Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Yamaha MT-09 Terbaru, Semakin Buas!

by Baghendra Lodra
yamaha mt-09 terbaru

Motor naked sport, Yamaha MT-09 terbaru resmi meluncur di Eropa. Kuda besi ini mendapat penyegaran menyeluruh. Bukan cuma desain, tapi juga fitur dan performa mesin.

Bicara tampilan, kamu bisa melihat perbedaan dari lampu depan yang kini berdesain tunggal. Alhasil sosoknya semakin mirip robot pembunuh. Di bagian buritan juga terdapat penyegaran, sepatbor pakai gaya menggantung layaknya motor sport.

Perbedaan lain ada di pelek, desainnya semakin tegas. Kemudian bobot pelek forged alloy yang digunakan lebih ringan 700 gram dibanding model lama. Yamaha mengklaim penggunaan pelek anyar bisa mengurangi momen inersia di belakang hingga 11 persen.

Jika melihat spesifikasi di atas kertas, Yamaha MT-09 terbaru memiliki dimensi yang lebih panjang dan tinggi dibanding model lama. Hanya saja untuk lebar, versi gres ini dibuat lebih ramping.

Rival Kawasaki Z900 dan BMW F900R ini punya dimensi panjang mencapai 2.090 mm, lebar 795 mm, dan tinggi 1.190 mm. MT-09 juga memiliki jok yang semakin tinggi dengan ukuran 825 mm. Sementara itu ukuran bannya tidak berubah, pakai 120/70-17 inci di depan dan 180/55-17 inci di belakang.

Baca juga  Beda Tiga Tipe Yamaha Lexi, Mana yang Pas Buat Kamu?

Performa Mesin Yamaha MT-09 Terbaru Meningkat Drastis

yamaha mt-09 terbaru

Jantung mekanisnya menggunakan kubikasi yang lebih besar, alhasi torsi dan tenaganya meningkat tajam.

Walau sama-sama pakai konfigurasi tiga silinder, namun mesin Yamaha MT-09 terbaru jauh berbeda dengan versi lama. Kini kubikasinya lebih besar mencapai 889cc dan sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Penyegaran hadir di komponen intake dan gas buang yang bisa menghasilkan suara mesin lebih indah sekaligus akselerasi semakin buas.

“Mesin 899cc berpendingin cairan, tiga silinder ini merupakan pengembangan terbaru yang lebih ringan, cepat, dan bertenaga,” seperti dikutip dari laman resmi Yamaha Eropa.

Dengan mesin anyar, Yamaha MT-09 terbaru bisa melontarkan torsi puncak hingga 93 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 119 PS pada 10.000 rpm. Performa ini meningkat 5,5 Nm serta 4 PS dibanding model lama.

Supaya lebih sempurna, rangka sebagai tempat bersandarnya mesin MT-09 model 2021 pun mendapat revisi. Desainnya lebih ringkas menggunakan CF die-cast aluminium yang lebih ringan, langsing, sekaligus kokoh.

Baca juga  10 Motor Terbaru 2020 yang Menarik Dibeli!

Kombinasi mesin dan rangka anyar, menjadikan All New Yamaha MT-09 semakin irit bahan bakar. Pabrikan garputala mengklaim efisiensi motor MT-Series ini meningkat 9 persen.

Fitur-Fitur All New Yamaha MT-09

yamaha mt-09 terbaru

Yamaha MT-09 terbaru sudah pakai panel instrumen layar TFT.

Bicara fitur, Yamaha MT-09 terbaru sungguh sangat modern. Salah satu yang menarik kehadiran 6-axis IMU hasil turunan dari Yamaha R1. Alhasil kuda besi bergaya telanjang ini punya teknologi layaknya motor balap.

Di dalamnya kini tersemat fitur 3-mode traction control system (TCS), slide control system (SCS), frot wheel lift control system (LIF), quick shifter system (QSS), dan brake control system (BC). Gabungan semua itu menjadikan berkendara dengannya lebih selamat sekaligus menyenangkan, meski melewati berbagai kondisi jalan.

Ada pula panel instrumen dengan layar TFT 3,5 inci di motor Yamaha MT-09 terbaru. Dengan indikator warna-warni, pastinya pengendara bakal lebih mudah membaca segala informasi tentang motor naked sport ini. Informasi yang bisa diberikan mulai dari jam, putaran mesin, konsumsi bbm, jarak tempuh, temperatur, serta gear shift indicator.

Baca juga  Beda 3 Varian Yamaha Fino: Sporty, Premium, dan Grande

Tertarik punya? Yamaha MT-09 terbaru sampai sekarang belum dijual bebas. Di Eropa pengumuman harganya kemungkinan terjadi pada tahun depan, lalu motor bisa sampai ke dealer-dealer tepatnya Maret 2021.

Dengan demikian, motor ini masuk Indonesia pasti bakal lebih lama. Bukan tidak mungkin pada 2022. Apalagi Yamaha Indonesia baru saja meluncurkan MT-09 facelift pada pertengahan 2020. Jadi kalau tahun depan sudah hadir lagi versi anyar, agaknya terlalu cepat. Buat kamu yang menunggu, sabar ya!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika