MOLADIN
KTM RC 200
KTM RC 200 0

HARGA KREDIT

OTR
+62
Cicilan tidak tersedia berdasarkan data yang Anda tentukan!
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Aman
DP motor dibayar setelah motor diterima
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review KTM RC 200

Pros: 

Desain unik, tampilan kekar.

Cons: 

Fitur keamanan minim, harga agak tinggi.

Verdict: 

Cocok untuk pengguna motor sport yang mencari pengalaman berkendara berbeda dibandingkan beberapa produk massal lain dengan kapasitas mesin sama di Indonesia. 

 

Setelah sukses membuat merek KTM semakin dikenal di tanah air, Agen Pemegang Merek (APM) yang mengurusi penjualan sepeda motor KTM untuk motor jalanan di bawah 400 cc mencoba melebarkan sayapnya lagi. Menyusul sambutan varian Duke yang cukup hangat, mereka kemudian meluncurkan tipe motor lain yaitu varian sport full fairing di seri RC. Ada beberapa tipe KTM RC yang saat ini dihadirkan di Indonesia. Kita mulai dari review KTM RC 200 yang merupakan varian berkubikasi mesin terkecil dari varian ini di tanah air. Jika melihat kapasitas mesinnya, APM KTM bisa dikatakan cukup berani untuk merilis tipe ini. Bagaimana tidak, varian motor 200 cc memang sudah tidak banyak digarap lagi oleh merek lain untuk pasar di dalam negeri. Jenis motor sport di Indonesia kebanyakan diisi tipe yang berkapasitas mesin 150 dan 250  cc.

Meskipun terkesan nanggung, bukan berarti KTM RC 200 tidak menarik untuk dibahas. Motor ini tetap punya penggemarnya tersendiri, bisa dilihat dari pembelian secara cash maupun kredit KTM RC 200 yang masih eksis. Membawa merek ternama asal Austria, motor ini memang bisa menjanjikan sensasi pengalaman berkendara yang berbeda dibanding menggunakan motor sport buatan pabrikan Jepang yang banyak beredar di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, coba simak secara lebih detail review KTM RC 200 berikut ini.

Performa Mesin KTM RC 200 Didukung Tenaga Memadai

Sama seperti KTM Duke 200, KTM RC 200 masih menggunakan mesin berkonfigurasi overbore dengan diameter piston yang melebihi langkah pistonnya. Mesin ini sudah dilengkapi noken-as ganda dengan 4 katup. Tenaga yang dihasilkan pun cukup memadai untuk ukuran motor berkapasitas mesin 200 cc dengan silinder tunggal. Karakter mesin overbore yang tenaganya berkumpul di putaran atas masih bisa dirasakan di KTM RC 200. Untungnya, ini terbantu dengan gear rasio yang memiliki perbandingan agak ringan setidaknya di gigi rendahnya. Putaran mesin menjadi lebih mudah naik dan pengendara bisa merasakan potensi tenaga maksimalnya. Mesin KTM terbilang cukup responsif untuk ukuran motor dengan kapasitas seperti ini. Untuk merasakan performanya secara maksimal, dibutuhkan trek yang agak panjang dan lengang.

Desain Sangar Namun Simpel pada KTM RC 200

Bentuk bodi KTM RC 200 terlihat mempunyai garis bodi yang agak berbeda dibanding beberapa motor sport pabrikan Jepang yang beredar di Indonesia. Kesan futuristiknya sendiri tampak dari beberapa bagian bodi yang dibuat dengan sudut-sudut tajam. Sepertinya, alasan aerodinamika juga memengaruhi penggunaan desain bodi semacam ini. Meskipun begitu, nuansa khas desain motor Eropa bisa dirasakan jika KTM RC 200 dilihat dari bagian depan. Terdapat sepasang lampu dual projector yang dipasang di posisi agak ke dalam. Sekilas, terlihat seperti desain motor buatan benua biru yang berkapasitas mesin lebih besar. Motor jadi kelihatan lebih kalem namun sangar. 

Saat melakukan review KTM RC 200 dan melihat motor ini sekilas, awalnya kami dibuat cukup bingung menemukan di mana posisi knalpot motor ini. Ternyata, posisinya berada di bawah rangka tengah atau underbelly dan ditutup oleh fairing. Hanya terlihat sedikit moncong muffler yang keluar di bawah fairing tengah sebelah kiri. Secara estetika, desain knalpot ini membuat tampilan KTM RC 200 menjadi simpel. Aura motor yang terlihat beda juga bisa dilihat dari bagian rangkanya. Rangka trellis diperlihatkan konstruksinya di beberapa bagian. Bahkan, frame motor ini semakin diekspos dengan cat warna orange yang jadi warna khas KTM. Bagian lengan ayun yang kekar berbahan aluminium juga ikut menambah kesangaran motor. Fitur yang tersedia di KTM RC 200 terbilang cukup standar. Bahkan, dalam beberapa hal, masih setara dengan motor sport 150 cc. Sebut saja speedometer full digital yang kini sudah banyak diterapkan di motor sport dengan kapasitas mesin lebih kecil. Fitur keamanan pun masih terbilang biasa saja dengan kunci kontak yang belum dilengkapi pengaman tambahan.

Kenyamanan Berkendara dengan KTM RC 200

Posisi Berkendara KTM RC 200 Lebih Nyaman Dibanding Motor Sport Kebanyakan

Posisi berkendara KTM RC 200 dibuat lebih racy dibanding varian lain yang berjenis naked. Untuk posisi joknya sendiri, agak terbilang tinggi terutama bagi pengendara yang berpostur kurang dari 170 cm. Ergonomi setangnya juga sangat khas motor sport. Sebenarnya, posisi setang tidak serendah motor sport lain yang ditempatkan di bawah triple tree. Posisi setang motor ini masih sejajar dengan segitiga atas shockbreaker. Meskipun begitu, posisi jok yang tinggi akan membuat punggung pengendara menunduk. 

 

Handling KTM RC 200 Masih Ideal Digunakan di Kepadatan Lalu Lintas

Saat melakukan review KTM RC 200 dan coba menungganginya, bisa terasa seperti mengendarai sebuah motor sport berkapasitas 150 cc. Bobotnya masih mirip-mirip dengan motor sport berkapasitas mesin lebih kecil tersebut. Dimensinya juga tidak berbeda jauh. Motor ini masih terasa nyaman untuk dipakai menembus kepadatan lalu lintas. Sementara bila dipakai di kecepatan yang agak tinggi, pengendalian motor ini juga masih terasa stabil karena jarak sumbu roda yang terhitung ideal.

 

Suspensi KTM RC 200 Tergolong Mumpuni

Kinerja suspensi upside down di depan dan monoshock di bagian belakang KTM RC 200 dapat dikatakan cukup baik dalam menjalankan tugasnya. Motor ini masih terasa nyaman ketika suspensi dipaksa meredam getaran di permukaan jalan tidak rata, namun juga masih cukup stabil ketika dipakai menikung. Setelan tingkat kekerasan di suspensi belakangnya sendiri bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

 

Pengereman KTM RC 200 Mumpuni Meski Tanpa Fitur ABS

Bagian pengereman KTM RC 200 sudah dibekali spesifikasi perangkat yang mumpuni. Diameter piringan cakramnya juga tergolong lebar. Performa pengeremannya pun bisa sangat memadai untuk mengendalikan laju motor sport 200 cc ini. Sayangnya, fitur ABS masih absen untuk varian ini.

Konsumsi BBM KTM RC 200 Tergolong Efisien

Menggunakan mesin yang berbasis mirip dengan KTM Duke 200, konsumsi BBM yang bisa dihasilkan KTM RC 200 juga tidak terlalu jauh berbeda. Motor ini dapat menempuh jarak sekitar 35 kilometer per liter bensinnya. Konsumsi bahan bakar yang lebih efisien bisa didapat jika pengendara dapat menjaga karakter berkendara agar tidak agresif didukung kondisi jalan yang memadai.

KTM RC 200, Harga Tinggi untuk Pengalaman Berkendara Berbeda

Untuk motor sport berkapasitas di bawah 250 cc, harga KTM RC 200 tergolong agak tinggi. Sebenarnya, harga motor ini sudah lebih murah dibanding beberapa tahun lalu. APM-nya sudah menawarkan banyak promo KTM RC 200 dengan menurunkan harganya hingga cukup signifikan. Meskipun begitu, harga motor ini hingga sekarang masih tetap lebih tinggi, bahkan dibanding beberapa varian sport 250 cc bersilinder tunggal produksi pabrikan Jepang. Namun, dengan melihat spesifikasinya, sepertinya KTM RC 200 memang menjanjikan pengalaman berkendara yang berbeda. Jika Anda merupakan penggemar merek asal Austria ini dan menyukai pengalaman berkendara yang antimainstream, KTM RC 200 layak untuk dipertimbangkan. Sebelum membeli motor ini, cek dulu promo KTM RC 200 dan berbagai tipe motor lain di Moladin. Selain itu, Moladin juga menghadirkan sistem kredit KTM RC 200 yang cepat, mudah, dan aman untuk mempermudah aktivitas belanja Anda. 

General Fitur KTM RC 200

    ULASAN KTM RC 200

    4
    30 Review
    Zumriyanto
    3.5
    21 Juni 2018

    masalah selera aja sih motor ini terlihat aduhai dari samping tp mungkin kedepan dari sisi depan harus melakukan banyak perkembangan karena sangat runcing dan terlihat lebih mungil bahkan dengan sport fairing 150 pabrikan jepang, dan jok belakang juga musti di koreksi karena terlalu polos, kita tahu motor balap sirkuit ga ada untuk boncengan tentu saja tp ktm mungkin juga musti mempertimbangkan ini untuk kedepannya, membuat sedemikian rupa agar lebih ciamik. secara keseluruhan

    DISKUSI PRODUK KTM RC 200

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
    AGUS ABDUL WAHAB
    AGUS ABDUL WAHAB

    halo gan,, kalo dp nya pake motor bisa ga?

    JINNY MOLADIN
    JINNY MOLADIN

    Belum bisa gan Abdul, untuk program trade in/tukar tambah belum bisa di Moladin gan. Di Moladin DP murah angsuran ringan gan, langsung saja ajukan kredit motor di Moladin. Melalui website resmi kami di https://moladin.com/motor-best-discounts atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service