MOLADIN
KTM Duke 390 New 0
KTM Duke 390 New 0
KTM Duke 390 New 1
KTM Duke 390 New 2
KTM Duke 390 New 3

HARGA KREDIT

OTR
Cicilan tidak tersedia berdasarkan data yang Anda tentukan!
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Amani
Tanpa ada biaya tambahan & informasi data diri terjamin kerahasiaannya.
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review KTM Duke 390

Pros: 

Performa mesin impresif.

 

Cons: 

Dibanderol dengan harga tergolong tinggi di pasaran. 

 

Verdict: 

Layak dipertimbangkan bagi pengguna motor naked yang menginginkan performa mesin lebih tangguh.

 

Tak puas bermain di pasar motor naked kelas menengah, KTM berani membawa motor telanjang dengan versi yang berkapasitas mesin lebih besar. Diluncurkannya KTM Duke 390 yang mengekor dua adiknya yang berkapasitas 200 dan 250 cc terbilang sebagai langkah berani yang diambil brand asal Austria ini. Hal ini karena memang belum banyak pabrikan lain yang bermain di kelas motor dengan kapasitas seperti ini. Meskipun pasarnya belum terbuka lebar, KTM Duke 390 tetap punya penggemar tersendiri. Terbukti dari cukup banyaknya konsumen yang membeli varian Duke ini dibandingkan produk lain yang lebih jamak di pasaran. Walaupun konsumennya segmented, namun pembelian secara cash maupun kredit KTM Duke 390 juga terbilang masih cukup tinggi. Harga KTM Duke 390 yang cukup tinggi sepertinya juga masih bisa dipahami penggemarnya.

Dengan kapasitas mesin sebesar ini, memang cukup susah untuk mengomparasikan KTM Duke dengan tipe motor lain yang sepadan di Indonesia. Pastinya, motor ini akan bisa menjanjikan sensasi berkendara yang unik dibanding jenis motor naked lain. Penasaran dengan segala hal yang ditawarkan motor ini? Simak saja review KTM Duke 390 secara lengkap berikut ini.

Mesin KTM Duke 390 Janjikan Tenaga Mumpuni Sejak Putaran Bawah

Dengan kapasitas mesin 373,2 cc, KTM Duke 390 tentu menjanjikan tenaga yang cukup mumpuni untuk digunakan di jalanan Indonesia. Motor ini sendiri masih menggunakan silinder tunggal meski kubikasinya besar. Jika dilihat dari perbandingan langkah piston dan diameter piston, konfigurasi mesin motor ini tergolong overbore dengan selisih diameter piston yang hampir 1,5 kali lipat lebih besar dibanding panjang langkah piston. Meskipun begitu, jangan dibayangkan bahwa KTM Duke 390 akan loyo di putaran bawahnya seperti kebanyakan mesin overbore. 

Agaknya, performa motor ini bisa tertolong banyak dengan pemakaian piston berdiameter sangat besar. Untuk torsinya sendiri, terbilang lumayan tinggi. Motor ini sangat responsif dari putaran bawahnya. Jika tidak hati-hati mengurut putaran gas, pengendara bisa terkejut dengan hentakan mesin yang bisa membuat roda depan mengangkat. Memasuki rpm yang lebih tinggi, tenaga KTM Duke 390 seakan tidak cepat habis. Tenaga dan torsi yang besar ini diimbangi fitur Slipper Clutch. Adanya fitur ini cukup membantu pengendara untuk meminimalisir tendangan balik dari mesin saat gigi diturunkan di kecepatan tinggi yang bisa mengakibatkan roda mengunci.

KTM Duke 390 Hadirkan Desain Futuristik dan Tangguh

Sekilas saja memandang KTM Duke 390, kami langsung mendapat impresi desain yang sangat khas dan mencirikan varian Duke pada umumnya. Desainnya serba tajam, bisa dilihat dari sekujur panel bodi yang dibuat dengan sudut-sudut runcing. Hal ini menghadirkan kesan sangar, gagah dan futuristik. Didukung dengan rangka trellis semi tubular yang ditonjolkan di bagian front section dengan warna orange khas pabrikan Austria, desain motor ini semakin terlihat tangguh. Bagian sub frame di belakang yang bertipe knock down pun diperlihatkan dengan warna yang berbeda. Desain lengan ayun berbahan alumunium dengan guratan yang kekar semakin mendongkrak penampilan. Ditambah lagi, sepasang garpu upside down di bagian suspensi depan juga kian memperlihatkan kegagahan motor ini.

Salah satu bagian yang membedakan KTM Duke 390 dengan varian Duke lain yang berkapasitas mesin lebih kecil ada di bagian lampu utamanya. KTM Duke 390 sudah menggunakan desain lampu yang dipisahkan dengan garis di bagian tengahnya. Headlamp-nya sendiri sudah bertipe LED. Tampilan lampu depan ini membuat motor terlihat lebih futuristik. Bagi sebagian orang, memang bentuk muka ini bisa terlihat agak aneh karena terlalu modern. Tapi, suka atau tidak, desain headlamp ini jadi model yang juga dipakai KTM untuk varian Duke tertingginya yaitu Super Duke 1290.

Fitur tertentu seperti speedometer di KTM Duke 390 juga tergolong cukup canggih. Speedometer digital-nya sudah menggunakan layar dengan resolusi tinggi. Informasi yang ditampilkan pun lumayan lengkap dan melebihi sebagian besar motor produksi massal di Indonesia. Penempatannya berada di atas segitiga bagian atas. Kalau dilihat dari segi proporsionalitas tampilan, menurut kami, penempatan speedometer ini agak terlihat kurang serasi dengan desain bagian bodi lainnya.

Kenyamanan Berkendara dengan KTM Duke 390

Posisi Berkendara KTM Duke 390 Nyaman Digunakan dalam Kota

Posisi berkendara KTM Duke 390 secara umum masih cukup identik dengan varian Duke lainnya. Joknya dibuat agak tinggi, kira-kira mirip varian Duke 250. Dengan begitu, pengendara berpostur di bawah 170 cm harus menjinjitkan kakinya saat berkendara di jok depan. Posisi setangnya juga ala naked bike pada umumnya, cenderung lebar dengan ketinggian yang masih ideal untuk membuat posisi punggung tidak terlalu menunduk. Dengan posisi berkendara tersebut, motor ini cukup ideal untuk dijadikan tunggangan harian di dalam kota. 

 

Handling KTM Duke 390, Ideal Meski Berbobot Besar

Walaupun kapasitas mesinnya cukup besar, KTM Duke 390 rupanya masih bisa dipacu selincah motor lain yang berkapasitas mesin lebih kecil. Dimensinya sendiri masih tidak jauh berbeda dengan keluarga Duke lain yang berkapasitas mesin di bawahnya. Bobot motor ini sebenarnya hanya sedikit lebih berat dibanding adiknya, namun masih tergolong ringan untuk motor berkapasitas hampir 400 cc. Untuk digunakan di kepadatan lalu lintas, KTM Duke 390 menurut kami masih cukup proporsional untuk ukuran motor besar. Posisi mesin yang agak turun ke bawah juga akan membantu distribusi bobot menjadi lebih ideal.

 

KTM Duke 390 Dilengkapi Sistem Suspensi Mumpuni dan Memuaskan

Saat melakukan review KTM Duke 390, motor ini menurut kami terbilang mempunyai kemampuan yang cukup mumpuni dalam hal suspensi. Kemampuan peredamannya tergolong cukup nyaman namun tidak sampai mengganggu aspek handling-nya. Suspensi depan upside-down dan monoshock di belakang dari vendor ternama menghasilkan kinerja peredaman yang sangat baik. Di bagian peredam kejut belakang, juga tersedia setelan tingkat kekerasan yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna.

 

Pengereman KTM Duke 390 Mumpuni dan Canggih

Kemampuan pengereman KTM Duke 390 juga tergolong cukup mumpuni untuk mengendalikan laju. Selain dibekali rem cakram dengan spesifikasi yang lumayan baik di kedua rodanya, motor ini juga sudah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System). Adanya fitur ini bisa meminimalisir risiko roda slip saat pengereman mendadak. Satu lagi kelebihan dari motor ini dari segi pengereman yaitu sistem ABS-nya bisa diatur aktivasinya melalui layar MID (Multi Information Display) dengan bantuan tombol di bagian setang.

Konsumsi BBM KTM Duke 390, Wajar untuk Ukuran Motor Besar

Menggunakan motor dengan kapasitas mesin sebesar KTM Duke 390, biasanya pengguna sudah tidak terlalu sensitif soal efisiensi BBM. Anda pasti sudah memahami bahwa motor sebesar ini tentu menawarkan efisiensi bensin yang juga tidak terlalu irit. KTM Duke 390 sendiri mampu menempuh jarak sekitar 22-25 km per liter bensinnya. Meski jelas terlihat boros dibandingkan motor lain yang berkapasitas lebih kecil, angka ini bisa dikatakan cukup wajar untuk ukuran mesin hampir 400 cc.

KTM Duke 390, Tunggangan Mumpuni untuk Pencinta Motor Besar

Melihat harga KTM Duke 390, cukup wajar bila motor ini dibanderol lumayan mahal. Hal ini karena regulasi di Indonesia memang mengharuskan motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc untuk dikenai pajak yang lebih tinggi. Segmen motor ini sendiri lebih ke kalangan yang memang menginginkan sensasi berkendara berbeda dan senang memacu motor berkapasitas besar. Jika spesifikasi KTM Duke 390 sesuai dengan keinginan Anda dan budget sebesar itu tidak terlalu memberatkan, maka motor ini layak dijadikan pertimbangan sebagai tunggangan idaman. Sebelumnya, bisa dicek dulu promo KTM Duke 390 di Moladin untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat. Sebagai platform sepeda motor online pertama dan terbesar di Indonesia, Moladin juga menghadirkan sistem kredit KTM Duke 390 yang mudah, cepat, dan aman.

General Fitur KTM Duke 390 New

    ULASAN KTM Duke 390 New

    4.2
    29 Review
    Ridho VladVamp
    3.0
    25 November 2018

    pertama kali diluncurkan roadster midle clas dari pabrikan oranye yaitu ktm duke390 ini cukup bikin deg2an masbroo, gimana enggak kala itu dibanderil gak nyampe 100jeti, full paper dan cbu punya tampang sangar, power meledak dengan torsi padet, too good too be true

    DISKUSI PRODUK KTM Duke 390 New

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
    encep suryadi
    encep suryadi

    maaf tadi saya kepencet terkirim maaf ke pencet

    JINNY MOLADIN
    JINNY MOLADIN

    Hallo gan Encep, bisa diskusikan langsung dengan tim telesales Moladin gan. Selain motor di Moladin juga menjual apaprel, sparepart dan perawatan motor gan, dan sedang ada promo menarik lainnya. Info lebih lanjut cek di https://moladin.com/promo atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service