Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid, Mending Mana?

by Firdaus Ali
Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid

Mengulas Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid tentu saja menarik. Sebab, kedua mobil ini sama-sama bergaya SUV, berteknologi hybrid, hingga memiliki harga kompetitif.

Walau memang, baik Almaz Hybrid dan Corolla Cross Hybrid punya kelebihannya masing-masing. Ambil contoh, kalau kamu mau SUV dengan kabin yang muat 7-orang, fitur-fitur canggih seperti IoV (Internet of Vehicle) dan WIND (Wuling Indonesia Command) maka bisa pilih merek Wuling. Ditambah lagi, harga Almaz Hybrid sangat terjangkau yaitu Rp 470 juta (OTR Jakarta).

Sementara bila menginginkan mobil dengan konsumsi BBM lebih irit, maka opsinya bisa beli Corolla Cross Hybrid. Walau memang, dari sisi harga lebih mahal yaitu tembus Rp 540,9 juta (OTR Jakarta).

Mau tahu lebih detail soal komparasi Toyota Corolla Cross vs Wuling Almaz Hybrid? Berikut bahasan lengkapnya.

Dimensi Wuling Almaz Lebih Bongsor, Mampu Menampung 7-Orang

interior almaz hybrid - jok baris kedua

Almaz Hybrid merupakan satu-satunya SUV 7-seater hibrida di Indonesia

Pembahasan Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid yang pertama adalah dari sisi dimensinya. Di atas kertas, SUV merek Cina punya eksterior lebih bongsor. Panjangnya 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm, serta jarak sumbu rodanya 2.750 mm. 

Baca juga  Segini Hasil Uji Keselamatan Nissan Kicks, Memuaskan?

Hal ini membuat Almaz Hybrid memiliki kabin luas alias muat sampai 7-orang. Konfigurasi joknya, 2 di depan, 3 di tengah, dan 2 di belakang. Belum lagi di dalam kabin SUV ini tersedia fitur-fitur kenyamanan seperti WIND dan IoV yang belum dimiliki oleh Corolla Cross Hybrid.

Sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid cuma memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.640 mm. Perbedaan dimensi tersebut, berimbas pula ke kapasitas penumpang SUV Toyota ini yang cuma bisa menampung 5-orang. Maklum joknya cuma ada dua baris.

Performa Mesin Almaz Hybrid Lebih Unggul

Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid

Mesin bensin 2.000 cc dikawinkan dengan motor elektrik untuk menghasilkan performa istimewa di Almaz Hybrid

Selanjutnya, ulasan mengenai pertarungan Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid berlanjut pada sektor jantung pacunya. Di atas kertas, performa Almaz Hybrid lebih unggul dibanding Corolla Cross Hybrid.

Hal ini dikarenakan Almaz Hybrid dibekali dengan mesin 1.999 cc (2.0 L), non-turbo 4-silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan diklaim  mencapai 123 hp pada 5.600 rpm serta torsi puncaknya 168 Nm pada rentang 4.000 rpm hingga 4.400 rpm.

Baca juga  Asuka Car TV Rilis Head Unit Baru Untuk Pajero dan Fortuner

Untuk motor listriknya, di atas kertas bisa menghasilkan tenaga hingga 174 hp dan torsi 320 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan motor listriknya disalurkan melalui Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Sementara untuk spesifikasi mesin Toyota Corolla Cross Hybrid mengadopsi mesin berkapasitas 1.789 cc (1.8 L), non-turbo 4-silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan diklaim sebesar 96,6 hp pada 5.200 rpm serta torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Kemudian, motor listriknya mempunyai tenaga sebesar 72 hp dan torsinya mencapai 163 Nm. Tenaga yang dihasilkan dari kedua sumber tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi otomatis Continuous Variable Transmission (CVT).

Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Irit

toyota indonesia produksi mobil listrik tahun 2022

Toyota Corolla Cross Hybrid bisa menghemat BBM hingga 23,3 Km/liter

Selanjutnya untuk konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid, ternyata lebih irit dibanding Wuling Almaz Hybrid. Hal ini dikarenakan kapasitas mesin di SUV pabrikan berlogo T lebih kecil yaitu cuma 1.789 cc. Alhasil bisa menghemat BBM hingga 23,3 Km/liter.

Berbeda dengan Wuling Almaz Hybrid cuma bisa mencapai angka irit 19 Km/liter. Wajar, karena memang kapasitas mesinnya tembus 1.999 cc. Walau demikian, konsumsi BBM Almaz Hybrid ini sudah jauh lebih baik dibanding Almaz RS yang pakai mesin 1.500 cc turbo. Pasalnya Almaz dengan mesin konvensiona cuma bisa menghemat 10 km/liter

Fitur Keselamatan Almaz Hybrid Lebih Lengkap

Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid

Almaz Hybrid sudah dilengkapi fitur ADAS

Bicara fitur keselamatan, siapa lebih baik antara Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid? Dari hasil riset kami, SUV lima berlian telah dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi ADAS tersebut terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Intelligent Cruise Assistance (ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kemudian ada pula fitur Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), serta Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatan Corolla Cross Hybrid. Mobil SUV Hybrid yang diimpor dari Thailand ini mempunyai fitur keselamatan rem ABS+EBD, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS),  sensor parkir depan dan belakang, serta kamera parkir. Sesungguhnya, fitur-fitur itu juga telah dimiliki oleh Almaz Hybrid.

Walau demikian, ada yang jadi kelebihan Toyota Corolla Cross Hybrid untuk keselamatan yaitu dari sisi jumlah airbag yang mencapai 7 titik. Dengan demikian, setiap orang yang di dalam kabin baik di jok depan dan belakang bisa terlindungi ketika terjadi kecelakaan. Sementara Wuling Almaz Hybrid cuma punya 4 titik airbag, khusus untuk melindungi pengemudi dan penumpang di jok baris pertama.

Pilihan Warna Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Banyak dan Punya Cat Mentereng

Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid

Pilihan warna Corolla Cross Hybrid lebih lengkap

Pembahasan Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross selanjutnya adalah dari pilihan warna yang disediakan. Dalam hal ini, Toyota Corolla Cross Hybrid punya 7 opsi: Attitude Black Metallic (hitam), Platinum White Pearl (putih), Metal Stream Metallic (abu-abu), Nebula Blue Metallic (biru), Red Mica Metallic (merah), Graphite Metallic (cokelat), dan Celestite Gray Metallic (abu-abu kebiruan).

Sementara untuk pilihan warna Wuling Almaz Hybrid hanya ada 4: Aurora Silver, Starry Black, Pristine White dan Carnelian Red. Oh ya yang menarik, 3 pilihan warna dari Almaz Hybrid (kecuali Starry Black) mengusung two tone. Di mana untuk pilar jendela sampai atapnya berwarna hitam.

Harga Almaz Hybrid Lebih Murah

Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid

Harga Almaz Hybrid lebih murah dari Corolla Cross Hybrid

Membahas rivalitas Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid tentu kurang lengkap tanpa membahas harga dari kedua mobil tersebut. Harga Wuling Almaz Hybrid adalah Rp 470 juta. Sedangkan untuk harga Toyota Corolla Cross Hybrid di angka Rp 540,9 juta. Kedua harga tersebut berlaku OTR DKI Jakarta.

Oh ya, setiap pembelian Wuling Almaz Hybrid, konsumen juga secara otomatis akan mendapatkan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi baterai 8 tahun atau 120.000 kilometer, garansi komponen utama motor listrik 3 tahun atau 60.000 kilometer, dan garansi transmisi DHT 5 tahun atau 100.000 kilometer.

Tidak ketinggalan untuk pembelian Toyota Corolla Cross Hybrid ada gratis servis berkala sampai dengan servis berkala ke-6 maksimum 4 tahun atau 50,000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang termasuk di dalamnya gratis biaya jasa dan suku cadang. Selain itu, tersedia pula warranty selama 36 bulan atau 100.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang berlaku di seluruh bengkel resmi Toyota. Untuk pelanggan varian HEV di Indonesia juga mendapatkan tambahan battery warranty 2 tahun atau 50.000 km sehingga total menjadi 5 tahun atau 150.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu).

Jadi, kamu lebih pilih Wuling Almaz Hybrid atau Toyota Corolla Cross Hybrid? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika