by

Yamaha MX King 155 VVA Meluncur 29 Desember 2020

Akhirnya Yamaha siap meluncurkan MX King 155 VVA pada akhir 2020. Hanya saja bukan di Indonesia, melainkan Vietnam. Di negara berlambang bintang tersebut, MX King dikenal dengan nama yang berbeda yaitu Exciter.

Peluncuran motor bebek sport itu berlangsung pada 29 Desember 2020. Informasi ini kami dapat setelah Yamaha Vietnam merilis video teaser dengan judul: Little YZF-R1.

Jika melihat siluet gambar yang ditampilkan serta berbagai bocoran, kemungkinan besar motor itu adalah Exciter atau Yamaha MX King 155 VVA. Dengan demikian Vietnam bakal jadi negara pertama di dunia yang memperoleh versi terbaru dari motor bebek sport Yamaha.

Pabrikan garputala juga bakal memperkenalkan 100 unit kuda besi edisi spesial. Entah apa perbedaannya dengan versi standarnya nanti, tapi yang jelas masyarakat negara tetangga sudah bisa melakukan pemesanan lewat laman resmi Yamaha Vietnam dari sekarang.

Ingin tahu spesifikasi lengkap motor Yamaha Exciter 155 VVA atau MX King 155 VVA? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Mesin R15 Hadir di MX King 155 VVA

MX King terbaru
Pakai mesin R15, tentu performanya jadi jauh lebih hebat

Dari berbagai bocoran yang kami dapat, spesifikasi Exciter atau MX King 155 VVA bakal sangat istimewa. Salah satunya kehadiran mesin motor sport Yamaha R15 yang sudah mengadopsi teknologi katup variabel (VVA).

Baca juga  Yamaha TMax 20th Anniversary Meluncur, Cuma 560 Unit

Kehadiran VVA di motor bebek ini bukan hal aneh, karena pasti terjadi. Awalnya R15 menurunkan jantung mekanis tersebut ke Vixion R, kemudian giliran MX King pasti akan datang. Ternyata di Vietnam, 29 Desember 2020 merupakan waktunya.

Alhasil dengan mesin baru, performanya bakal superior. Kalau melihat spesifikasi R15, maka MX King 155 VVA mampu melontarkan torsi hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga 19,04 hp pada 10.000 rpm.

Mungkin bakal ada sedikit penyesuaian, sehingga tidak terlalu buas. Meski begitu, tetap saja bakal istimewa.

Jika masuk Indonesia, tentunya motor ini bakal mengalahkan kompetitornya yaitu Honda Supra GTR 150. Pasalnya bebek sport Honda tersebut cuma mampu melontarkan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 16,09 hp pada 9.000 rpm.

Soal fitur-fitur MX King 155 VVA, belum terlalu jelas. Meski begitu bukan tidak mungkin assist & slipper clutch yang ada di R15, ikut diwariskan.

Fitur Keyless untuk Keamanan

MX King 155 vva
MX King 155 VVA memiliki fitur keyless dan power charger seperti Yamaha Aerox 155

Yamaha Exciter atau MX King 155 VVA juga diketahui siap mendapat berbagai fitur modern. Sebut saja keyless yang mampu mencegah maling membobol motor.

Baca juga  3 Syarat Ikut Kompetisi Modifikasi Yamaha XSR155

Keyless di sini menggantikan kunci konvensional dengan remote dan kenop pintar. Jadi untuk mengaktifkan mesin, cukup letakkan remote ke saku, lalu tekan dan putar kenop pintar. Setelah itu tekan tombol starter seperti biasa. Otomatis mesin motor bakal aktif.

Disebut bisa mencegah maling, lantaran keyless dilengkapi pula dengan immobilizer. Fitur tersebut memastikan cuma remote bawaan pabrik yang bisa dipakai mengaktifkan motor.

Bila mengacu ke motor Yamaha lain yang sudah keyless, seperti Nmax dan Aerox 155, maka remote MX King 155 VVA bakal terintegrasi pula dengan answer back system. Fungsinya untuk memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Selain itu, ada pula fitur sistem pencahayaan LED dan panel instrumen digital.

Setelah mengetahui kehadiran Yamaha Exciter atau MX King 155 VVA pada 29 Desember 2020 di Vietnam, bukan tidak mungkin motor bebek ini siap meluncur pula di Indonesia pada 2021. Mari kita tunggu saja sama-sama proses peluncurannya.

Terbaru