MOLADIN
TVS Apache 200
TVS Apache 200 0
TVS Apache 200 0
TVS Apache 200 1
TVS Apache 200 2
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Aman
DP motor dibayar setelah motor diterima
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Pros: 

Dijual dengan harga terjangkau namun dengan performa cukup memuaskan. 

Cons: 

Dirancang dengan bodi yang terlalu besar sehingga kenyamanan handling berkurang.

Verdict: 

Bisa jadi pilihan bagi pengguna motor naked yang ingin kemampuan lebih dengan harga masih terjangkau.

Tidak hanya menyasar pengguna motor di kelas paling dasar atau entry level, TVS juga melirik kelas yang lebih tinggi. Tipe yang dihadirkan dengan kemampuan lebih dibandingkan produk TVS yang lain salah satunya ditempatkan di jajaran tipe TVS Apache. Keseriusan TVS Apache untuk menggarap segmen motor naked di pasar Indonesia dibuktikan dengan pengembangan yang sudah melewati beberapa fase. Di awal kemunculannya, motor ini menggunakan mesin berkapasitas 160 cc untuk menghadang pasar motor naked terbesar di tanah air yang bermain di mesin 150 cc. Kemudian, kapasitasnya dinaikkan menjadi 180 cc. Di produk teranyarnya, bahkan dihadirkan tipe yang lebih besar lagi yakni TVS Apache 200 cc.

Dengan kapasitas mesin 200 cc, TVS Apache 200 kini malah masuk pasar yang lebih spesifik. Memang, ada motor naked lain yang berkapasitas mirip dengan motor ini dari merek Austria yang kini berkongsi dengan pabrikan India lainnya. Namun, motor tersebut lebih ditujukan ke kelas yang lebih premium. Sementara itu, TVS Apache 200 justru berani beradu harga dengan motor sport naked buatan pabrikan Jepang, alias dibanderol dengan harga yang masih tergolong ekonomis. Tentunya, harga TVS Apache 200 yang sangat kompetitif tersebut bisa menggoda calon pembeli motor naked di tanah air. Sebelum memutuskan membeli secara cash maupun kredit TVS Apache 200, ketahui dulu hal-hal apa saja yang ditawarkan motor satu ini. Yuk, simak review TVS Apache 200 selengkapnya.

Performa Mesin TVS Apache 200 Smooth Namun Berisi

TVS Apache 200 generasi terbaru menggunakan mesin yang sudah dilengkapi 4 katup di dalam kepala silindernya. Diameter pistonnya juga lebih lebar dari panjang langkah piston. Sistem pengabutan bahan bakarnya menggunakan sistem injeksi yang dinamai DFI Logic. Dengan kapasitas ruang bakar yang lebih besar, mesin TVS Apache 200 menjanjikan tenaga yang lebih dibanding motor sport naked 150 cc yang banyak beredar.

Saat melakukan review TVS Apache 200, kami merasakan respon mesin yang smooth tapi lumayan berisi di rpm bawah. Ciri khas mesin overbore yang potensi tenaganya muncul di putaran yang lebih tinggi juga masih terasa ketika grip gas dipelintir lebih dalam di jalanan lengang. Mesin 200 cc-nya cukup bertenaga untuk dipakai harian di jalanan perkotaan maupun di jalanan jarak jauh.

Desain TVS Apache 200 Modern dan Gagah

Seperti kebanyakan motor naked yang beredar di Indonesia, arah desain TVS Apache 200 cenderung mengikuti gaya motor naked streetfighter. Bentuk bodi dibuat kekar dengan sudut-sudut yang menonjol untuk mengeluarkan kesan gagahnya. Ini bisa dilihat dari tangki yang berdimensi cukup besar ditambah shroud  di samping kanan dan kiri yang membuatnya terkesan makin lebar ala motor besar. Garis bodi yang gagah ini dipadu dengan bentuk bodi belakang khas motor sport full fairing  dengan jok bertingkat. Melakukan review TVS Apache 200 dan melihatnya sekilas, aura gagah sekaligus sporty menjadi impresi awal yang langsung kami dapat. 

Kesan TVS Apache 200 sebagai motor yang berotot juga diperkuat dengan bentuk lampu depan beserta panelnya yang lebar. Bentuk knalpot, fender belakang, dan kaki-kaki yang dihadirkan juga kian menegaskan kesan tersebut. Meskipun begitu, bentuk bodi yang serba menonjol dan lebar malah membuat mesinnya tenggelam. Bentuk mesin silinder tunggal dari TVS Apache 200 memang sekilas tampak kurang harmonis dengan bentuk bodinya yang kekar. Dari segi fitur, TVS Apache 200 menghadirkan spesifikasi yang cukup bersaing dengan motor naked 150 cc produksi pabrikan Jepang. Sebut saja speedometer yang sudah menggunakan model full digital. Display informasi yang muncul di panel instrumennya juga lumayan lengkap layaknya motor sport modern. Sayang, headlamp motor ini masih menggunakan bohlam konvensional, sedangkan beberapa perangkat penerangan seperti lampu senja dan lampu belakangnya sudah bertipe LED. Ada juga fitur yang sebenarnya tidak lazim dipakai di motor naked namun digunakan di TVS Apache 200, yaitu power outlet untuk mengisi daya telepon genggam yang diposisikan di bawah jok.

Kenyamanan Berkendara dengan TVS Apache 200

Posisi Berkendara TVS Apache 200 Nyaman Bahkan untuk Perjalanan Jauh

Feeling berkendara TVS Apache 200 menurut kami justru lebih mirip saat mengendarai motor besar. Saat melakukan review TVS Apache 200 dan duduk di jok depan, pengendara langsung disuguhi tangki besar yang lebar. Ditambah dengan dimensi jok yang juga lebar, pengendara pun akan dibuat sedikit mengangkang saat duduk di atas motor ini. Memiliki jok cukup tinggi, pengendara dengan postur tubuh di bawah 170 cm juga harus sedikit berjinjit saat mengendarainya. Untungnya, busa jok TVS Apache 200 cukup tebal dan bisa memberikan kenyamanan lebih. Sementara itu, setang TVS Apache 200 menggunakan model jepit atau clip-on yang ditancapkan di as shockbreaker. Tidak seperti kebanyakan setang clip-on di motor sport yang bisa membuat badan pengendara menunduk karena posisi batangnya rendah, batang kemudi motor ini justru dibuat agak tinggi. Alhasil, riding position yang dihadirkan pun menjadi lebih nyaman. 

Handling TVS Apache 200 Cukup Mudah untuk Bobot Berat

Bobot TVS Apache 200 sendiri sebenarnya bisa dikatakan cukup berat, yakni hampir menyamai sebuah motor naked silinder tunggal berkapasitas mesin lebih besar dari pabrikan lain. Meski begitu, motor ini ternyata masih relatif mudah untuk dikendalikan, meski tentunya tidak selincah motor naked 150 cc yang lebih ringan. Untuk dipakai di dalam kota, handling-nya masih cukup mudah dikontrol.

Suspensi TVS Apache 200 Miliki Spesifikasi Standar

Bantingan suspensi TVS Apache 200 memiliki kombinasi yang masih ideal untuk dipakai di jalanan Indonesia. Ketika dipakai melibas jalanan yang kurang rata, suspensi motor ini masih bisa meredam getaran. Sementara saat dipakai berkendara di jalanan aspal khas perkotaan, suspensinya juga masih bisa memberikan stabilitas mumpuni. Dilihat dari spesifikasinya, suspensi motor ini sendiri sebenarnya tidak terlalu spesial karena masih menggunakan teleskopik di depan dan monoshock di belakang.

Pengereman TVS Apache 200 Cukup Namun Kurang Modern

Aspek pengereman TVS Apache 200 menurut kami masih bisa dikatakan memuaskan dan menunjukkan kinerja cukup baik untuk mengendalikan laju motor ini. Kedua cakramnya sudah berbentuk petal disc yang bergelombang di sisinya. Diameter cakram belakang juga relatif lebih besar dibanding beberapa tipe motor naked yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil. Sayangnya, fitur canggih seperti ABS masih belum tersedia di motor ini.

Konsumsi BBM TVS Apache 200 Tergolong Irit

Seperti kebanyakan produk motor produksi pabrikan India lain, konsumsi BBM TVS Apache 200 juga jadi salah satu hal yang dibanggakan. Motor ini bisa menempuh jarak sekitar 35 kilometer untuk setiap liter bensinnya. Rasio kompresi yang relatif rendah memungkinkan motor ini untuk menggunakan bensin dengan oktan yang standar. RON 90 atau 92 sudah cukup untuk dipakai sebagai bahan bakar TVS Apache 200.

Harga Kompetitif TVS Apache 200 Diimbangi Kemampuan Lebih

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, harga TVS Apache 200 cenderung kompetitif bahkan ketika dikomparasikan dengan sesama motor sport naked yang berkapasitas lebih kecil. Ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan motor naked berkemampuan lebih dari produk 150 cc yang banyak beredar di pasaran, namun dengan anggaran terbatas. Sebelum mempertimbangkan untuk membeli, cek dulu promo TVS Apache 200 dan berbagai tipe motor lain di Moladin. Temukan juga sistem kredit TVS Apache 200 yang mudah, cepat, dan aman di Moladin. Untuk mengetahui sistem simulasi kredit, klik disini.

General Fitur TVS Apache 200

    ULASAN TVS Apache 200

    4
    2 Review
    Ridho VladVamp
    3.0
    16 Mei 2019

    tvs apache rtr 200 menurutku adalah sebuah penyempurnaan dari edisi sebelumnya yaitu tvs apache rtr 160 dengan yang tvs apache rtr 180 kini hadir dengan bentuk lebih slim tapi tetep sporty sobs dan makin garang

    DISKUSI PRODUK TVS Apache 200

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
    Muhammad Raflyansyah
    Muhammad Raflyansyah

    di Jakarta belum bisa ya?

    JINNY MOLADIN
    JINNY MOLADIN

    Hallo gan Muhammad, untuk motor TVS Apache 200 saat ini tidak tersedia di Moladin gan. Kami berikan alternatif motor lain seperti Yamaha Vixion All new dan Yamaha Vixion R gan, langsung saja ajukan kredit motor di Moladin gan. Melalui website resmi kami di https://moladin.com/motor/Yamaha atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service