by

Yamaha R15 Y-Connect Sedang Dipersiapkan?

Kabar menarik datang dari pabrikan garputala yaitu tentang kemunculan Yamaha R15 Y-Connect. Informasi ini kami peroleh dari India, saat sesi virtual launching Yamaha FZ-X.

Dalam acara tersebut, disebutkan bahwa Yamaha memiliki dua fitur konektivtias smartphone via bluetooth: Y-Connect dan Yamaha Motorcycle Connect X.

Khusus Y-Connect telah hadir di Yamaha FZ-X. Sementara Yamaha Motorcycle Connect X muncul di skuter Fascino 125 FI dan Ray ZR.

Senior Vice President Sales and Marketing Yamaha Motor India, Ravinder Singh juga mengatakan bahwa ke depannya seluruh motor Yamaha di India akan memiliki fitur tersebut. Artinya motor dan smartphone akan lebih terintegrasi.

Berdasar pernyataan Ravinder Singh tersebut, banyak media India yang berspekulasi akan kemunculan Yamaha R15 Y-Connect serta MT-15 Y-Connect. Hal ini tentu menarik, karena kedua motor tersebut juga dijual di pasar otomotif Indonesia.

Jadi ada kemungkinan kemunculan R15 dan MT-15 dengan fitur konektivitas smartphone itu. Hanya saja, kapan produk tersebut bakal di jual di Tanah Air? Belum ada konfirmasi dari pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca juga  Matte Grey, Warna Baru Untuk Yamaha XMax 2021

Keunggulan Fitur Y-Connect

yamaha r15 y-connect
Sejauh ini fitur Y-Connect di Indonesia cuma hadir untuk Nmax dan Aerox 155

Sejauh ini memang belum jelas, terkait waktu peluncuran dari Yamaha R15 Y-Connect serta MT-15 Y-Connect. Meski demikian, kemunculannya tentu sangat dinanti oleh pecinta otomotif.

Terlebih bila benar hadir di kedua motor sport tersebut, ini akan jadi produk perdana yang punya konektivitas smartphone. Pasalnya kompetitor di kelas motor sport 150 cc, belum ada yang punya.

Bila pakai Y-Connect, tentu R15 bisa mendapat banyak informasi terkait motor hanya lewat smartphone. Salah satunya mengetahui kondisi oli mesin, voltase aki, hingga mengingatkan untuk servis motor secara berkala.

Aplikasi Y-Connect juga mampu membantu memberitahu bila ada malfungsi kendaraan. Selain itu, pemilik motor dapat menganalisa pemakaian bahan bakar sekaligus ikut kompetisi Eco Riding Point dengan sesama pengguna Y-Connect di berbagai negara.

Kelebihan Y-Connect selanjutnya, mampu mendeteksi lokasi parkir motor. Jadi, kamu tidak kebingungan mengetahui keberadaannya.

Sampai sekarang Y-Connect sudah hadir di motor matik Indonesia seperti Nmax dan Aerox 155. Hanya saja untuk motor sport 150 cc, belum sama sekali ada.

Baca juga  Kawasaki Ninja 250 2021 Meluncur Tanpa Warna Hijau

Jika Yamaha R15 Y-Connect dan MT-15 Y-Connect benar muncul di pasar otomotif Indonesia. Tentu fitur konektivitas smartphone tersebut bakal jadi keunggulan tambahan lain untuk kedua motor sport tersebut.

Tanpa Y-Connect saja, R15 dan MT-15 sudah jadi motor paling bertenaga di kelasnya. Kalau fitur ini hadir, tentu bakal ada predikat motor tercanggih di segmen sport 150 cc. Menarik bukan?

Hanya saja yang perlu dipikirkan adalah harganya jangan sampai melambung tinggi. Pasalnya saat ini R15 dan MT-15 saja sudah jadi yang termahal di kelasnya.

Terbaru