Yamaha Force 155 Terbaru, Mirip Aerox Setang Telanjang

Yamaha Force 155 Terbaru – Keluarga motor matik Yamaha berkapasitas mesin 155cc punya beragam model. Bukan cuma Nmax dan Aerox saja. Di luar negeri, ada model lain seperti Yamaha Force 155 terbaru yang meluncur di Taiwan pada 15 Mei 2020.

Motor matik ini memang hadir untuk pasar Taiwan. Meski demikian, bukan tidak mungkin bakal hadir ke Tanah Air pada kemudian hari.

Terlebih bila melihat spesifikasi Yamaha Force 155 yang cocok dengan selera masyarakat Indonesia. Sebut saja mesin berperforma tinggi, bagasi luas, fitur modern, dan desain sportif. Bicara desain, sekilas bentuknya mirip Aerox namun dengan revisi berupa dek rata dan setang telanjang.

Mau tahu lebih detail soal Yamaha Force 155 terbaru? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut samapi habis:

Yamaha Force 155 Pakai Setang Telanjang dan Dek Rata

Saudara Yamaha Aerox 155
Motor matik 155cc di Indonesia, belum ada yang mengaplikasikan setang telanjang seperti Force 155

Ciri khas Yamaha Force 155 memiliki setang telanjang dan dek rata. Desain seperti ini belum dipunya oleh Maxi Yamaha Indonesia. Ada juga Lexi yang pakai dek rata, namun setangnya tetap tertutup kover.

Kehadiran setang telanjang di Yamaha Force 155 menambah aura motor jalanan. Sementara dek rata, menjadikan kepraktisannya lebih baik terutama saat ingin membawa banyak barang.

Aura sportif di Yamaha Force juga cukup kuat. Lihat saja desain bodi yang banyak menggunakan sudut. Lampu depannya punya desain terpisah, kiri dan kanan layaknya motor sport. Kemudian di belakang, ada lampu sein yang terpisah dari lampu rem. Ditambah lagi penggunaan sepabtor model gantung.

Hal unik lain dari Yamaha Force 155, suspensi belakangnya pakai model monoshock. Walau begitu, monoshock-nya tidak seperti Lexi yang desainnya berdiri di satu-sisi. Motor matik produksi Taiwan ini punya suspensi miring, seperti motor sport.

Soal ukuran ban, pakai dimensi lebar. Karet bundar depannya menggunakan ukuran 120/70-13 inci dan belakang 130/70-13 inci. Kemudian tinggi joknya cuma 805 mm, lebih tinggi dibanding Nmax dan Aerox yang dijual di Indonesia.

Dimensi Force 155, bongsor layaknya Maxi Yamaha. Spesifikasi panjangnya 1.990 mm, lebar 715 mm, dan tinggi 1.115 mm. Bobot motor ini juga cukup berat, mencapai 141 Kg.

Khusus Yamaha Force 155 terbaru, tersedia empat pilihan warna anyar: hitam, abu-abu gelap, abu-abu pekat, dan putih. Semua kelir bodi itu hadir tanpa grafis, sehingga kesan elegan ala Maxi Yamaha begitu terasa.

Baca juga:

Mesin 155cc Tanpa VVA

mesin yamaha force 155
Yamaha Taiwan tidak pernah menyebutkan penggunaan katup variabel di mesin ini

Bila melihat konfigurasi mesin Force 155, sekilas mirip dengan Yamaha Aerox dan Nmax. Kapasitas 155cc, berpendingin cairan, satu silinder, dan punya empat katup. Hanya saja, ternyata ada bedanya yaitu tidak pakai katup variable (VVA).

Meski tanpa VVA, mesin ini tetap punya performa mantap. Tenaga maksimalnya disebut-sebut oleh media Taiwan mencapai 15 hp. Artinya performa tersebut masih mirip dengan Nmax dan Aerox.

Jantung mekanis hebat tersebut juga didukung penggunaan ban lebar dan jarak sumbu roda panjang. Alhasil ketika diajak berkendara dalam kecepatan tinggi sambil bermanuver, rasanya sungguh menyenangkan.

Kelebihan lain dari motor ini, punya tangki bensin besar mencapai 7,4 liter. Tidak cuma itu konsumsi bahan bakarnya juga cukup impresif dengan 36,8 Kpl.

Soal fitur, Yamaha Force 155 terbaru memang tidak sehebat Nmax dan Aerox. Meski demikian, cukup untuk motor 150cc. Sebut saja panel instrumen digital dengan berbagai informasi penting, seperti kecepatan, putaran mesin, jam, dan lain-lain.

Kemudian di bawah jok, ada bagasi luas yang bisa menampung helm serta berbagai peralatan berkendara. Sistem pengereman juga telah cakram di keuda roda.

Hanya saja untuk sistem pencahayaan masih bohlam, tidak pakai LED. Keuntungan bohlam, harganya tidak semahal LED ketika terjadi kerusakan. Sistem keyless pun belum tersedia. Yamaha Force 155 terbaru masih mengandalkan anak kunci dengan pengaman magnet.

Harga Yamaha Force 155 Terbaru

Banyak fitur yang hilang bila dibanding Maxi Yamaha Indonesia, sebut saja tidak ada lampu LED, SSS, dan ABS

Di Taiwan, harga Yamaha Force 155 terbaru mencapai 90.000 TWD atau setara Rp44 jutaan. Meski begitu, bila masuk Indonesia pasti harganya lebih murah. Kenapa?

Taiwan memang dikenal punya harga motor yang di atas rata-rata. Kemudian bila melihat spesifikasi Force 155 terbaru, harusnya kelasnya ada di bawah Aerox dan Nmax. Pasanya motor ini tidak punya katup variabel, lampu belum LED, dan tidak punya fitur-fitur tambahan seperti power charger, ABS, dan stop & start system (SSS).

Lantaran itulah, bila Force 155 masuk dan diproduksi di Indonesia tentu harganya lebih murah dari Aerox dan Nmax. Bukan tidak mungkin di sedikit di atas Lexi, sekitar Rp25 jutaan. Tertarik?

Kalau tidak meluncur di Tanah Air, setidaknya kamu bisa menjadikan Force 155 sebagai inspirasi modifikasi. Terutama untuk Yamaha Aerox 155, karena punya kemiripan garis desain.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *