MOLADIN
Yuga M Pratama
Yuga M Pratama
30 Juli 2017

Starter mati umumnya ada 3 sumber masalahnya : 1. tombol starter rusak atau kabelnya putus, periksa menggunakan alat multitester (avometer) untuk mengecek koneksi tombol starter 2. relay starter (bendik) rusak, ditandai tidak adanya bunyi "ctek" saat tombol starter ditekan. periksa juga soket kabelnya mungkin ada yang lepas. 3. dinamo starter rusak, ditandai masih adanya bunyi "ctek" saat tombol starter ditekan, tapi tidak ada suara putaran dinamo. Monggo dicek berdasarkan gejalanya

ulin nuha basofi
ulin nuha basofi
2 Agustus 2017

bisa saja fuse.nya/sekring.nya putus bos coba diganti sama sekring cadangan kalo belum jadi mungkin ada masalah sama tombol atau relay starternya

Riski Miranto
Riski Miranto
2 Agustus 2017

Kalau kelistrikan aman tali nggak bisa distarter otomatis dan cuma bunyi ctek ctek kemungkinan arang dinamonua habis

ahmad fauzi
ahmad fauzi
13 September 2017

Penyebab Motor r15 gak bisa du starter tapi lampunya nyala coba cek satu per satu sistem pengisian motor menggunakan AVO meter mulai dari spul , kiprok dan aki / batterei , akhirnya Kiprok / Regulator Rectifier lah yang menjadi biang keladi atau sumber masalahnya.. Pengisian tegangan listrik dari kiprok menuju ke aki seharusnya maksimal di angka 14,5volt kalo sudah >15volt sudah bisa dikatakan bermasalah / overcharge #tegangan yang masuk ke aki tembus 18 volt alias overcharge# Jika sudah seperti itu, mau ndak mau harus ganti kiprok baru agar pengisian ke aki kembali stabil. Demikian dari ane , semoga berguna.

Miftachul Munif
Miftachul Munif
25 September 2017

Biasnaya sekribgnya putus gan... caranya coba sampwan buka jok dan cari sekting kecil biasanya berbentuk pipih ada di atasnya aki. Setelah ketemu biasanya sama yamaha ada cadanganya, yang lama lepas dan yang baru pasang.

O to BORN | otoborn.com
O to BORN | otoborn.com
1 Oktober 2017

A. Kalau saklar ditekan ada suara 'ctak' dan starter tidak hidup: 1. Aki tidak ngangkat, cek daya aki dan sistem kelistrikan pengecasan aki 2. Magnet dinami starter pecah /lepas, disambung tapi sulit, amannya ganti baru. B. Kalau saklar ditekan ada suara start berulang agak berat dan mesin tetap mati (speedometer lampu mati atau berkedip): 1. Aki ngga ngangkat/daya kurang, cek pengisian aki dan daya pada aki 2. Arang dinamo perlu dicek atau diganti C. Kalau ditarter tidak ada suara sama sekali, lampu speedometer hidup berkedip: 1. Cek saklar, mungkin socket kendur atau kotor atau saklar rusak 2. Cek sikring D. Kalau seperti kasus C tapi lampu tidak menyala: 1. Cek sikring 2. Cek apakah aki benar benar terhubung dengan baik Mungkin itu yang perlu dicek terlebih dahulu masbro

Ari Rakhmadiyanto
Ari Rakhmadiyanto
21 Oktober 2017

Seringkali penyebab motor injeksi khususnya adalah dibagian sekring, meski sepele namun memang bikin susah karena motor tidak mau di starter, sampai sampai saat servis ke dealer saja tidak ke deteksi sama mekaniknya

Alki Rahmatullah
Alki Rahmatullah
12 November 2017

Bisa jadi itu skring starternya putus om. Karena arus listrik udah jalan tapi ga bisa distarter normal. Kecuali kalau lampunya mati itu berarti ada masalah sama aki atau kiprok. Coba dicek skring atau socket2nya dulu om. Barangkali ada kabel yang terputus.

Rahmat AL Firdaus
Rahmat AL Firdaus
19 November 2017

Biasanya sekringnya sih, bisa dicek dulu siapa tau udah putus.

Riza Endartama
Riza Endartama
22 November 2017

Kalo di mt25 saya, penyebabnya dari engine kill switch. Jadi terkadang kalau abis matiin mesin pakai engine kill switch, pas dikontak kembali suka gak nyambung.. Sepertinya kotor.... Jadi kadang mesti di bolak balik nyala matiin switchnya baru mau nyala starternya..

Anonymous
Anonymous
8 Desember 2017

bisa jadi bro, kemungkinan scoopy nya berubah jadi bumble bee, kan keren tuh, punya tenaga super yang bisa mengalahkan decepticon, scoopynya bisa diajak terbang, atau bisa jadi peliharaan juga

LukmanMJLbdg
LukmanMJLbdg
27 Januari 2018

Pengalaman saya sih klw urusan kelistrikan di motor,, hal yg paling utama cek accu/aki ny dahulu,, klw aki ny masih Bagus(saat starter voltase aki -/+ 11volt),,, baru cek part yg lain 😁✌✌

Adi Muhammad Aziz Abdillah
Adi Muhammad Aziz Abdillah
5 Maret 2018

peratama " coba cek akinya voltase aki normal 12,3 pas mati mesinnya. kurang dari itu ya gaknyalak mesinnya. perkiraan saya sih gitu soalnya CBR saya pernah gitu juga.biasanya aki paling lama makenya 2,5 taun. kalo akinya masih baik baik aja berarti kelistrikan yang lain yang masalah.

Abdul Apip
Abdul Apip
13 Maret 2018

Banyak faktor sih bisa dari switch kontak, kabel putus, atau masalahnya bisa terjadi pada fuse, kalo gak salah R15 pake fuse 15A deh, yang utama sih periksa dulu pake alat diagnosis tool di bengkel resmi

Alfie Adhitya
Alfie Adhitya
15 April 2018

Kelistrikan nyala? Speedo dan lampu normal kan? Gejalanya bisa jadi ada beberapa kemungkinan pertama : socket starter rusak atau kendor, yang kedua bisa jadi bendiknya rusak. Yang terakhir namun ini sih sepertinya jarang sekali terjadi, dinamo starternya rusak

Peter Setiawan
Peter Setiawan
17 April 2018

Mungkin bermasalah pada kabel stater atau pokoknya dibagian staternya ga ada hubungan sama akinya ingat ga selalu stater ada kaitan dengan aki perhatikan baik2

Bimo Tri
Bimo Tri
26 April 2018

Cek sederhananya adalah aki, nyala tapi arusnya tidak kuat. Yang kedua bisa coba cek tombol starternya mas bro. Yang ketiga coba cek relay starter. Nah yang terakhir ini, kuncinya susah tapi kalau punya silahkan di bongkar sendiri,yaitu dinamo starter

Anonymous
Anonymous
1 Agustus 2018

coba cek kiprok dan aki jika keduanya normal cek dinamo staternya rusak soalnya kejadian ini persih dengan motor teman saya yang dinamo staterny rusak

Anonymous
Anonymous
15 Agustus 2018

bisa jadi tombol starter rusak atau kabelnya putus, periksa menggunakan alat multitester (avometer) untuk mengecek koneksi tombol starter atau dinamo starter rusak, ditandai masih adanya bunyi "ctek" saat tombol starter ditekan, tapi tidak ada suara putaran dinamo.