MOLADIN
TVS Dazz 0
TVS Dazz - Flying Blue
TVS Dazz 0
TVS Dazz 1
TVS Dazz 2
TVS Dazz 3
TVS Dazz 4
TVS Dazz 5
TVS Dazz 6
TVS Dazz 7

HARGA KREDIT

OTR
Cicilan tidak tersedia berdasarkan data yang Anda tentukan!
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Amani
Tanpa ada biaya tambahan & informasi data diri terjamin kerahasiaannya.
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review TVS Dazz

Pros: 

Dijual dengan harga terjangkau dibandingkan skutik produksi pabrikan Jepang. 

Cons: 

Masih tergolong kurang update dalam hal teknologi. 

Verdict: 

Alternatif untuk pengendara yang ingin memiliki skuter matik sebagai tunggangan harian, namun terbatas budget yang masih minim. 


Melihat minat pasar yang sudah bergeser ke tipe motor skuter matik, TVS pun tidak tinggal diam. Setelah sebelumnya berkutat menjual motor-motor bertipe sport dan bebek, TVS ikut memperkenalkan produk skutiknya beberapa tahun setelah berkiprah di tanah air. Pabrikan India ini menyasar pasar terbesar skutik, yakni kelas entry level, yang selama ini sudah dikuasai merek-merek Jepang. Salah satu tipe motor yang menjadi andalan pabrikan tiga huruf ini adalah TVS Dazz. Motor ini dipersiapkan untuk bisa mengakomodir konsumen mayoritas skutik di Indonesia yang butuh motor praktis, ringan, dan sesuai untuk keperluan mobilitas dalam kota. Sesuai tradisi motor merek India yang sering menawarkan banderol kompetitif di kelasnya, harga TVS Dazz pun terbilang terjangkau untuk kelas skutik entry level.

TVS Dazz sudah memasuki masa produksi beberapa tahun. Selama itu juga, belum ada perubahan dan upgrading berarti yang dilakukan pada tipe motor ini. Belakangan, memang dimunculkan tipe baru yang sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi dan dilengkapi teknologi Digitech R. Meski begitu, tipe lama yang masih memakai karburator juga masih tetap ditawarkan. Kemungkinan, ini adalah salah satu strategi TVS untuk menekan harga jual di tipe paling dasar skutik ini, yang tentunya akan berguna untuk meningkatkan minat pembelian secara cash maupun kredit TVS Dazz. Meskipun harga TVS Dazz tergolong sangat terjangkau, bukan berarti motor ini serba minimalis. Skutik merek India ini punya beberapa keunggulan yang sebenarnya patut diperhitungkan. Apa saja yang bisa ditawarkan skutik berharga terjangkau ini? Coba simak review TVS Dazz selengkapnya.

Performa Mesin TVS Dazz Banggakan Keunggulan Duralife

TVS Dazz menggunakan mesin berkapasitas 110 cc. Mesin dengan kapasitas sebesar ini tergolong lumrah untuk disematkan di sebuah skutik entry level. Jika dilihat di spesifikasinya, tidak ada yang istimewa dari mesin ini. Teknologinya masih cukup konvensional, bahkan sistem pengabut bahan bakarnya masih menggunakan karburator. Sepertinya, TVS memang masih betah mengaplikasikan sistem ini di beberapa produknya dibanding rivalnya dari merek Jepang yang sudah beramai-ramai menerapkan injeksi bahan bakar. Salah satu teknologi yang dibanggakan pabrikan ini adalah Duralife Engine, di mana ada perbaikan komponen internal untuk mengurangi gesekan sehingga diklaim bisa memperpanjang umur mesin. Pada versi TVS Dazz Digitech, sudah disematkan pula teknologi Digitech R yang membuat motor ini mampu mengeluarkan tenaga tinggi namun tetap irit penggunaan bahan bakar. 

Dapur pacu TVS Dazz sendiri berkonfigurasi overbore, di mana diameter pistonnya lebih besar dari langkah piston. Hal ini berbeda dari kebiasaan beberapa tipe skutik entry level lain yang racikannya justru dibuat kebalikannya. Sistem yang diusung TVS Dazz ini tentu menjanjikan karakter tenaga yang berbeda. Saat melakukan review TVS Dazz dan membuka sedikit grip gas, mesin motor ini kami rasakan cenderung lembut dan tidak terlalu menyentak. Tenaganya baru bisa lebih keluar ketika memasuki rpm menengah. Karakter mesin semacam ini cocok untuk pengendara yang tidak terlalu agresif, namun sesekali juga ingin merasakan sensasi berkendara yang agak kencang di jalanan lengang.

Desain Sederhana dan Konservatif ala TVS Dazz

Desain TVS Dazz sendiri tergolong konservatif. Garis desain panel bodinya dibuat layaknya skutik entry level yang ditujukan untuk pengguna dewasa, alias tidak terlalu neko-neko. Salah satu bagian yang cukup menarik sekaligus mengganggu perhatian kami saat melakukan review TVS Dazz adalah bagian dada depannya. Bagian ini menurut kami didesain terlalu kecil, sehingga sepintas tampak kurang serasi dengan bentuk panel lampu di setang yang besar. Sisi positifnya, dimensi tebeng depan jadi lumayan kompak dan ramping. Secara umum, kesan yang timbul dari desain TVS Dazz adalah sederhana. Meskipun begitu, bukan berarti modelnya ketinggalan zaman. Salah satu yang agak menolong adalah desain velg cast wheel yang agak berbeda dibanding kebiasaan skutik entry level pabrikan Jepang. TVS Dazz menggunakan velg dengan jari-jari bercabang.

Memasuki usia produksi yang lebih dari lima tahun, belum ada perubahan berarti di eksterior TVS Dazz. Hal ini membuat desainnya terlihat tidak seinovatif pesaingnya dari beberapa merek pabrikan Jepang. Teknologi eksteriornya tergolong cukup dasar untuk ukuran skutik, seperti headlamp yang masih memakai bohlam dan speedometer analog. Untuk urusan utilitas, TVS Dazz bisa dibilang cukup memadai. Motor ini sudah dilengkapi power outlet yang memungkinkan pengguna melakukan charging saat berkendara. TVS memang cukup rajin menghadirkan fitur ini di beberapa tipe yang mereka jual. Sayangnya, ukuran bagasi cenderung kecil. Padahal, kompartemen ini berguna untuk pengguna skutik yang sering menyimpan barang bawaan. Pilihan warna yang dihadirkan TVS Dazz juga tergolong konservatif, sesuai konsep bodinya. Warna-warna yang ditampilkan terlihat standar untuk sebuah skutik, tidak seperti versi injeksinya yang ditampilkan dengan desain lebih berani.

Kenyamanan Berkendara dengan TVS Dazz

Posisi Berkendara TVS Dazz Ideal Khas Skutik Berdimensi Kecil

TVS Dazz masih bisa dikendarai dengan feeling yang tidak jauh beda layaknya skutik di kelasnya. Tinggi joknya masih cukup rendah sehingga bisa digunakan oleh pengendara berpostur di bawah 170 cm, termasuk pengendara wanita. Posisi setangnya juga didesain cukup nyaman untuk mendapatkan genggaman yang pas. Badan pengendara juga tidak dipaksa terlalu menunduk ketika berkendara. Pada ruang kaki, dihadirkan space yang tidak terlalu lebar. Bagi penumpang, duduk di atas jok TVS Dazz juga tidak akan terasa terlalu jauh berbeda dengan skutik berdimensi kecil pada umumnya. Hanya saja, pijakan kakinya masih menjadi satu dengan dek bawah. Ini bisa membuat pembonceng yang kakinya panjang harus terlalu menekukkan lutut saat menumpang motor ini.

Handling TVS Dazz Nyaman Berkat Dimensi dan Bobot Ringan

TVS Dazz dirancang sebagai skutik dengan bobot yang cukup ringan. Hal ini membuat handling-nya cukup lincah untuk dipakai membelah kepadatan lalu lintas. Di samping itu, posisi duduk yang agak rendah juga membuat jangkauan untuk bermanuver menjadi bisa dilakukan dengan lebih mudah. Dimensi motor yang ramping juga membuat handling motor ini ideal untuk digunakan di jalanan perkotaan yang padat. 

Karakter Bantingan dan Suspensi Lembut ala TVS Dazz

Review TVS Dazz yang kami lakukan berlanjut ke bagian suspensi. Pada bagian suspensinya, TVS Dazz dapat dikatakan menghadirkan sistem yang cukup mumpuni meskipun spesifikasinya tergolong biasa saja. Karakter bantingannya lembut, cocok untuk jalan perkotaan yang kondisi permukaannya tidak selalu mulus. Meskipun begitu, suspensi yang cukup empuk ini masih terasa proporsional untuk dipakai karena tidak mudah kehabisan travel.

Pengereman TVS Dazz Unggul di Performa Rem Depan

TVS Dazz menggunakan jenis rem cakram di roda depan dan drum brake di roda belakangnya. Kaliper disc brake depannya sudah menggunakan dua piston. Performa rem depannya jadi lumayan pakem untuk sebuah skutik berdimensi kecil. Untuk rem belakangnya, tergolong biasa saja dan tidak terlalu istimewa.

TVS Dazz Tergolong Hemat Konsumsi BBM

Karena masih menggunakan sistem pengabut bahan bakar karburator, TVS Dazz New tentu tidak seirit tipe injeksinya. Meskipun begitu, dibanding beberapa skutik kecil lain, kapasitas tangkinya lumayan besar. Pengendara tidak perlu terlalu sering mampir ke pompa bensin. Konsumsi bahan bakar motor ini kira-kira 38-39 km untuk setiap liter bensinnya. Ini juga sangat tergantung karakter pengendara dan kondisi jalan yang dilalui.

TVS Dazz, Fitur Memadai untuk Harga Sangat Terjangkau

Harga TVS Dazz yang tergolong murah bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin mencari motor baru tipe skutik namun dengan dana terbatas. Beberapa skutik entry level pabrikan Jepang masih dibanderol di atas harga TVS Dazz. Memang, motor ini dalam hal tertentu masih kalah dalam aspek teknologi. Meskipun begitu, fitur standarnya sebenarnya lumayan memadai untuk sebuah skutik dengan harga yang terjangkau. Apabila Anda tertarik memiliki motor produksi pabrikan India ini, cek dulu promo TVS Dazz dan berbagai tipe motor lain di Moladin. Sebagai platform sepeda motor online pertama dan terbesar di Indonesia, Moladin juga menghadirkan sistem kredit TVS Dazz yang mudah, cepat, dan aman.

General Fitur TVS Dazz

    ULASAN TVS Dazz

    3.8
    6 Review
    Andri Wibowo
    4.5
    25 Juli 2019

    Beberapa kali test motor ini di pameran, memang impresi nya begitu baik, dengan harga segini sudah dapat motor matik dengan seabreg fitur, bentuknya kecil yang cocok untuk area perkotaan. saya coba tarikannya sangat enteng, serasa naik beat karbu jaman dulu, namun mungkin karena brand nya belym begitu populer sehingga masih ragu akan ketersediaan sparepart nya.

    DISKUSI PRODUK TVS Dazz

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
    Aris Rahman Aconk
    Aris Rahman Aconk

    Bogor ko g ada ya jin?pdhl ane bogornya di bojonggede, dr depok deket bgt

    JINNY MOLADIN
    JINNY MOLADIN

    Hallo gan Aris, untuk motor TVS belum cover daerah Bogor. Kami berikan alternatif motor lain seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan Vespa yang sudah cover gan, langsung saja ajukan kredit motor di Moladin gan. Melalui website resmi kami di https://moladin.com/motor/all---brand--Yamaha--Vespa--Suzuki--Kawasaki atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service