oleh

VW Golf Edisi 20 Tahun, Top Speed 270 Kpj

VW Golf edisi 20 tahun dirilis. Hal ini dilakukan untuk merayakan 20 tahun lahir VW Golf di dunia.

VW Golf untuk ulang tahun ke-20 ini berakronim VW Golf R 20 Years. Mobil ini ditujukan untuk konsumen terbatas dan hanya akan diproduksi selama satu tahun saja di pabrik Wolfsburg, Jerman tempat lahirnya model tersebut.

Soal performa, VW Golf R 20 Years tersebut memilki kemampuan di atas seri lainnya. Dengan dipasangi oleh jantung pacu 2.0 liter 4-silinder Turbocharged yang menghasilkan tenaga 328 hp.

“Mesin ini sanggup melesatkan VW Golf R 20 Years dengan top speed hingga 270 km/jam dibatasi limiter. Sedangkan 0-100 km/jam dicapai hanya dengan waktu 4,6 detik saja,” tulis VW.

Volkswagen Group dalam keterangan resminya, dikutip 16 Juni 2022, VW Golf R 20 Years diberi penggerak all-wheel drive (AWD) 4Motion. Yang dimaksimalkan dengan paket elektronik seperti R-Performance Torque Vectoring berikut Vehicle Dynamics Manager, yang mengatur kontrol kendaraan berikut mesinnya.

Ada juga fitur Emotion Start yang membuat kita layaknya seperti mau memulai start di sirkuit. Kenikmatan berkendara juga diakomodir melalui sistem transmisi semi-otomatis DSG (direct-shift gearbox) yang dapat dipindahkan secara manual melalui paddle shift di balik lingkar kemudi.

Baca juga  Mobil Baru Honda Siap Meluncur, 4 Produk Sekaligus?

Hatchback tersebut, juga disematkan beberapa mode mengemudi seperti Drift dan Special Modes yang dapat digunakan sesuai keinginan.

Terdapat 2 warna yang tersedia untuk VW Golf edisi 20 tahun yaitu biru dan putih. Model tersebut makin keren lantaran disematkan spoiler atap, dan penggunaan velg Estoril 19 inci, di samping logo R-Performance menghias pilar jendela dan garnish fender.

Logo tersebut tak hanya berada di eksterior saja, tetapi juga diaplikasikan di lingkar kemudi yang di dalamnya terdapat beberapa tombol navigasi. Panel dashboard dan trim pintu disematkan material serat karbon untuk menegaskan kesan sporty hot hatch tersebut.

Untuk melengkapi performa tinggi model edisi khusus tersebut, disematkan sistem bantuan pengemudi IQ.Drive, meliputi Travel Assist, Adaptive Cruise Control, Active Blind Spot Monitor, Lane Assist, dan Rear Traffic Alert menemani fitur Parking Distance Control dan Park Assist.

Harga VW Golf R 20 Years, Nyaris Satu Miliar!

VW Golf edisi 20 tahun
Tampilan belakang VW Golf R 20 Years.

Mobil VW Golf edisi 20 tahun akan tersedia di pasar Eropa dan Amerika Utara pada pertengahan tahun ini, dan di Jerman. Harganya 59.995 euro, nyaris menyentuh harga satu miliar atau sekitar Rp 927 jutaan. 

Baca juga  5 Fakta Honda Jazz Vs Toyota Yaris, Konsumen Wajib Tahu

Sebelumnya pada awal tahun ini VW Golf juga merilis versi wagon untuk menyasar keluarga muda. Adalah VW Golf R Estate yang jarak sumbu rodanya lebih panjang dibanding 66 mm dibanding versi hatchback.

Kabinnya sendiri memiliki dua baris bangku untuk 5-orang. Hanya saja yang istimewa justru muncul di bagasi dengan kapasitas 611 liter. Ruangan sebesar itu tentu bisa dipakai meletakkan berbagai barang keluarga, seperti stroller bayi, tas pakaian anak, dan lain-lain.

Jika bangku baris keduanya dilipat, maka tercipta ruang bagasi yang semakin luas. VW mengklaim kapasitasnya mencapai 1.642 liter.

Demikian ulasan terkait VW Golf edisi 20 tahun. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru