MOLADIN
KTM RC 250
KTM RC 250 0

HARGA KREDIT

OTR
+62
Cicilan tidak tersedia berdasarkan data yang Anda tentukan!
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Aman
DP motor dibayar setelah motor diterima
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review KTM RC 250

Pros: 

Desain unik, suspensi cukup nyaman, sudah dilengkapi fitur ABS.

 

Cons: 

Harga agak mahal untuk motor sekelasnya, minim fitur security.

 

Verdict: 

Alternatif motor sport 250 cc single cylinder dengan fitur yang hampir setara motor sport 250 cc twin pada umumnya.

KTM sepertinya memang berani lebih serius bermain di pasar motor Indonesia. Tidak hanya bertarung di kelas yang penggemarnya spesifik, kini merek asal Austria ini berani bertarung di kelas motor yang pasarnya lebih umum. Ini dibuktikan dengan diluncurkannya KTM RC 250. Motor ini menjadi andalan pabrikan berwarna jingga ini untuk bersaing dengan pabrikan Jepang yang ramai memasuki segmen motor sport 250 cc. Sebenarnya, agak susah juga membandingkan KTM RC 250 dengan motor sport full fairing 250 cc lain yang membanjiri pasar Indonesia. Hal ini karena beberapa pabrikan besar lebih nyaman untuk menawarkan motor 250 cc bersilinder kembar, sedangkan KTM RC 250 masih dirancang dengan satu silinder. Harga KTM RC 250 yang dipasang APM (Agen Pemegang Merek) KTM juga terlihat lebih mahal dibanding pesaing tunggalnya. Meskipun begitu, masih tetap lebih murah dibandingkan beberapa motor 250 cc yang bermesin twin cylinder.

Meskipun dibanderol dengan harga yang berada di tengah-tengah rivalnya, namun KTM RC 250 ini tetap punya penggemar tersendiri. Hal ini bisa dilihat dari angka pembelian secara cash maupun kredit KTM RC 250 yang tetap eksis. Penggemar motor sport 250 cc yang memutuskan memilih KTM RC 250 sebagai tunggangan kebanyakan berasal dari segmen yang membutuhkan pengalaman berkendara yang berbeda. Sebab, KTM RC 250 memang terlihat menjanjikan sensasi berbeda tersebut. Seperti apa detailnya? Coba simak review KTM RC 250 berikut ini.

Performa Mesin KTM RC 250 Mumpuni di Putaran Atas

KTM RC 250 dibuat dengan basis mesin yang mirip dengan KTM RC 200. Salah satu bedanya adalah langkah piston atau stroke sudah dipanjangkan sebesar 11,1 mm. Inilah yang membuat kubikasi mesinnya naik menjadi 250 cc. Meskipun sudah dibuat dengan langkah piston yang lebih panjang, mesin ini masih berkonfigurasi overbore. Karakternya jadi cukup cocok untuk dipakai di motor sport macam KTM RC 250 ini. Dengan mesin yang overbore, tenaga maksimum motor ini tidak berada di putaran bawah. Karena itulah, untuk mengail tenaganya, kami harus membuka grip gas lebih dalam terlebih dulu. 

Rasio gigi transmisi yang rapat terasa agak ringan di gigi rendah dan bisa membantu mesin lebih cepat berputar menuju putaran atas. Ketika sudah sampai di rpm menengah, baru Anda akan mulai bisa merasakan tenaganya. Pengendara perlu menjaga putaran gas agar tidak mudah menyentuh angka limiter. KTM RC 250 sudah dilengkapi Slipper Clutch. Ini membuat pengendara bisa mengatur laju motor di kecepatan tinggi menjadi lebih nyaman. Ketika melepas kopling saat menurunkan posisi gigi di kecepatan tinggi, hentakan dari mesin bisa diminimalisir dan mengurangi risiko ban berdecit.

KTM RC 250 Miliki Desain Tangguh Namun dengan Fitur Minim

Kalau melihat desain KTM RC 250, langsung terasa nuansa yang dihadirkan produsennya sangat berbeda dibanding bentuk motor sport 250 cc yang kebanyakan beredar di Indonesia. Motor ini terlihat agresif namun tetap enak dipandang. Bentuk bodi dengan sudut yang tajam menegaskan kesan sporty dan aerodinamis serta memperkuat desain motor khas Eropa. Hal ini misalnya bisa dilihat dari fairing depan yang meruncing tetapi dibenamkan sepasang lampu dual projector berbentuk bulat dengan posisi agak melesak ke dalam. Kesannya jadi racy tapi sangar. Memang, bentuk sportbike buatan KTM yang berkapasitas mesin di bawah 400 cc agak sulit dibedakan karena garis desainnya terlihat sama. Untuk membedakan KTM RC 250 terbaru dengan versi RC 200 misalnya, hanya terdapat beberapa perbedaan parts. Salah satunya posisi knalpot RC 250 terbaru berada di samping kanan, berbeda dengan RC 200 yang muffler-nya berada di bawah rangka tengah. Ini juga berakibat pada perbedaan desain fairing bawah RC 250 yang lebih sederhana tanpa penutup muffler knalpot. 

Perbedaan lain terdapat pada warna rangka. Jika KTM RC 200 lebih terlihat terekspos rangka trellis-nya dengan cat orange, maka di KTM RC 250 rangka andalan KTM malah diberi kelir hitam. Warna orange khas KTM justru dibuat lebih mendominasi di bagian bodi. Untuk fiturnya, KTM RC 250 tergolong tidak terlalu istimewa untuk motor sport berkapasitas 250 cc. Speedometer full digital sudah hadir di motor ini dengan display informasi yang cukup lengkap bagi pengendara. Lampu belakang, sein, dan lampu senja juga sudah menggunakan tipe LED. Sementara untuk headlamp-nya, masih memakai bohlam halogen. Sayangnya, fitur keamanan motor ini masih sangat minim dengan mekanisme kunci kontak standar.

Kenyamanan Berkendara dengan KTM RC 250

Posisi Berkendara KTM RC 250 Khas Motor Balap

Dengan nama RC yang merupakan kependekan dari Race Competition, bisa ditebak kalau KTM RC 250 akan menghasilkan pengalaman berkendara ala motor balap. Ini terlihat dari posisi duduk pengendara yang dibuat menunduk dengan penempatan setang yang agak rendah. Joknya sendiri cukup tinggi untuk ukuran postur di bawah 170 cm. Jok yang tinggi dan setang yang agak rendah ini akan membuat badan pengendara lebih dekat ke tangki. Untuk berpacu di kecepatan tinggi, posisi badan ini bisa terasa cukup ideal. Namun, untuk dipakai di dalam kota tentu akan membuat pengendara cepat pegal.

 

Handling KTM RC 250 Ideal dan Nyaman Digunakan Bermanuver

Saat melakukan review KTM RC 250, kami merasa cukup puas saat memacunya di kecepatan tinggi. Rancang bangunnya bisa membuat motor ini lumayan mudah untuk dikendalikan. Terlebih lagi, ban yang dipakai juga memiliki grip yang cukup menggigit di aspal. Bobotnya sendiri masih tergolong ideal untuk motor 250 cc, bahkan lebih ringan daripada beberapa motor sekelasnya yang bersilinder ganda. Dipakai di dalam kota juga masih terasa ideal meskipun tidak selincah versi naked-nya.

 

Suspensi KTM RC 250 Melebihi Spesifikasi Rival

Suspensi yang dipakai KTM RC 250 sudah menggunakan upside down di bagian depan, melebihi spesifikasi rivalnya sesama motor sport 250 cc single cylinder. Karakter suspensinya sendiri bisa dikatakan ideal untuk pemakaian di dalam kota maupun kecepatan yang lebih tinggi. Bantingannya tidak terlampau keras dan bisa disetel jika ingin tingkat kekerasan yang berbeda untuk bagian belakangnya.

 

KTM RC 250 Dilengkapi Sistem Pengereman Mumpuni

Bagian pengereman KTM RC 250 tergolong cukup mumpuni untuk menghentikan laju. Kedua rodanya sudah dilengkapi rem cakram dengan spesifikasi yang lumayan memadai. Ditambah lagi, adanya fitur ABS (Anti-Lock Braking System) cukup menjadi nilai tambah dari motor ini. ABS akan mengurangi risiko ban tergelincir akibat roda mengunci saat melakukan pengereman mendadak.

Konsumsi BBM KTM RC 250 Wajar Khas Motor Sport 250 cc

Soal efisiensi bahan bakar, KTM RC 250 berada di kisaran angka 25-30 km per liter. Cukup wajar untuk sebuah motor sport berkapasitas 250 cc. Rasio kompresi mesin yang diusungnya sendiri cukup tinggi. Oleh karena itu, penggunanya disarankan untuk selalu memakai jenis bahan bakar yang bernilai oktan tinggi pula.

Harga Tinggi KTM RC 250 Terkompensasi Keunggulan yang Tak Dimiliki Rival

Saat awal diluncurkan, harga KTM RC 250 dibanderol di angka yang cukup tinggi untuk motor sport 250 cc. Beberapa waktu kemudian, APM KTM yang menggawangi penjualan motor ini menurunkan harga KTM RC 250. Promo KTM RC 250 pun semakin banyak dihadirkan untuk merayu calon konsumennya. Untuk saat ini, harga motor ini memang masih lebih tinggi dari kompetitornya sesama motor sport 250 cc satu silinder. Selisihnya cukup banyak, hingga belasan juta karena rivalnya juga menurunkan harga produknya beberapa waktu lalu. Meskipun lebih mahal, KTM RC 250 memiliki beberapa keunggulan, seperti suspensi upside down dan fitur ABS yang belum bisa ditemukan pada produk rivalnya. Jika Anda merasa beberapa kelebihan tadi cukup untuk mengompensasi selisih harganya, maka motor ini bisa jadi pertimbangan. Dapatkan promo KTM RC 250 di Moladin. Kami juga menyediakan sistem kredit KTM RC 250 yang mudah, cepat, dan aman. 

General Fitur KTM RC 250

    ULASAN KTM RC 250

    4.3
    20 Review
    Setyawan
    3.5
    13 November 2018

    saya angkat tangan deh kalau disuruh naik motor KTM RC 250 di dalam kota, cukup membuat pegal tangan dan punggung karena ergonomi nya nunduk banget. enaknya dipakai untuk track day, suara mesin agak kasar menurut saya.

    DISKUSI PRODUK KTM RC 250

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
    erik
    erik

    ktm 250 cc yg berapa cilinder yh jinny

    JINNY MOLADIN
    JINNY MOLADIN

    Hallo gan Erik, untuk motor KTM RC 250 masih 1 (satu) Silinder gan. Langsung saja ajukan kredit motor di Moaldin gan, melalui website resmi kami di http://bit.ly/AJUKANKTMRC250 atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service