MOLADIN
Honda CRF 150L
Honda CRF 150L 0
CRF 150 L - Extreme Black
Honda CRF 150L 0
Honda CRF 150L 1
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Amani
Tanpa ada biaya tambahan & informasi data diri terjamin kerahasiaannya.
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review Honda CRF 150L

Pros: 

Mesin lebih bertenaga dan dilengkapi aspek suspensi mumpuni.

 

Cons: 

Hanya tersedia dalam satu varian. 

 

Verdict: 

Motor yang bisa diandalkan untuk kelas trail 150 cc.

 

Pasar motor trail di Indonesia sempat dikatakan mati suri selama beberapa tahun karena minat konsumennya memang tidak banyak. Kondisi ini berlanjut hingga ada salah satu pabrikan yang mengeluarkan motor trail dengan mesin 4 tak berkapasitas 150 cc. Kemunculannya perlahan mendapat respon positif. Motor trail akhirnya tidak lagi hanya dipandang sebagai kendaraan untuk menempuh medan berat, namun mulai bergeser menjadi bagian gaya hidup. Selain untuk bertualang di alam, banyak konsumen motor trail kini juga menggunakan motornya untuk kendaraan harian di perkotaan karena mempunyai penampilan yang gagah. 

Setelah melenggang sendirian sekian lama, motor trail produksi pabrikan lain tersebut kemudian mendapat lawan yang cukup tangguh di kelas trail 150 cc 4 tak. Beberapa waktu lalu, Honda meluncurkan CRF 150 L. Motor ini langsung mendapat perhatian para pencinta trail, karena Honda memang sudah sangat lama tidak meluncurkan motor trail di Indonesia secara massal. Pembelian secara cash dan kredit Honda CRF 150L juga langsung melambung karena motor ini dianggap mempunyai spesifikasi mumpuni di kelasnya. Terlebih lagi, waktu itu harga Honda CRF 150L dibanderol di angka yang cukup menarik. Apa saja keistimewaan motor dua alam ini? Coba simak review Honda CRF 150L secara lengkap berikut ini.

 

Mesin Honda CRF 150L Terapkan Sistem Injeksi

Honda CRF 150L menggunakan mesin berkapasitas 150 cc, fuel injection, 2 valves, dan berpendingin udara. Basis mesin ini sama seperti yang dipakai Honda Verza FI dan New Megapro FI. Mesin dengan konfigurasi hampir square ini memiliki tenaga yang cukup rata dari putaran bawah sampai atasnya. Pemilihan gir sprocket yang ringan khas motor trail membuat hentakan tenaganya lebih spontan. Efeknya, top speed motor ini menjadi tidak terlalu istimewa. Dibanding rivalnya, mesin CRF 150L terlihat lebih bertenaga.


Pemakaian sistem pengabutan bahan bakar injeksi di Honda CRF 150L sebenarnya sempat menjadi kontroversi di kalangan pencinta motor trail. Alasannya karena sistem kerja injeksi akan melibatkan lebih banyak komponen elektronik. Sedangkan motor ini adalah motor trail, di mana penggunanya juga akan sering menggunakannya untuk bertualang ke alam bebas dan rentan terendam air. Sebenarnya selama digunakan dengan wajar, sistem kelistrikan dirawat dengan benar, dan air tidak melewati batas ketinggian maksimal, komponen injeksi ini relatif aman karena posisinya cukup tinggi. Terlepas dari hal itu, ada kelebihan penggunaan sistem pengabutan bahan bakar injeksi di motor adventure seperti Honda CRF 150L, yakni mesin bisa dipacu dengan relatif normal meskipun posisi motor miring saat berada di medan tertentu.

Desain Sederhana Namun Gagah pada Honda CRF 150L

Honda CRF 150L memiliki bentuk seperti layaknya motor trail pada umumnya. Memiliki panel bodi yang sederhana dan bersudut lancip, desain motor ini sendiri mengadopsi dari keluarga CRF yang memang sudah dikembangkan Honda sejak lama. Karena motor ini dibuat street legal, perangkat penunjang keselamatan lalu lintas tak lupa turut disematkan pada Honda CRF. Lampu depan dengan kedok yang tipis dapat dikatakan termasuk memiliki desain sederhana. Lampu belakang motor ini juga terlihat simpel dengan bentuk lampu sein yang juga kecil. Speedometer-nya sudah bertipe digital dan mampu menampilkan informasi yang cukup lengkap.


Ciri motor trail yang berpostur tinggi langsung bisa kami rasakan ketika melihat Honda CRF 150L. Sepasang shockbreaker bertipe upside down berwarna kuning langsung menarik perhatian kami karena membuat kekar motor ini. Suspensi yang tinggi didukung roda berukuran 21-18 juga terlihat menambah kegagahannya. Honda CRF 150L kini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni extreme red dan extreme black. Berdasarkan review Honda CRF yang kami lakukan, warna yang menurut kami paling menarik adalah merah yang sudah menjadi ciri khas Honda di ajang balap, terutama balap motocross. Balutan warna merah akan semakin membuat motor ini berkesan lebih tegas.

Kenyamanan Berkendara dengan Honda CRF 150L

Honda CRF 150L, Motor Trail dengan Posisi Berkendara Nyaman

Ketika mencoba duduk di atas jok depan Honda CRF 150L, pengendara dengan postur kurang dari 170 cm rasanya akan cukup kesulitan dan harus sedikit berjinjit untuk meletakkan kedua kaki ke tanah. Memang itulah ciri khas motor trail dengan ground clearance yang relatif tinggi. Ketika sudah menaiki motor ini, akan terasa posisi duduk yang cukup nyaman. Bagian komstir yang jauh lebih tinggi dari jok depan didukung setang yang cukup tinggi akan membuat posisi badan lebih tegak dan santai. Setang yang juga cukup lebar akan membuat pengendara semakin rileks. Posisi footstep khas motor trail yang agak mundur juga cukup ideal untuk membuat pengendara leluasa melakukan pergerakan. 

 

Handling Mumpuni Honda CRF 150L

Menurut kami, pengendalian Honda CRF 150L juga terbilang cukup memuaskan, khususnya saat diajak melewati jalanan tidak rata. Desain sasis motor ini sudah teruji di beberapa tipe CRF lain yang sudah lama dikembangkan Honda. Posisi mesin yang lebih turun membuat ­center of gravity motor menjadi lebih baik dan bisa membuat motor lebih stabil. Efeknya, ground clearance menjadi sedikit lebih rendah dibanding pesaingnya. Ketika digunakan di jalanan dalam kota, Honda CRF 150L ini juga untungnya masih cukup proporsional untuk bermanuver. Namun, setang yang lebar membuat pergerakan agak terbatasi.

 

Suspensi, Salah Satu Kunci Kesuksesan Honda CRF 150L

Bagian suspensi rupanya menjadi salah satu kunci kesuksesan produk motor trail Honda CRF 150L, karena sudah dilengkapi suspensi upside down di depan dan monoshock di belakang. Sistem monoshock-nya juga sudah menggunakan Pro-Link yang jadi andalan Honda untuk motor segala medan seperti CRF 150L. Karena sudah menggunakan spesifikasi yang tergolong mumpuni untuk motor dual purpose, bantingan suspensi Honda CRF 150L juga secara otomatis memuaskan. Responnya cukup lembut dengan rebound yang proporsional ketika dipaksa berjalan di trek yang tidak rata. Ketika digunakan sebagai motor harian, Honda CRF 150L juga cukup menyenangkan, termasuk saat menemui aspal yang bergelombang. Pengendara bisa lebih nyaman melewati lubang jalanan karena travel suspensi sangat panjang.

 

Respon Pengereman Honda CRF 150L Cukup Baik

Bagian pengereman Honda CRF 150L sudah menggunakan disc brake untuk kedua rodanya. Piringan cakramnya sudah berbentuk wavy untuk melepas suhu lebih cepat. Respon remnya pun cukup baik. Namun, jika melakukan rem mendadak dengan CRF 150L di jalan raya, Anda harus cukup berhati-hati. Sebab, ban standar bertipe dual-purpose motor ini memiliki kompon yang tidak sebagus ban motor jalanan bertipe soft compound. Bila ceroboh, risiko tergelincir akan menjadi semakin besar.

Konsumsi BBM Honda CRF 150L Irit Berkat Sistem Injeksi

Seperti sempat dijelaskan sebelumnya, pemakaian sistem pengabutan bahan bakar injeksi di Honda CRF 150 membawa dampak yang cukup positif pada performa mesin. Namun, tak sampai di situ, sistem injeksi tersebut secara otomatis juga akan membawa hal baik pada aspek efisiensi BBM. Konsumsi bahan bakar motor ini menjadi cukup irit untuk ukuran sebuah motor trail 150 cc. Honda CRF 150L mampu menempuh jarak hingga lebih dari 40 km untuk tiap satu liter bensinnya.  Tentu hal ini menjadi nilai plus tersendiri untuk Honda CRF. 

Value for Money Honda CRF 150L

Jika Anda menginginkan sebuah motor trail yang cukup ideal untuk digunakan di Indonesia, maka motor berjenis dual purpose 150 cc bisa dijadikan rujukan. Motor trail jenis ini masih cukup layak digunakan di jalan yang tidak rata namun juga proporsional untuk dipakai di perkotaan. Konsumsi bensinnya juga tidak terlalu boros.

Dalam hal ini, Honda CRF 150L merupakan tipe yang ideal untuk digunakan karena memiliki beberapa kelebihan dibanding kompetitornya. Dengan berbagai kelebihan tersebut, harga Honda CRF 150L sendiri terbilang masih cukup bersaing. Sayangnya, motor ini hanya dijual dengan satu varian saja. Hal ini dapat membuat calon konsumen perlu mencari tahu apakah postur badan dan kondisi jalan yang akan dilewati sesuai dengan spesifikasi Honda CRF 150L. Sementara pada produk kompetitor yang punya varian lebih komplet, konsumen dapat lebih bebas menyesuaikan ketinggian, pilihan ban, dan aspek-aspek lain. 


Apabila spesifikasi standar CRF 150L sudah pas dengan apa yang Anda butuhkan, motor ini bisa dijadikan pertimbangan. Sebelum Anda membeli motor trail 150 cc baru, tak ada salahnya untuk mengecek promo Honda CRF di platform sepeda motor online pertama dan terbesar di Indonesia, Moladin. Dapatkan pula sistem kredit Honda CRF yang praktis, mudah, dan tidak akan menyulitkan Anda.

General Fitur Honda CRF 150L

  • Power Full EngineMesin 150cc yang paling bertenaga dikelasnya, dilengkapi dengan sistem injeksi yang memberikan performa off-road tinggi tanpa kompromi saat melakukan eksplorasi di alam bebas.
  • Alumunium RimsPenggunaan velg alumunium memberikan bobot yang ringan dan kekuatan optimal untuk terus berpetualang dalam semua kondisi
  • 21" Front Off Tire and 18" Rear Off TireUkuran ban dan velg yang besar (21 inch untuk bagian depan & 18 inch untuk bagian belakang) serta ban dual purpose yang bisa diandalkan dan siap untuk diajak berpetualang di berbagai kondisi jalan (on-road & off-road).
  • Long Travel Inverted Front ForkSuspensi depan inverted terbesar dikelasnya dengan ukuran diameter pipa 37mm dan panjang stroke 225mm, memberikan performa handling maksimal dan lebih stabil saat melewati berbagai medan jalan. Tampilan juga menjadi semakin gagah dan berkelas dengan adanya gold color anodize pada tabung suspensi.
  • New - Tail LightDesain lampu belakang yang tajam sporty dan compact membelikan kesan agresif.
  • Digital Panel MeterTampilan speedometer yang lebih compact dan akurat membuat informasi berkendara lebih mudah terbaca.
  • Wavy DIsc BrakePenggunaan rem cakram wavy depan 240mm dan belakang 220mm yang lebih besar dikelasnya memberikan performa pengereman yang optimal disegala kondisi.
  • Compact HeadlightDesain headlight yang membentuk sudut tajam sehingga memberikan kesan petarung fearless dan siap menaklukan semua medan.

Spesial Fitur Versi Standard

  • Sama Sepert di Atas

ULASAN Honda CRF 150L

4.3
86 Review
Erdiansyah
4.0
4 September 2019

bagus hahahahahahahha hahahahahhahahahehehehehehehhehzhxhhxhxhxbdhdjdjdjjdjdbxnxjsjixhdjysnxjxjxnskskndbdjxjxndkalnxbxhdnxjxjxjakkshxbxjcj jjcndjxnjxbamkzjxbsjxjjxjxjxjcjjcjcjcjcjcjcjjsjajdjcjjsjjsjjsjs

DISKUSI PRODUK Honda CRF 150L

Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
Al Fedri
Al Fedri

Simulasi kredit nya mana

JINNY MOLADIN
JINNY MOLADIN

Hallo gan Al Fedri, untuk motor Honda CRF 150L tidak tersedia di Moladin gan. Kami berikan alternatif motor lain seperti Kawasaki KLX dan Kawasaki D-Tracker gan, di Moladin DP murah angsuran ringan. Langsung saja ajukan kredit motor di Moladin gan, melalui website resmi kami di https://moladin.com/motor/Kawasaki atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service

Yuk, Kenal Lebih Jauh dengan Duo CRF dari Honda

Setelah beberapa vendor mengeluarkan motor petualangan, Honda tidak mau kalah ambil bagian di pasaran. Tidak tanggung-tanggung, duo CRF diluncurkan untuk menarik perhatian konsumen. Mereka adalah Honda CRF 150 dan Honda CRF 250. Sejalan dengan strategi yang menarik, yuk simak spesifikasi keduanya.

Spesifikasi Honda CRF 150

 Honda CRF satu ini dibekali helm apparel keren saat pembelian. Sama-sama berwarna merah dengan motor, menjadikan pengendara tampak lebih bergaya saat mengendarai si kuda besi. Soal keamanan, pastinya tidak diabaikan di sini. Honda CRF 150 pada dasarnya adalah motor off road. Jadi, kalau dikendarai di jalan raya, akselerasinya cepat, tetapi tidak terlalu kencang. Beda lagi di medan berlumpur atau menantang. Pengendara akan melibas trek tanpa hambatan berarti. Soal handling, motor ini bisa dikatakan tangguh. Dalam melewati medan ekstrem, pengendara sangat berpotensi untuk jatuh. Namun, saat dikendarai lagi masih terasa nyaman. Apalagi, stang dan ayunan sok masih dalam keadaan prima. Berpindah ke aspek power dan torsi, sama-sama mantap, nih. Alhasil, risiko selip kopling akan semakin kecil. Bahkan, ketika setengah bagian ban dual purpose terendam dalam lumpur, performa motor masih terjaga. Adapun catatan saat mengendarai Honda CRF 150. Pengendara diharapkan untuk lebih berhati-hati di tikungan agar meminimalisir risiko tergelincir. Kuncinya adalah mengendalikan power, serta tiga elemen lain yaitu gas, rem, dan kopling. Lantas, berapa harga CRF 150? Motor ini dibanderol lebih dari 32 juta, dengan variasi nominal berbeda-beda sesuai pilihan warna. Kalau ingin membeli secara kredit, Moladin bisa diandalkan, nih. Selain kredibilitasnya tidak diragukan lagi, DP yang ditawarkan cukup murah.

Spesifikasi Honda CRF 250

Honda CRF 250 dibedakan menjadi dua yaitu CRF Rally dan CRF 250L. Nah, apa sih perbedaannya? Secara sekilas, perbedaan kedua varian tersebut ada pada tampilan serta dimensi, tangki serta berat, dan harga. CRF 250L sama persis dengan adiknya yaitu CRF 150L. Jadi, fokus pembahasan akan lebih ditekankan pada versi Rally, ya. Honda CRF 250 memiliki aksesori resmi yang lebih banyak dari versi 150. Ada 8 item, di antaranya adalah rear rack, hand guard black, wind screen, headlight guard, heel guard R, cover drive sprocket, guard RR cylinder brake, dan muffler garnish. Si Rally tersedia dalam satu pilihan warna yaitu Extreme Red. Meski kurang variatif, besutan Honda ini sangat fungsional. Dikendarai di jalanan atau medan ekstrem sama-sama nyaman. Hal tersebut dikarenakan bobot yang dimiliki ringan, dimensi ramping, dan desain dapat beradaptasi terhadap rintangan pada trek. Jika fitur unggulan Honda CRF 150 ada pada suspensi andal dari Showa, berbeda dengan Honda CRF 250. Motor ini dilengkapi dengan sistem pengereman Floating Wave Disc. Harga CRF 250 dua kali lipat dibanding versi 150 yaitu 62,9 juta dengan OTR Jakarta. Memang cukup mahal, ya. Apalagi motor ini juga digemari di Malaysia. Nah, itulah duo Honda CRF yang sama-sama memesona. Keduanya sangat seimbang jika dibandingkan dari berbagai aspek. Hanya masalah harga saja paling terasa berbeda.