oleh

Volvo Balik Ke Indonesia, Cuma Jual Mobil Listrik?

Akhirnya Volvo balik ke Indonesia pada tahun ini. Merek mobil asal Swedia tersebut memang sudah lama tidak terdengar kabar beritanya.

Terakhir pada 2017, Volvo sempat muncul di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Di sana mereka meluncurkan empat model anyar. Hanya saja setelah pameran usai, Volvo juga ikut menghilang dari Tanah Air.

Pada 2022, Volvo balik ke Indonesia dengan pemegang merek baru yaitu PT Leading Vision Otomotif (LVO). Kantornya sendiri, saat ini masih dalam tahap persiapan, berada di Menteng, Jakarta Pusat.

Rencananya pada kuartal tiga tahun 2022, di sana siap berdiri showroom untuk penjualan dan bengkel servis Volvo. Plus, mereka bakal meluncurkan produk anyar dari model Recharge alias mobil listrik.

“Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan kembali Volvo Cars di Indonesia dengan LVO sebagai mitra kami melalui rangkaian mobil listrik yang menarik,” kata Head of Volvo Cars, Nick Connor dalam rilis resmi yang kami terima, Selasa (1/3/2022).

Sebagai informasi, Recharge merupakan nama lain untuk produk pure electric dan plug-in hybrids dari Volvo. Hingga sekarang produk yang dijual sudah banyak sekali, mulai dari SUV, sedan, hingga station wagon atau estate.

Baca juga  Toyota Indonesia Produksi Mobil Listrik Tahun 2022, Innova Hybrid?

Lalu bagaimana dengan mobil Volvo bermesin konvensional atau internal combution engine (ICE)? Apakah masuk Indonesia juga? Berikut bahasannya.

Kemungkinan Kecil, Volvo Mesin Bensin Masuk Indonesia

Volvo balik ke indonesia
Volvo C40 Recharge kemungkinan yang bakal dijual di Indonesia

Sesungguhnya Volvo balik ke Indonesia sudah jelas akan membawa mobil listrik atau model Recharge. Hanya saja tidak menutup kemungkinan versi mesin bensinnya bakal masuk sini.

“Kami belum bisa share (untuk yang mesin konvesional). Informasi yang kami bisa share, ini semuanya yang recharge,” kata Ratih Marketing & PR Manager LVO, Ratih Perdanakusuma saat Moladin hubungi via telepon.

Walau demikian, yang perlu kalian tahu, sampai sekarang Volvo global sudah tidak lagi menjual mobil bermesin bensin murni. Jadi, minimal versi mild hybrid.

Dalam artian, mobil mild hybrid Volvo bisa melaju dengan cukup isi bensin. Tapi, tetap ada bantuan dari sistem hybrid untuk mengurangi emisi dan menghemat BBM. Contoh produknya antara lain: XC40, V60, S90, serta masih banyak lagi.

Lalu kira-kira produk apa yang bakal masuk Indonesia nantinya? Sungguh masih misteri. Hanya saja prediksinya adalah Volvo C40 Recharge. Kenapa?

Baca juga  Cek 5 Fitur Unggulan Mitsubishi Outlander PHEV

Volvo C40 merupakan sebuah SUV atau crossover. Saat ini, permintaan model seperti itu di Tanah Air sedang tinggi. Lalu dari sisi desian juga sangat menarik, punya lekukan-lekukan unik di bagian belakangnya.

Jika melihat Instagram resmi Volvo Indonesia yaitu @volvocarsid, C40 juga yang ditampilkan. Walau memang, hanya bagian belakangnya.

Untuk awal, kemungkinan Volvo C40 dulu yang dijual di Tanah Air. Ini sesuai dengan pernyataan LVO, mereka siap menghadirkan model Recharge di Indonesia.

Hanya saja ke depannya, bukan tidak mungkin plug-in hybrid juga ikut dihadirkan. Lalu untuk mesin bensinnya atau mild hybrid, sepertinya kecil kemungkinan.

Mari kita tunggu saja sama-sama gebrakan Volvo balik ke Indonesia dengan mobil listrik pada 2022. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru