by

5 Inspirasi Yamaha Nmax Modif Touring, Tampil Beda

Mau bikin Yamaha Nmax modif touring? Sungguh tidak sulit. Hal ini dikarenakan kuda besi Maxi Yamaha memang sudah lekat dengan aura touring meski masih standar pabrikan.

Ciri khasnya punya posisi berkendara rileks, dengan pijakan luas. Alhasil kaki kamu bisa meregang di perjalanan. Kehadiran setang lebar dan tinggi juga membuat posisi badan tegak, sehingga tidak cepat lelah meski melewati rute jarak jauh.

Nmax pun punya jarak sumbu roda panjang dan mesin berperforma mantap. Jadi ketika diajak bermanuver di tikungan, rasanya sungguh menyenangkan. Berkendara sambil rebah ke kiri dan kanan, bukanlah suatu masalah.

Kemudian di versi All New Nmax bahkan telah hadir beberapa aksesori penunjang touring, sebut saja power charger. Fitur ini berfungsi sebagai sumber daya buat peranti navigasi atau mengisi baterai smartphone saat berkendara.

Yamaha juga memberi fitur modern lain untuk peningkat keselamatan seperti kendali traksi (TCS). Cara kerjanya dengan mengontrol bukaan gas saat melewati jalan licin. Jika ban tergelincir, maka gas bakal tertutup secara otomatis untuk menjaga putaran roda agar tetap mencengkram ke aspal.

Walau demikian, kalau kamu mau membuat Yamaha Nmax modif touring tetap sah-sah saja. Modifikasinya pun tidak melulu harus menambahkan boks, pasang windshield tinggi, dan beberapa aksesori pelindung. Kamu bisa lakukan modifikasi Nmax dengan ide-ide yang lebih liar, layaknya ala supermoto, racing look, dan lain-lain.

Agar memudahkan kamu dalam melakukan modifikasi, berikut kami sajikan lima inspirasi Yamaha Nmax modif touring agar tampil beda. Mau tahu detailnya? Simak bahasan berikut:

1. Modifikasi Nmax Touring Ala Supermoto

yamaha nmax modif touring supermoto
Inspirasi supermoto, tampilan Yamaha Nmax menjadi tidak biasa.

Bila kamu menginginkan Yamaha Nmax modif touring yang bisa melewati berbagai medan jalan, maka gaya supermoto cocok diterapkan. Coba gali inspirasi dari Ric’s Garage, rumah modifikasi asal Jakarta Timur.

Menjadikan Nmax ala supermoto ada banyak ubahan yang perlu dilakukan. Sebut saja meningikan ground clearance, caranya dengan mengganjal pipa suling shockbreaker depan sekitar 8 cm. Kemudian shock belakang ditambahkan anting-anting shock milik Honda Supra X 125 beserta ulir pernya, sehingga naik 5 cm.

Sektor pelek juga diganti pakai aftermarket dari TDR dengan jari-jari, ukuran depan kini pakai lebar 2.50 dan belakang 3.50. Kemudian lingkarannya pun lebih besar pakai 14 inci. Tidak ketinggalan hadir aksesori penunjang seperti setang fatbar berikut barpad dan handguard agar posisi riding lebih nyaman. Windsheild depan diganti punya Yamaha Xmax, yang bentuknya lebih besar dan mirip kaca visor motor adventure. Begitu juga di bagian moncong depan ditambahkan cocor bebek custom.

Baca juga  Perbedaan CBS dan CBS ISS di Motor Matik Honda

Tambahan lain berupa engine guard, supaya mesin lebih terlindung saat terkena kerikil dan batu saat melewati jalan offroad. Urusan bodi, ada stiker yang mengusung tema skateboarding supaya tampilannya semakin keren. Istimewa bukan?

2. Nmax Touring Simple

yamaha nmax modif touring
Ubahannya tidak banyak, namun lebih ke arah fungsi yang menjadikan Nmax semakin nyaman untuk berkendara jarak jauh.

Kalau inspirasi Yamaha Nmax modif touring yang ini paling cocok buat kamu yang ingin tampilan sederhana. Motor tersebut merupakan milik Micky Wijaya, anggota Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI) Tangerang Selatan Chapter.Total biaya modifikasi Rp 10 juta, murah bukan?

Ubahan pertama agar Nmax jadi motor yang nyaman untuk jarak jauh adalah bagian windshield. Dia menggantinya dengan produk aftermarket dari Maxshield model Ocito. Windhield tersebut punya ukuran lebih tinggi, sehingga dapat menghalau angin depan dengan lebih optimal. Selain itu tampilannya keren, lantaran pakai warna gelap dan bentuknya bersudut-sudut. Komponen lain yang juga kena ganti adalah spion. Micky menggunakan punya Kawasaki KLX, agar terlihat lebih besar dari standarnya.

Tidak ketinggalan di ujung suspensi depan mendapat aksesori berupa jalu. Fungsinya selain membuat tampilan lebih keren, juga melindungi bagian kaki-kaki depan Nmax supaya tidak mudah lecet bila terjatuh.

Sektor kaki-kaki pastinya ikut diubah. Ban Nmax bagian depan kini menggunakan ukuran 120, sementara untuk ban belakang menggunakan ukuran 140. Ukuran tersebut lebar dari standarnya. Kemudian pola tapaknya juga diganti dengan gaya dual purpose dari Swallow Street Enduro. Efeknya, Nmax touring simple ini jadi bisa melewati jalan aspal dan semi offroad.

Lalu suspensi belakang diubah dengan merek KYB Zeto, alasannya agar rebound yang dihasilkan lebih berkualitas. Terutama saat melewati jalan bergelombang dan undakan. Knalpot pun tidak luput dari ubahan, dipilih merek Kawahara K2R standar racing untuk menjadikan suara Nmax 155 semakin menggelegar.

Micky pun mengotak-atik sektor pencahayaan. Khususnya lampu depan, terkena modifikasi yang cukup banyak. Dia mengganti dengan LED projie MT24 produk dari Vahid. Kemudian untuk lampu tembaknya menggunakan produk Aes. Ada pula tambahan foglamp menggunakan merek Vahid. Tentu ubahan di sistem pencahayaan ini menjadikan visibilitas berkendara lebih baik saat Nmax diajak berkendara touring di malam hari.

3. Yamaha Nmax Touring Bertema Racing Look

yamaha nmax modif touring
Dengan gaya racing look, Nmax ini tetap nyaman untuk diajak touring.

Siapa bilang gaya Nmax racing look tidak bisa dipakai touring? Buktinya ada di motor milik Lim Edwin berikut ini. Tema modifikasi Yamaha Nmax tersebut ala super car Lamborghini yang khas racing, namun tetap nyaman untuk dipakai jarak jauh.

Baca juga  Vespa Sprint i-get 150 ABS, Nyaman Dipakai Sehari-hari

Lihat saja kehadiran model ban yang berukuran besar dengan pelek Excel Takasago ukuran 14 inch, dibalut ban FDR MP76 dan untuk ban belakang Michelin Pilot. Tentunya ubahan ini menjadikan Nmax lebih menyenangkan saat dipakai melibas jalanan tidak rata.

Modifikasi selanjutnya adalah mesin. Salah satu ubahan yang dilakukan mengganti Blok dengan TDR 63. Lalu bagian head custom dan diameter Throttle Body 35 mm. Komponen ECU ikut diganti pakai aracer super. Selanjutnya yang membuat  Yamaha Nmax modif touring ini special adalah kehadiran gas spontan KTC.

Pun sesungguhnya jantung mekanis Nmax standar sudah lebih dari cukup untuk performa touring. Di atas kertas Nmax menggunakan kubikasi 155 cc dengan teknologi katup variabel (VVA). Mesin itu bisa memuntahkan torsi puncak 14,4 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 14,8 hp pada 8.000 rpm.

Lebih istimewa lagi, bahkan mesin Nmax terbaru atau All New Nmax. Torsi puncaknya memang dibuat lebih kecil untuk kenyamanan berkendara, hanya 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Hanya soal tenaga, meningkat cukup drastis jadi 15,15 hp pada 8.000 rpm.

Walau nyaman dipakai touring, tapi tema sejatinya Nmax milik Edwin Lim ini adalah racing look. Alhasil untuk windshield diganti dengan ukuran lebih kecil supaya terkesan sportif. Di bagian sistem pencahayaan pun ada ubahan berupa lampu projie 100 watt supaya visibilitas berkendara lebih maksimal.

Soal warna bodi pun dibuat mentereng mirip Lamborghini Blancpain Super Trofeo. Warnanya kuning terang, alhasil menjadikannya beda dari motor kebanyakan. Usai tahu gaya racing look diterapkan untuk Yamaha Nmax modif touring, apakah membuat kamu tertarik?

4. Modifikasi Nmax Touring Adventure

yamaha nmax adventure
Yamaha Nmax modif touring adventure merupakan hasil gubahan dari modifikator asal Thailand.

Konsep modifikasi Nmax Touring adventure ini datang dari Thailand. Hal paling menarik dari motor ini adalah penggunaan ban dual purpose. Tampilannya jadi lebih gagah dan siap diajak melewati berbagai medan jalan. Terkait ukuran ban dual purpose yang dipakai adalah 130/60-13 inci untuk kedua roda.

Windshield juga diganti dengan ukuran lebih tinggi 6 inci dari versi standar. Efeknya berkendara jarak jauh menggunakan Yamaha Nmax modif touring ini terasa semakin nyaman, karena pengendara tidak terpapar angina depan secara langsung.

Baca juga  Konsumsi BBM Suzuki Nex II Cross, Skutik Mungil Tidak Terlalu Irit?

Hadir pula boks samping dengan kapasitas cukup besar. Aksesori ini bisa dipakai menyimpan berbagai keperluan pengendara selama touring, sebut saja pakaian, makanan, dan sebagainya. Walau sebenarnya tanpa boks pun, Nmax masih sah disebut sebagai motor touring. Pasalnya di bawah jok tersedia bagasi yang luas dan sanggup memuat helm full face.

Kemudian ada hand guard terintegrasi lampu kabut LED. Modifikator asal Thailand juga memberi suspensi belakang jenis tabung dari YSS G-Sport. Hal ini sengaja dihadirkan agar saat berkendara melewati berbagai medan jalan, rasanya tetap stabil dan menyenangkan. Menarik bukan, Yamaha Nmax modif touring adventure di atas?

5. Konsep Yamaha Nmax Modif Touring Berpadu Nissan GT-R

yamaha nmax modif touring
Nmax ini memiliki tema yang terinspirasi mobil sport, Nissan GT-R

Yamaha Nmax modif touring kali ini memadukan dengan konsep mobil sport, Nissan Skyline GT-R. Hal ini tampak dari bodi yang dicat warna black chrome, lalu ada pula kombinasi carbon Kevlar untuk menjadikan aura sportif terasa kental. Lalu behel juga dipotong dan terkena repaint menjadi warna silverstone. Paduan kelir tersebut diklaim mirip dengan Nissan Skyline GT-R R35 Black Edition.

Bagian pelek tidak ada ubahan, hanya saja ban pakai Maxxis MA-F1ST berukuran 120 di depan dan belakang menggunakan ukuran 140. Kelihatan lebih berisi pastinya. Lalu shockbreaker pakai Ohlins di bagian belakang. Sementara suspensi depan masih mengandalkan bawaan pabrik. Tujuan modifikasi Nmax di bagian kaki-kaki untuk memberikan kenyamanan lebih ketika berkendara jarak jauh.

Sektor jok Yamaha Nmax modif touring tersebut pun dibuat lebih nyaman dengan sandaran bokong untuk pengendara. Kemudian untuk aksesori, 95 persen berasal dari merek aftermarket Black Diamond. Pencahayaan tidak banyak alami perombakan, kecuali alis DRL warna orange. Lampu sein dan rem menggunakan JPA.

Itulah tadi 5 inspirasi Yamaha Nmax modif touring yang bisa kamu ikuti. Kira-kira dari kelimanya, mana gaya modifikasi Nmax paling menarik? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Summary
5 Inspirasi Yamaha Nmax Modif Touring, Tampil Beda
Article Name
5 Inspirasi Yamaha Nmax Modif Touring, Tampil Beda
Description
Mau bikin Yamaha Nmax modif touring? Sungguh tidak sulit. Hal ini dikarenakan kuda besi Maxi Yamaha memang sudah lekat dengan aura touring meski masih standar pabrikan. Bagaimana caranya agar tampil beda?
Author
Publisher Name
Moladin.com
Publisher Logo

Comment

Leave a Reply

Terbaru