan video kali ini dapat memberikan inspirasi bermanfaat. Selamat mencoba!

Ingat Motor, Ingat Moladin!

 

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *