MOLADIN
forum motor indonesia - Heri Ariyanto
Heri Ariyanto
1 September 2019

Kalau saya sama sekali tidak setuju, bahkan menentang keras bila itu terjadi. Karena SIM itu ibaratkan ijazah sekolah yang penting untuk kelulusan, Jika SIM di berlakukan sepetri itu bahkan masa berlaku seumur hidup dari mana pemasukan negara? Dan bagaimana jika di salah gunakan 🙄

forum motor indonesia - Abah Yanto NRXR-Cikarang
Abah Yanto NRXR-Cikarang
1 September 2019

Setuju sama dengan KTP biar ngak jadi modus untuk para oknum melakukan korupsi dalam pengurusan sim.
Atau metode perpanjangan sim bisa digabung dengan perpanjangan pajak motor kendaraan biar ngak repot 2x mengurus

forum motor indonesia - Muhamad sodik
Muhamad sodik
28 Agustus 2019

Iya setuju banget bro? Biar gak cape ngantri & biar gak makan banyak waktu buat perpanjangan nya, soalnya cuma daerah tertentu saja yg ada mobil SIM keliling buat perpanjang, mangkanya kalau bisa SIM di buat seperti KTP bisa seumur hidup & mudah2" an bisa jadi kenyataan hehehe...

forum motor indonesia - Vocdad Purwodadi
Vocdad Purwodadi
19 Agustus 2019

Tidak setuju sih min masak sihh SIM seumur hidup udah kyak ktp aja, lebih enakan gini 5th perpanjang klau seumur hidup kenakan ntar nggk keluar duit lagi

forum motor indonesia - Abdul Hakim
Abdul Hakim
18 Agustus 2019

Saya juga gak setuju... Yang sekarang aja masih banyak pake SIM tembak. Emang seharusnya untuk mendapatkan SIM tersebut harus dibekali pengetahuan tentang berkendara dan aturan lalu lintas..

forum motor indonesia - Hary Faizal
Hary Faizal
8 Agustus 2019

Setuju sih om tapi mungkin setiap 5 tahun sekali tetep ada pengecekan kondisi fisik biar ngecegah sesuatu yang ga diinginkan, semisal ada rider yang kondisi mata nya sudah minus parah dll agar ga membahayakan diri sendiri maupun orang lain

forum motor indonesia - Wakid Bir Bintaro
Wakid Bir Bintaro
8 Agustus 2019

Menurut w sih enggak setuju ya karena kalo orang mata nya sudah rabun dan masih mempunyai SIM bikin bahaya di jalan. Saran aja sih lebih baik sih SIM di bikin beberapa sarat contoh untuk yg umur diatas 40th bin simnya harus bayak praktek mata dan kesehatan

forum motor indonesia - Esti Rahayu Pujiastuti
Esti Rahayu Pujiastuti
7 Agustus 2019

Tidak. Karna semakin bertambahnya usia.... Kondisi fisik saat mengendarai pun akan berbeda.
Contoh : jarak pandang mata...ataupun kecekatan pengambilan keputusan saat mengerem

forum motor indonesia - wahyu_byson
wahyu_byson
7 Agustus 2019

Ane see bebas..





















Asal mempertanggung jawabkan aja kegunaan SIM nya..



































Dan di pergunakan semestinya...

forum motor indonesia - Farid Gotze 19
Farid Gotze 19
7 Agustus 2019

Kurang setuju om. .

Karna menurut saya . . Memang cocok sim di berlakukan 5 th masa berlaku..

Untuk menjaga kestabilan anggaran dan juga untuk menghindari dari adanya pemalsuan dan penyalahgunaan penggunaan sim.

😁😁😁

forum motor indonesia - Bang Noe
Bang Noe
6 Agustus 2019

Yang ga setuju justru aneh.
SIM itu kan sebuah lisensi bahwa kita telah bisa lulus pengujian bisa mengendarai motor.
Terua kalo 5 tahun sekali diperpanjang. Artinya kemampuan berkendara kita setiap 5 tahun hilang?

Jadi memang seharusnya SIM itu seumur hidup.

forum motor indonesia - yogha
yogha
4 Agustus 2019

Kalo sim dibuat untuk seumur hidup, saya setuju biar gak ribet untuk perpanjang lagi dan biar gak ada lagi sim yang mati simnya kali lagi kena tilang sama polisi

forum motor indonesia - Rahmat Sadam Safiki
Rahmat Sadam Safiki
4 Agustus 2019

Mungkin kalo untuk masalah SIM di buat jadi seumur hidup saya peibadi kurang setuju, lebih baik masa perpanjang sim nya aja yang ditambahkan tahunnya, bisa jadi lebih dari 5 tahun atau bisa juga 10tahun sekali baru di perpanjang.

forum motor indonesia - Eko Sutarko
Eko Sutarko
4 Agustus 2019

setuju banget, namun saat pengajuan pembuatan SIM benar-benar diuji (sorry bukan asal nembak), sebab jika seseorang sudah bisa berkendaraan bukan tidak mungkin dia lupa lagi atau tidak bisa lagi

forum motor indonesia - meliyanna putri
meliyanna putri
2 Agustus 2019

Setuju banget bro.


Karna bisa membantu mengurangi beban untuk rakyat kecil yang tidak mampu.
Dan kalo bisa yang namanya bayar pajak juga di kurangi harganya.

forum motor indonesia - Muhamad nur shoim
Muhamad nur shoim
1 Agustus 2019

Setuju, tapi proses pembuatannya juga harus lebih selektif dan jangan ada pungli, jadi bener2 di tes dan harus di awasi, dan jika ada yg gagal harus mengulang dari awal dan mengulangnya tahun depan jangan cuma jeda 1 minggu atau 1 bulan, jadi pengendara yg punya sim itu bener2 lancar dan paham berlalu lintar di jalan raya maupun di jalan kampung/kecil/gang, gak sembarangan mengendara. Kapan harus mengalah dengan pengendara lain. Dan juga harus ada tingkatan pelanggaran lalu lintas dan yg paling berat adalah pencabutan SIM. Jadi meskipun seumur hidup masa berlakunya, jika melanggar berat ya harus bikin lagi dari awal, tes lagi..

forum motor indonesia - miftakh
miftakh
1 Agustus 2019

Saya kurang setuju, karena batas itu membuat kedisiplinan yang teratur, malah memudahkan, lagian kan jadi gak ramai juga lintas, karena sekali buat langsung jadi, kalo ada expayednya kan jarang brani keluar lintas takut di tilang

forum motor indonesia - Muhamad Madhani
Muhamad Madhani
31 Juli 2019

Kalo saya pribadi si sangat tidak setuju, karena sim sistem perpanjang aja masih banyak orang yg melalai kan perpanjang sim, apalagi sim se umur hidup, di jalanan bakalan lebih padat.

forum motor indonesia - fauzi
fauzi
29 Juli 2019

Kalau saya kurang setuju sebab gimanapun SIM salah satu bentuk pertanggungjawaban kita di jalan, kalau dibikin seumur hidup ditakutkan perilaku berkendara menjadi asal2an, SIM diperpanjang ajah msh banyak terjadi kecelakaan. Suwun

forum motor indonesia - SiGi Acco
SiGi Acco
29 Juli 2019

pastinya sangat setuju bro.. apalagi yang kerjanya jauh diluar sana yang kontraknya 2tahunan.. pasti sangat setuju lah
tapi kayanya mah gak bisa dengan alasan mengurangi pemasukan pemerintah.. hahaha

forum motor indonesia - Christian AP
Christian AP
26 Juli 2019

Setuju dong, dengan adanya sim seumur hidup tidak perlu antri lagi untuk perpanjangan sim setiap 5 tahun sekali dan juga pemerintah akan ikut berhemat karena tidak perlu mengeluarkan dana untuk proses perpanjangan sim... APBN bisa dialokasikan ke keperluan lain yang lebih penting

forum motor indonesia - Yusup edi sanjaya
Yusup edi sanjaya
25 Juli 2019

Saya g setuju maksudnya bukan saya so soan cuman kalau sim di seumur hidupkan pemasukan buat kas negara g ad.y seengganya 10 tahun di perbaharui lagi br ad masuk negara jga

forum motor indonesia - Wildy Varian
Wildy Varian
25 Juli 2019

SIM seumur hidup di barengi dengan PAJAK plat mobil seumur hidup ?? Gw setuju bangett..!! hahaha.. Kendala pembuatan SIM kadang masih SANGAT SUSAH utk di bikin secara FORMAL (bikin tanpa jalur cepat), yang bikin dgn cara biasa PASTI di persulit dan di suruh bolak balik sampe berkali-kali.. kecuali ada "Pelicin"

forum motor indonesia - Agoes Donk
Agoes Donk
24 Juli 2019

Sepertinya sulit tapi bisa aja kemungkinan terjadi..cz ga perlu ribet tiap tahun perpanjangan aja.. Biar saling menguntungkan dan lebih efektif juga efisien.

forum motor indonesia - Wisnu Nugroho
Wisnu Nugroho
18 Juli 2019

kalo SIM dibuat sama seperti e-KTP masa berlakunya kemungkinan sulit bro , karna lagipula masa berlaku SIM udh cukup panjang kok 5 tahun dan dalam jangka 5 tahun saja ada yang masih bandel tidak memperpanjang masa berlaku

forum motor indonesia - Chozym Menthol
Chozym Menthol
18 Juli 2019

Ga perlu ahhh, orang 5 tahun sekali baru ganti ini, itukan buat tambah2 pendapatan daerah . Kalau nanti dibuat seumur hidup, fasilitas umum di kurangin lagi.. haha

forum motor indonesia - M Fadil Febrian
M Fadil Febrian
17 Juli 2019

Kurang menurut saya kurang setuju mabroo, karena itu untuk membantu pajak daerah juga. Dan juga supaya kartu sim kita terupdate setiap 5 tahun sekali nya

forum motor indonesia - yanuar eka saputra
yanuar eka saputra
17 Juli 2019

Kurang setuju aja sih kalau menurut saya mah karna kalau SIM seumur hidup karna akan mengurangi pendapatan pajak daerah dan juga data yg kita pakai tdk akan di update yg terbaru

forum motor indonesia - boedy
boedy
17 Juli 2019

Kurang setuju, krena kita ga akan maju jika kita hanya mengandalkan batas seumur hidup, karena sim juga membantu penghasilan pajak negara juga, berharap kita semua taat lalulintas dan memiliki SIM.

forum motor indonesia - Mcdoy
Mcdoy
15 Juli 2019

Menurut pendapat saya lebih baik tetap ada masa berlakunya,Karena selain data bisa Di verifikasi/update pihak kepolisian pendapatan daerah/negara dari sektor pengguna kendaraan bermotor tetap ada.

forum motor indonesia - Liana Chandra azizah
Liana Chandra azizah
15 Juli 2019

Saya kurang setuju jika sim masa belakunya seumur hidup.dikarenakan sudah dipemudah 4 tahun sekali untuk kas negara...kalau sim seumur hidup mungki pegendara yang ugal"bisa makin banyak

forum motor indonesia - Syahrul
Syahrul
14 Juli 2019

Iya saya sangat setujuh sekali kalo SIM itu bisa berlaku sampai seumur hidup karena bisa membantu kami di dalam dunia motor dan meringankan rakyat jelata yang tidak mampuh

forum motor indonesia - viwimoto
viwimoto
14 Juli 2019

Kalau saya pribadi kurang setuju bro.. karena akan mengurangi pendapatan daerah, juga dengan masa berlaku selama lima tahun jadi ada pembaruan terus dari sisi kartu SIM nya..

forum motor indonesia - jaya TVC tangerang
jaya TVC tangerang
11 Juli 2019

Ppengn y sih gtu klw sim bisa seumur hidup psti seneng bgt dimna kah yg udh ada sim seumur hidup syh pengn cari tau daerh y.klw syh dari tangerang blm ada yg sim y seumur hidup

forum motor indonesia - Abhi Batubara
Abhi Batubara
8 Juli 2019

Saya tidak pernah SE-7, dan gk akan,

Alasan, kalau ada sim se umur hidup,dari mana negara ini ambil biaya penutupan harga U$ barang jasa impor luar negeri,.....


Terimakasih 🙏🙏🙏🙏

forum motor indonesia - S Sulaiman
S Sulaiman
8 Juli 2019

ada pro dan kontra nya juga sih gan.
salah satu nya jika sim jdi seumur hidup maka untuk pendapatan pemerintah pun akan juga berkurang
pastinya inflastrukrut pun akan lambat berkembanggnyaa

forum motor indonesia - Alki Rahmatullah
Alki Rahmatullah
5 Juli 2019

Kalo saya pribadi kurang setuju, karwna yang namanya sim kan harus ada uji kelayakan juga. Nah kedepannya semoga uji kelayakan ini dapat lebih baik agar sim tidak disalahgunakan

forum motor indonesia - BabangFirasat Firasat
BabangFirasat Firasat
5 Juli 2019

Kalo saya mah.setuju dan tidak setujunya sama aja.yg penting gk merugikan masyarakat kecil.mudah mudah semua pengendara roda dua maupun empat harus wajib punya SIM dan menjalani peraturan lalulintas..dan satu lagi apa yg pemerintah mmerintahkan atu dari anggota.insya Allah saya ikuti dan jalani jikala itu menyenangkan hati masyarakat .kalo Masyarakat tidak setuju apa boleh buat saya pun begitu.ok makasi ya,,

forum motor indonesia - Dion Junna
Dion Junna
1 Juli 2019

sangat tidak setuju alasan saya tidak setuju karena itu juga untuk kas negara apa bila sim di bikin seumur idup negara uang dari mana untuk membuat sim lagi untuk yg baru

forum motor indonesia - Anonymous
Anonymous
28 Juni 2019

saya pribadi kurang setuju denggan wacana surat ijin mengemudi alias sim diberlakukana seumur hidup yahh karena di negara berkembang justru sim atau driving license dibuat berjenjang

forum motor indonesia - Khoirul Anwar
Khoirul Anwar
19 Mei 2019

Untuk efisiensi aku setuju banget namun mempertimbangkan soal safety ya say to sorry... aku kurang setuju.... coba dibayangkan... dengan usia yang udah senja, kondisi penglihatan yang sudah menurun jauh, konsentrasi dan fisik yang tentunya cepet menurun, tentu akan sangat kurang baik untuk diri sendiri dan sekitar...

forum motor indonesia - sopana
sopana
9 Mei 2019

setuju sekali alasan saya setuju karna sim itu nama panjangnya surat ijin mengemudi...jalan aja seumur hidup masa sim ada masa berlakunya
kedua..namun ada perkecualian..
1.anal d bawah umur
2. pengendara yg sudah lansia..karna bukan hanya sim tp tenaga dan kondisi dalam pengendara

forum motor indonesia - Yeni permatasari
Yeni permatasari
1 Mei 2019

Aku setuju banget karena mempermudah kita dalam beraktifitas contonya bagi yg bekerja tidak perlu ijin tidak masuk kerja karena mau perpanjang SIM yg sdh expired lalu misalkan yg sedang susah sedang tidak punya uang sementara SIM expired kan harus cari cari hutangan tuk perpanjang jadi jika seumur hidup itu benar benar baik karena jatuh nya bisa membatu kita semua rakyat Indonesia yg kerja ataupun tidak kerja demikian lah pendapat aku ya

forum motor indonesia - mr. Tompl
mr. Tompl
27 April 2019

Setuju dong...
Biar klo buat sim tidak repot lagi panjang antriannya... Cukup bayar aja tiap 5 tahun skali sbagai tanda lapor bahwa sim masih di pakai dan tetap berlaku simnya.. kebanyakan kita tu repot pada saat pembuatannya.. jd klo cm bayar aj kan jd tidak repot lagi datang ke dirlantasnya.. kecuali sim nya hilang,, baru deh cetak ulang..

forum motor indonesia - Addy Wijaya
Addy Wijaya
25 April 2019

sangat sangat setuju sekli.. asal dana subsidinya sim gratus itu tranfaransi dri mana sumbernya dan rakyat tahu tdk akan merugikan dn menmabah besar pembayaran pajak rakyat

forum motor indonesia - Hery Kurniawan
Hery Kurniawan
24 April 2019

Saya sangat setuju, jika masa berlaku SIM di jadikan seumur hidup. Karena secara logika saja, kemahiran orang dalam mengendarai sebuah kendaraan (Motor/Mobil) tidak akan pernah hilang dalam hidup nya. Walaupun misal nya dalam jangka waktu yang cukup lama tidak mengendarai kendaraan, toh pasti cukup waktu sebentar saja untuk penyesuaian nya kembali. Jadi, kalo di anggap masa berlaku kemahiran seseorang membawa kendaraan adalah selama 5 tahun saja, maka hal tersebut menurut saya adalah suatu kekeliruan.

forum motor indonesia - Anonymous
Anonymous
31 Januari 2019

Kalau saya sih sebagai warga sipil setuju aja. Toh perpanjangan juga nggak di uji lagi kan? Jadi mendingan langsung aja seumur hidup. Jadi nggak usah ada namanya perpanjangan sim dsb

forum motor indonesia - Muhammad Salim
Muhammad Salim
31 Januari 2019

Ya kagak lah broo.... Tetap harus di perpanjang. Karena SIM kan butuh kesehatan jasmani dan rohani bagi pemegangnya. Jika memang sudah tidak layak untuk berkendara ya sim harus di cabut. Semisal juga bisa pas perpanjangan namun sudah di nilai tidak layak berkendara ya harus stop, seperti lansia. Kalau di gratiskan setiap perpajangan nya gitu boleh. Atau kalau masih membebani biaya anggaran bisa lah dipangkas 50%.

forum motor indonesia - Arif Sgs
Arif Sgs
31 Januari 2019

5 tahun sim wajib ganti, iya klo bisa tampa biaya, kebijakan sim seumur hidup sama ajj lah rakyat udh pintar, buat apa yg ini seumur hidup harga tilang ntar naik lagi. Hhehe

forum motor indonesia - Muhammad Zaqi
Muhammad Zaqi
31 Januari 2019

Setuju ajj si jadi gampang mengingat nya kapan harus perpanjang masa berlaku sim tersebut. Dan memudahkana kita juga untuk mengingat kapan harus perpanjang masa berlaku kartu sim tersebut

forum motor indonesia - Anonymous
Anonymous
31 Januari 2019

Sangat setuju jadi ga ribet buat urus ga harus nunggu nunggu SIM keliling di setiap kota" karena memakan waktu beraktifitas tolong di proses biar bisa

forum motor indonesia - catur fausi andalis
catur fausi andalis
31 Januari 2019

Setuju....persis kayak ektp, jd tidak bolak balik ngurus, dan mengurangi korupsi, apalagi blangko², itu yg bisa menghasilkan korupsi yg tinggi.....siap

forum motor indonesia - Anonymous
Anonymous
31 Januari 2019

kalo bisa bukan sim yg dipermasalahkan, mau seumur hidup mau 5 taun sekali tetep aja kaya ga punya sim walau ga punya kesalahan tetep aja ditilang , yg harus ditiadakan itu "TILANG NYA" cukup kalo ga tau jalan hukum fisik aja kecuali tabrakan itu baru wajib bahkan kalo perlu dicabut sim nya

forum motor indonesia - Ridho VladVamp
Ridho VladVamp
31 Januari 2019

Kalau saya sebagai biker yahh setuju setuju ajah (setuju bangett) tapi sebagai warna negara yang baik sepertinya pemerintah gak akan meloloskan wacana tersebut krn bakan ngurangi pendapatan

forum motor indonesia - Zainal Arifin
Zainal Arifin
31 Januari 2019

Setuju boss... Next presiden kita dorong utk membuat program pemerintah yg menguntungkan rakyat kecil. Program SIM seumur hidup pastinya menguntungkan rakyat kecil. Ide cemerlang boss

forum motor indonesia - Anonymous
Anonymous
17 April 2019

Nggak. Lebih setuju kalau proses perpanjangannya yg lebih transparan, dan bisa dilakukan dimanapun, serta tes kesehatannya yg lebih baik. Btw calo calo banyak yg berkeliaran dan diketahui sama oknum yg bertugas sebenarnya, tapi dibiarin aja tuh.

forum motor indonesia - Anonymous
Anonymous
17 April 2019

Saya tidak setuju karna uang biaya pembuatan SIM itu akan di kelolah negara jadi apabila SIM itu di buat seumur hidup maka penghasilan negara akan berkurang sdngkan pendapatan negara kita sprti skrng ini aja negara kita sdh ketinggalan jauh sama negara2 lain untuk masalah pembangunan apalagi jika sim di buat seumur hidup otomatis pendapatan negara akan berkurang maka mau jadi apa negara ini

forum motor indonesia - Irvan Saputra
Irvan Saputra
17 April 2019

Setuju bngt saya mah biar g ad yg korupsi, sekedar cerita aja kmrn saya perpanjang SIM,nah di kartu SIM yg lm sidik jari y ke gores sedikit doang saya dikenakan biaya tambahan 100rb,pas sy tolak dan saya blng mo bikin laporan ke Samsat pusat br diurus tanpa biaya tambahan sepeserpun

forum motor indonesia - andri yanto
andri yanto
18 April 2019

Setuju banget kalo sim harus jadi seumur hidup kayak e-ktp,karena untuk membantu rakyat kecil yang gak bisa buat perpanjang sim,karena semakin banyak kebutuhan hidup

forum motor indonesia - Anonymous
Anonymous
18 April 2019

Ga setuju, harus perpanjang terus dan ada batas maksimal umur pemilik SIM. Mau manula 60 tahunan yg matanya mulai rabun masihbawa kendaraan? Yg mata dan fisiknya masih normal aja suka khilaf

forum motor indonesia - Ferdinald
Ferdinald
18 April 2019

TIDAK SETUJU
Yg tiap 5 tahun aja tingkat kecelakaan masih tinggi, gmn mau dibikin seumur hidup ?
Emang manula msh bisa bawa motor dgn kondisi kesehatan terutama mata & telinga di jalan ?
Kalo pajak motor dihapus, msh bisa lah di wacanakan.

forum motor indonesia - Ale Hidayat
Ale Hidayat
18 April 2019

TIDAK SETUJU karena SIM mutlak sebagai persyaratan untuk bisa mengendarai kendaraan bermotor, apalagi saat ini untuk memdapatkan motor/mobil sangat lah mudah. Kalau ditambah SIM berlaku seumur hidup, bisa dipastikan tingkat kecelakaan di jalan raya akan bertambah karena dipenuhi oleh para pengendara yang tidak memiliki SIM.

forum motor indonesia - Afif
Afif
18 April 2019

Saya setuju, asalkan ada sanksi bagi pemilik SIM jika melakukan pelanggaran lalu lintas, misalkan SIM nya di cabut setelah di proses hukum karena pelanggaran lalu lintas yang berat, jadi sanksi sesuai dengan tingkat pelanggarannya.

forum motor indonesia - Hidans
Hidans
18 April 2019

Tidak setuju karena Pandapatan negara akan berkurang.di samping itu 5 tahun sekali + asuransi jasa Raharja udah termasuk murah banget ayo temen" yang udah beli motor puluhan juta masa bikin SIM cuman ratusan ribu aja ga mampu.bijak dari diri kita sendiri insya Allah akan selamat

forum motor indonesia - Bravo Danton Airud
Bravo Danton Airud
18 April 2019

Saya setuju banget mas bro klo masa berlaku SIM jadi Seumur Hidup. Klo mas bro yg lain ga setuju gpp..apalagi bicara masalah pajak atau pendapatan. Sy rasa cukuplah kan dari pajak kendaraan sudah jelas bnyk masuk. Biaya perpanjang STNK pajak kendaraan Mutasi Balik Nama.

forum motor indonesia - MARYONO
MARYONO
18 April 2019

setuju aja bang,itu trobosan yang brilian menurut saya trus bisa jg buat ngurangin pungli kali ya bang, ya semoga aja bisa terlaksana SIM se umur hidup,

forum motor indonesia - AFIT KHAMUSYANA
AFIT KHAMUSYANA
18 April 2019

Setuju benget saya mah itu sdh harapan saya dari zaman jadoel, karena saya Cinta Indonesia yg penting kebijakan itu menggunakan Win-Win Solution antara Rakyat dan Negara

forum motor indonesia - Marwan Maulana
Marwan Maulana
18 April 2019

Kurang setuju sih, dimana masa berlaku itu di adakan untuk cek kompetensi kita kembali tentang berkendara mulai dari kesehatan sampai layak berkendaraan dengan baik,demi mengurangi angka kecelakaan yg terjadi dijalan raya yg mayoritas Karena human eror tersebut

forum motor indonesia - yudi hardiyanto
yudi hardiyanto
20 April 2019

Setuju banget...!! Jadi yang harus di review secara berkala cukup kesehatannya saja. Sebab secara logika jika kesehatan driver masih memenuhi syarat untuk berkendara, tentunya skill berkendara tidak berkurang khann..!
Kecuali saat tes kesehatan ditemukan kelainan, maka bisa di lanjutkan ke uji skill berkendara untuk melihat apakah kelainan tersebut mempengaruhi skill berkendara seseorang.

Jadi SIM seumur hidup.. setuju banget..!!

forum motor indonesia - Yonas Doank
Yonas Doank
20 April 2019

Boleh juga tapi perlu dikaji juga nanti pendapatan daerah bagaimana sebab pembangunan daerah bukan hanya dari pajak kendaraan juga, tapi SIM seumur hidup juga sudah dilakukan di negeri tetangga.

forum motor indonesia - Tito Chandra Tobing
Tito Chandra Tobing
22 April 2019

Boleh jg tuh jadinya kita ga usah lg tiap 5 tahun skli perpanjang SIM kita,krna sdh aktif sim kita menjadi seumur hidup.kaya KTP aja skrng,udh seumur hidup aktifnya.love Indonesia love bikers

moladin forum jawab pertanyaan