MOLADIN
KTM RC 390
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Aman
DP motor dibayar setelah motor diterima
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review KTM RC 390

Pros: 

Dirancang dengan tenaga mesin responsif.

Cons: 

Memiliki fitur yang tergolong minim untuk sebuah motor modern. 

Verdict: 

Cocok untuk pengendara motor sport yang ingin merasakan performa lebih dan karakter mesin berbeda dibanding motor sport kelas menengah yang beredar di Indonesia.

 

Seperti varian naked-nya, jajaran motor sport KTM juga dijual dengan beberapa perbedaan tipe untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Setelah sebelumnya meirilis tipe berkapasitas RC 200 dan RC 250, KTM juga menghadirkan tipe yang lebih besar yakni KTM RC 390. Tipe ini sendiri menjadi motor sport dari KTM dengan kapasitas di bawah 400 cc dengan kubikasi mesin terbesar yang dijual di Indonesia. Percaya diri dengan menampilkan motor sport berkapasitas hampir 400 cc, APM (Agen Pemegang Merek) yang menaungi penjualan KTM RC 390 tentu menjadi tidak ada lawan di segmen ini. Hal ini karena memang pasar motor sport dengan kubikasi mesin seperti KTM RC 390 belum dimasuki oleh pabrikan lain sampai saat ini. 

Meskipun begitu, bukan berarti minat pembelian secara cash maupun kredit KTM RC 390 menjadi nihil. Motor ini tetap punya penggemar tersendiri, terutama bagi penggemar yang sudah terlanjur fanatik dengan motor sport bermerek Austria ini. Meskipun harga KTM RC 390 sudah tergolong tinggi, minat pembeliannya terbukti masih cukup eksis. KTM RC 390 menawarkan sensasi berkendara ala motor balap dengan performa yang melebihi kedua adiknya. Sepertinya, ini sangat menjanjikan bagi pengguna motor sport yang ingin menjajal pengalaman berkendara baru dengan motor berkemampuan lebih tinggi. Motor ini pun memiliki spesifikasi yang cukup unik, berbeda dari kebiasaan kebanyakan pabrikan yang memproduksi motor sport, terutama di Indonesia. Simak review KTM RC  390 lebih jauh untuk mengetahui keunikan yang dimiliki motor ini.

Performa Mesin KTM RC 390 Tangguh Sejak Putaran Bawah

Saat melakukan review KTM RC 390, impresi pertama yang kami dapat adalah bahwa pemakaian mesin motor ini tergolong agak unik. Kebanyakan motor sport yang beredar di tanah air sudah menggunakan format silinder ganda. Namun, hal itu tidak diterapkan pada KTM RC 390. Sepertinya, KTM lebih punya pengalaman membangun mesin silinder tunggal yang diadopsi di varian dirt bike-nya. Kalau dilihat dari spesifikasinya, kubikasi mesin yang mencapai 373,2 cc dari KTM RC 390 didapat dari pemakaian piston dengan diameter yang sangat lebar. Formulasinya agak mirip dengan yang dipakai varian Duke 390.

Meskipun mesinnya overbore, jangan disangka kalau karakter mesin KTM RC 390 mirip dengan mesin dengan langkah piston pendek pada umumnya. Karakter mesin overbore yang lembek di putaran bawah justru tidak kami rasakan di motor ini. Torsinya sendiri cukup besar dan sudah mulai nendang di putaran bawah. Motor jadi terasa enak untuk dibawa agresif saat berakselerasi. Memasuki putaran yang lebih tinggi, tenaga mesin seperti tidak cepat habis sampai jarum tachometer menyentuh limiter. Kapasitas mesin yang besar terlihat cukup sepadan dengan tenaga maksimum yang dihasilkan meskipun hanya memakai satu piston.

Desain KTM RC 390 Identik dengan Varian RC Pada Umumnya

Secara garis besar, konsep desain KTM RC 390 masih menggunakan pola yang mirip dengan kedua adiknya yang lebih kecil. Sepertinya, KTM sangat mengandalkan desain khas dari seri RC yang bahkan juga diterapkan di varian superbike-nya. Desain KTM RC 390 yang mirip dengan saudaranya bisa dilihat dari bentuk bodi yang dihiasi lekukan tajam untuk memunculkan kesan sporty. Ditambah pula dengan bentuk muka depan yang terlihat sangar berkat pemakaian lampu dual projector berbentuk bulat yang dibuat agak melesak ke dalam. Sekilas, mungkin memang sulit membedakan antara KTM RC 390 dengan varian RC lain yang bermesin silinder tunggal kalau tidak secara seksama membaca tulisan tipe di livery-nya. Hal ini karena memang ketiganya terlihat seperti dibangun dengan konsep desain yang sama. Jenis rangka yang dipakai oleh motor ini pun juga mirip dengan kedua adiknya yang memakai rangka trellis. Meskipun begitu, tampilan motor ini justru menjadi ciri kuat dari pabrikan KTM ketika meluncurkan motor sport mereka.

Peremajaan terbaru yang dilakukan di KTM RC 390 beberapa tahun lalu secara tampilan terlihat dari desain knalpot yang berbeda. Kini, knalpotnya sudah dipindah ke sebelah kanan dari yang sebelumnya berada di bawah fairing. Untuk fiturnya sendiri, masih tergolong standar dibanding varian motor sport kebanyakan. Dibanding KTM Duke 390 yang kapasitasnya sama misalnya, fitur dan utilitas motor ini bahkan bisa dibilang sedikit tertinggal. Salah satunya bisa dilihat dari pemakaian speedometer yang belum memakai LCD layaknya saudaranya yang berjenis motor naked tersebut.

Kenyamanan Berkendara dengan KTM RC 390

Posisi Berkendara KTM RC 390 Kurang Cocok untuk Penggunaan Harian

Feeling berkendara KTM RC 390 sepertinya tidak terlalu jauh berbeda dibanding varian RC lain yang berkapasitas mesin kecil. Joknya mempunyai tinggi yang akan membuat pengendara dengan postur di bawah 170 cm harus dipaksa menjinjitkan kaki. Posisi setangnya juga agak rendah untuk mengejar posisi berkendara yang racy. Posisi berkendara yang demikian memang cocok untuk diterapkan ketika membawa KTM RC 390 di kecepatan tinggi. Namun, ketika dipakai harian, apalagi dibawa ke jalanan macet, siap-siap badan pengendara bisa cepat pegal. Bagi penumpang, posisi berkendara yang akan dirasakan juga tidak jauh berbeda dengan saat menduduki jok belakang KTM RC seri yang lebih kecil. Lebih nyaman dibanding beberapa tipe motor sport lain di Indonesia karena dimensi jok belakangnya dibuat agak lebar. 

 

Handling KTM RC 390 Nyaman Karena Bobot Tergolong Ringan

Sedikit tidak terduga kalau bobot KTM RC 390 ternyata masih cukup ringan walaupun menggendong mesin yang berkapasitas cukup besar. Bobotnya masih agak mirip dengan motor sport 250 cc single cylinder. Dibanding motor 250 cc twin, bobot motor ini pun masih lebih ringan. Ini membuat KTM RC 390 bisa cukup mudah dibawa bermanuver tajam. Apalagi, jarak sumbu rodanya juga tidak terlalu panjang, masih ideal untuk dipakai sebagai motor harian yang sering menembus lalu lintas perkotaan meskipun tak selincah beberapa motor jenis lain seperti naked bike.

 

Suspensi KTM RC 390 Identik dengan Varian Lebih Kecil

Spesifikasi bagian suspensi dari KTM RC 390 ini masih mirip dengan kedua adiknya yang lebih kecil. Perpaduan garpu upside down berdiameter 43 mm di depan dan monoshock  di belakang sudah teruji untuk menghasilkan redaman suspensi yang nyaman namun masih relatif stabil untuk dipakai di kecepatan tinggi.

 

Pengereman KTM RC 390 Masih Kalah Dibanding Tipe Duke

Bagian pengereman KTM RC 390 juga masih identik, terutama dengan versi 250 cc-nya. Dibanding Duke 390 yang berkapasitas mesin sama, motor ini agak sedikit kalah soal spesifikasi pengereman di lebar cakram depan yang lebih kecil 20 mm dibanding versi telanjangnya itu. Meskipun begitu, sepertinya performa pengeremannya masih terbilang memadai untuk menjinakkan tenaga motor ini. Terlebih lagi, adanya fitur ABS (Anti-lock Braking System) bisa membuat pengendara lebih mantap untuk melakukan hard braking dengan risiko tergelincir yang bisa diminimalisir.

Konsumsi BBM KTM RC 390 Boros Karena Kapasitas Mesin Besar

Dengan mesin berkubikasi ruang bakar yang cukup besar, konsumsi BBM KTM RC 390 tentunya tidak seirit adiknya yang berkapasitas lebih kecil. Motor ini hanya mampu menempuh jarak sekitar 23-24 km per liter. Tergolong lumayan wajar untuk motor dengan kapasitas mesin sebesar ini. Namun, tentu saja konsumsi BBM tersebut akan terasa sedikit memberatkan untuk digunakan sebagai tunggangan harian.

Harga Tinggi KTM RC 390 untuk Kapasitas Mesin Besar

Harga KTM RC 390 terbilang cukup tinggi menembus angka Rp 100 juta lebih. Dibanding adiknya yang berkapasitas mesin kecil, selisihnya berbeda cukup jauh. Salah satunya karena pajak untuk motor berkapasitas mesin seperti ini memang lebih besar. Bagi penggemar motor besar, angka ini sebenarnya bisa dimengerti alasannya. Beberapa waktu yang lalu, sebenarnya sudah banyak dihadirkan promo KTM RC 390 dengan diskon harga seperti varian lainnya. Jika Anda tertarik memiliki motor ini, cek promo KTM RC 390 di Moladin. Dapatkan juga sistem kredit KTM RC 390 yang mudah, cepat, dan aman di sini.

General Fitur KTM RC 390

    Ulasan & Rating KTM RC 390

    4.4
    16 Review
    Abdul Apip
    4.0
    7 Agustus 2018

    Merupakan motor yang cukup kencang di kelasnya bahkan di ajang Word superbike motor ini cukup lumayan.. Padahal lawannya Ninja 400xx dan cbr500r, tapi motor ini ktm RC390 mampu bersaing dengan motor motor berkapasitas lebih besar di ajang balap dunia Sob

    DISKUSI PRODUK KTM RC 390

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!