by

Yamaha Siapkan Motor Baru 25 November, Mio Generasi Terbaru?

Setelah meluncurkan Aerox dan Nmax 155 Connected pada bulan ini, Yamaha belum puas. Pabrikan garputala rupanya ingin meluncurkan satu motor anyar lagi pada 25 November 2020. Diduga motor tersebut Mio generasi terbaru?

“Bakal ada yang seru dan keren buat nemenin lo tampil di jalan nih! Catat tanggal dan waktunya ya. Jangan sampai ketinggalan,” tulis akun Instagram @yamahaindonesia pada Senin (23/11/2020).

Jika melihat siluet yang dibocorkan oleh Yamaha, maka motor baru itu berjenis skutik. Lalu punya dek rata. Tidak ketinggalan, lampu depan posisinya berada di tameng, bukan di batok.

Dari bocoran gambar, kita juga bisa melihat bahwa kaki-kaki belakang pakai suspensi monoshock. Kemudian terdapat sejumlah kemiripan dengan Yamaha Mio M3. Cek saja pelek yang menggunakan palang-5. Kemudian dimensi keseluruhannya ringkas.

Oleh karena itulah kuat dugaan motor baru Yamaha tersebut merupakan Mio generasi terbaru. Ditambah lagi, skuter ini memang sudah waktunya mendapat revisi.

Secara umur, motor Yamaha Mio M3 telah menginjak enam tahun. Kemudian para kompetitor seperti Honda Beat dan Suzuki Nex II telah lahir generasi terbarunya. Lalu kapan Mio generasi terbaru? Harusnya sekarang waktu yang tepat.

Baca juga  Yamaha MX King Vietnam Resmi Pakai Mesin 155 VVA

Ketika dikonfirmasi ke Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro terkait produk baru yang bakal meluncur, dia masih belum mau membeberkan lebih jauh. “Tunggu saja ya, kurang dari 48 jam lagi kok,” katanya.

Prediksi Ubahan Yamaha Mio Generasi Terbaru

yamaha mio generasi terbaru
Motor baru Yamaha bakal meluncur 25 November

Jika benar Yamaha Mio generasi terbaru, maka dari bocoran gambar yang disebarkan pabrikan garputala bakal terlihat beberapa ubahan. Pertama dalam hal desain. Lampu depan tampak berubah total dengan gaya lebih modern. Tidak ketinggalan ada penyematan teknologi lampu LED.

Sesungguhnya kehadiran lampu LED tidak aneh untuk motor matik entry level. Kini para kompetitor seperti Honda Beat dan Suzuki Nex II juga telah menggunakan pencahayaan hemat daya tersebut.

Lalu lampu belakang pun punya gaya baru. Kalau dari siluet gambar, sekilas desainnya mirip Nmax lama. 

Bicara mesin, All New Yamaha Mio harusnya mendapat revisi. Hanya saja sejauh apa jantung mekanis tersebut berubah dibandingkan Mio M3? Kemungkinan terkecil, motor matik ini  bakal mengadopsi mesin yang sama seperti Freego, artinya sudah menggendong teknologi smart motor generator (SMG).

Baca juga  SYM Maxsym 400 Terbaru, Performanya Mantap!

Dengan SMG, mesin Mio anyar jadi tidak berisik  saat diaktifkan. Hanya saja kalau perbedaan cuma di SMG, maka performa tidak berubah. Torsinya tetap 9,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga 9,38 hp pada 8.000 rpm.

Pasti buat konsumen, akan lebih baik kalau performa ini ditingkatkan. Setidaknya supaya mesin 125 cc Yamaha Mio generasi terbaru benar-benar terasa beda jika dibandingkan kompetitor yang cuma pakai kubikasi 110 cc.

Ubahan terakhir yang dapat diprediksi, kehadiran fitur power charger. Sepertinya kehadiran fitur tersebut sudah wajib untuk motor modern, gunanya tentu mengisi daya baterai smartphone selama berkendara. Apalagi buat masyarakat yang berprofesi sebagai ojek online, power charger sangat dibutuhkan.

Bakal seperti apa kepastian sosok All New Yamaha Mio? Atau jangan-jangan, bukan Mio yang meluncur? Mari kita tunggu saja sama-sama tanggal mainnya pada 25 November 2020.

Untuk informasi tentang dunia otomotif terbaru, pantau terus Moladin! 

Terbaru