by

Yamaha F155, Motor Bebek Sport dari Masa Depan!

Mungkin kamu belum pernah dengar nama Yamaha F155. Wajar, karena motor ini pertama kali hadir di Vietnam pada akhir Desember 2020.

Hanya saja F155 tidak dijual untuk umum. Kuda besi tersebut merupakan versi prototype yang khusus ditampilkan saat seremoni peluncuran Exciter 155 atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai MX King.

Tampilan motor prototype tersebut memang mirip dengan MX King, namun perbedaannya lebih banyak. Yamaha F155 jauh lebih sporty, lantaran menggunakan rangka deltabox, knalpot underbelly, swing arm kekar, hingga suspensi depan upside down.

Kemudian terlihat jelas bahwa, motor bebek ini siap untuk melaju di sirkuit. Ciri khasnya menggunakan jok single seater serta ban gundul. Tidak ada spion, lampu sein,

“Menurut perwakilan Yamaha Vietnam, F155 dibuat di Jepang dengan total nilai 10.000.000 USD (setara Rp 1,4 miliar),” seperti dikutip dari laman media Vietnam, Motosaigon.

Ingin tahu lebih jauh soal Yamaha F155, simak bahasan berikut:

Prototype Yamaha F155, Lebih Mirip Motor Sport

prototype yamaha f155
Rangkanya menggunakan deltabox, kemudian suspensi depan sudah upside down

Bila kamu perhatikan secara detail, di bagian sayap motor tertulis nama Prototype F-155 (Concept). Lalu ada kalimat: “pengembangan protoytpe ini untuk konsep Exciter 202X generasi selanjutnya”.

Baca juga  Perbandingan Nmax dan PCX Terbaru, Beli yang Mana?

Jadi bisa disimpulkan bahwa Yamaha F155 merupakan wujud Exciter atau MX King di masa depan. Kalau benar demikian, pabrikan garputala benar-benar melakukan terobosan besar.

Kamu dapat melihat keunggulan F155 lewat tampilannya. Banyak sekali komponen yang sepertinya mengambil dari motor sport R15 dan R25.

Lihat saja bagian tameng yang sungguh mirip paras Yamaha R25, lengkap dengan lubang udara di antara lampu depan. Bahkan di Yamaha F155 ada tambahan winglet yang terintegrasi dengan sayapnya. Lalu untuk pelek, juga pakai kepunyaan motor sport 250 cc tersebut.

Adopsi komponen Yamaha R15 tampak dari penggunaan, bodi belakang berlapis dan rangka deltabox. Pastinya kemunculan semua komponen ala motor sport tersebut menjadikan Yamaha F155 seharusnya lebih nikmat untuk ditunggangi.

Lalu kapan Yamaha F155 bakal hadir sebagai produksi massal? Sabar, karena sesungguhnya generasi anyar dari Exciter atau MX King baru saja seumur jagung. Itu pun cuma di Vietnam, Indonesia belum kebagian unitnya sama sekali. Mungkin 2021, pasar Tanah Air bakal kedatangan Yamaha MX 155 VVA. 

Baca juga  Perbedaan RX King Cobra dan RX King Master, Awas Salah!

Daripada menunggu kelahiran F155 yang masih lama, lebih baik para penunggang MX King gunakan sebagai inspirasi modifikasi. 

Spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA

yamaha mx king 155 vva
Ini merupakan Yamaha Exciter 155 VVA atau MX King 155 VVA yang meluncur di Vietnam pada akhir 2020

Buat kamu yang belum tahu spesifikasi Yamaha Exciter 155 VVA terbaru atau MX King 155 VVA, motor bebek tersebut mengalami banyak sekali perubahan dibanding model lama. Dari sisi mesin sudah naik kapasitas dari 150 cc ke 155 cc. Hal ini karena pabrikan garputala mengadopsi jantung mekanis kepunyaan R15.

Kini torsi puncak yang bisa dihasilkan mencapai 14,4 Nm pada 8.000 rpm dan tenaga maksimal 17,7 hp pada 9.500 rpm. Sistem transmisi mengandalkan 6-percepatan manual. Di atas kertas, performa itu sudah meninggalkan kompetitor motor bebek sport yaitu Honda Supra GTR 150.

Lalu ada berbagai teknologi modern yang membuatnya semakin istimewa. Sebut saja sistem keyless untuk mencegah maling. Tidak ketinggalan power charger yang bisa dimanfaatkan mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Tertarik punya Yamaha MX King 155 VVA terbaru? Mari kita tunggu saja kedatangannya di Tanah Air. Semoga pada tahun 2021!

Baca juga  Motor Retro Yamaha XSR250 Siap Meluncur?

Terbaru