MOLADIN
TVS Dazz Fi
TVS Dazz Fi 0
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Amani
Tanpa ada biaya tambahan & informasi data diri terjamin kerahasiaannya.
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review TVS Dazz Fi

Pros: 

Harga murah, teknologi mesin sudah mulai mendekati kompetitornya.

Cons: 

Desainnya masih belum ada penyegaran secara signifikan.

Verdict: 

Cocok untuk pengendara yang ingin membeli skutik dengan budget terbatas namun menginginkan fitur dan teknologi yang hampir sepadan dengan merek Jepang di kelas yang sama.

Setelah beberapa tahun tetap mempertahankan sistem pengabut bahan bakar karburator di tipe skutik andalannya, akhirnya TVS melakukan penyegaran terhadap varian tersebut. Sepertinya, hal ini turut dipengaruhi oleh pabrikan besar merek Jepang yang sudah meninggalkan karburator ke injeksi di hampir semua tipe sepeda motornya. Meskipun agak terlambat, langkah ini bisa dibilang sebagai kemajuan bagi merek asal India ini. Uniknya, meskipun sudah keluar versi injeksi, TVS Dazz yang menggunakan sistem pengabutan bahan bakar karburator juga masih tetap dipasarkan. Hal ini kemungkinan dilakukan untuk menekan harga jualnya supaya makin mantap menempatkan diri di skutik entry level paling terjangkau. Jika dilihat, harga TVS Dazz FI (Fuel Injection) memang dibanderol sedikit lebih mahal dibanding versi standarnya. Akan tetapi, selisih harga yang dihadirkan hanya berkisar di angka ratusan ribu rupiah.

Padahal, sistem injection bukanlah barang murah di tipe sepeda motor lain. Langkah TVS menghadirkan motor injeksi dengan harga terjangkau bisa dilihat sebagai sebuah strategi promo TVS Dazz FI untuk memperkenalkan varian yang lebih canggih pada calon konsumennya. Meskipun agak terlambat, kemunculan TVS Dazz FI bisa menjadi langkah awal bagi pabrikan asal India yang sudah memiliki fasilitas perakitan di Indonesia ini untuk ikut merasakan kue penjualan di kelas yang paling besar peminatnya. Dengan pembaruan di aspek mesin, motor ini mempunyai tingkat efisiensi BBM dan tenaga yang juga lebih sehingga diharapkan mampu meningkatkan minat pembelian secara cash maupun kredit TVS Dazz FI. Simak review TVS Dazz FI secara lengkap di Moladin berikut ini.

Performa Mesin TVS Dazz FI Andalkan Konfigurasi Overbore

Disematkannya teknologi injeksi yang diberi nama Digitech R + DFI Logic di TVS Dazz FI tidak hanya berpengaruh pada efisiensi bahan bakar saja, tetapi diklaim lebih responsif. Jika dilihat dari spesifikasinya, terlihat ada penambahan tenaga dan torsi maksimum dibanding seri karburatornya. Meskipun begitu, basis mesin yang dipakai terlihat masih mirip dengan konfigurasi overbore. Karena masih menggunakan mesin berkonfigurasi overbore, karakter tenaga TVS Dazz FI menurut kami terasa agak berbeda dibanding kebanyakan skutik sekelasnya yang sebagian sudah menggunakan mesin overstroke. 

Tarikan bawah khas mesin overbore membuat tarikan awal motor terasa tidak terlalu galak. Untuk dipakai di perkotaan, sepertinya motor ini tepat digunakan. Bagi yang ingin tenaga lebih, kemampuan mesin TVS Dazz FI baru akan terasa saat grip gas diputar lebih dalam memasuki rpm yang lebih tinggi. Walaupun tidak terlalu spektakuler, tetapi tenaga mesin ini sudah cukup untuk sebuah skutik perkotaan berkapasitas mesin 110 cc.

Desain TVS Dazz FI Tak Jauh Berbeda dengan Versi Karburator 

Jika dilihat secara keseluruhan, sebenarnya tidak ada perubahan signifikan yang dihadirkan pada tampilan TVS Dazz FI dibanding versi karburatornya. Desain bodinya masih sama, terlihat konservatif dan minim sudut-sudut tajam yang membuatnya terkesan agresif. Bahkan, jika Anda tidak melihatnya dengan seksama, mungkin akan mengira jika motor ini merupakan produksi pabrikan merek Jepang karena memiliki desain standar khas skutik kebanyakan di Indonesia. Seperti saudara tuanya, panel bodi depan di belakang dudukan plat nomor menurut kami dibuat terlalu kekecilan, kurang seimbang dengan bentuk setang berlampu besar. 

Perbedaan yang paling mencolok antara TVS Dazz FI dan kakaknya yang lebih tua terlihat dari pemilihan warnanya. Kelir yang disajikan di versi injeksi terlihat lebih disesuaikan dengan tren warna motor modern masa kini. Saat melakukan review TVS Dazz FI, menurut kami varian warna yang paling terlihat berbeda dan berkarakter adalah matte black. Skutik yang tadinya terlihat biasa saja bisa menjadi terkesan lebih elegan dengan pemilihan warna ini. Untuk urusan fitur, TVS Dazz FI juga dirancang tak jauh berbeda dengan versi karburator. Power outlet yang sudah menjadi keunggulan tipe skutik ini sejak pertama diluncurkan misalnya, masih tetap bisa ditemukan. Bagian bodi, lampu, dan panel instrumen juga masih menggunakan teknologi sederhana. Sepertinya, ini sengaja dilakukan untuk menekan harga motor ini agar tetap terjangkau di kelas skutik entry level yang bersaing dengan pabrikan Jepang. 

Kenyamanan Berkendara dengan TVS Dazz FI 

Posisi Berkendara TVS Dazz FI Tidak Alami Perubahan Signifikan

Karena memang tidak ada perubahan mendasar di bodi TVS Dazz FI dan versi yang lebih lama, posisi berkendara antara kedua tipe ini tentunya juga tidak berbeda jauh. Saat melakukan review TVS Dazz FI, kami merasakan impresi yang sangat mirip dengan versi terdahulunya. Joknya masih dirancang dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi, membuat pengendara berpostur 165-170 masih bisa menaiki motor ini dengan nyaman. Ruang kaki pengendara di dek bawah juga masih dibuat agak sempit. Sementara itu, posisi setangnya dihadirkan lumayan tinggi sehingga membuat pengendara bisa duduk dengan lebih santai. 

Handling TVS Dazz FI Nyaman Karena Bodi Ramping

Didukung bobot yang cukup ringan untuk ukuran skutik, TVS Dazz FI bisa diajak bermanuver di kepadatan lalu lintas dengan cukup lincah. Jarak sumbu rodanya juga tergolong pendek. Hal ini membuat TVS Dazz FI terasa lebih gesit saat dikendarai di tengah kemacetan. Didukung juga dengan dimensi bodi dan lebar setang yang lumayan ramping, Anda bisa meliuk-liuk di antara kendaraan dengan lebih mudah. 

TVS Dazz FI Dirancang dengan Sistem Suspensi Ideal Sesuai Kegunaan

Untuk urusan meredam guncangan saat melewati permukaan jalan yang kurang rata, suspensi bawaan TVS Dazz FI cenderung bisa bekerja dengan baik. Tingkat kekerasannya terbilang masih ideal untuk sebuah skutik perkotaan. Terlebih lagi, skutik ini juga tidak didesain untuk kecepatan tinggi yang membutuhkan suspensi kaku untuk membantu handling. Secara umum, review TVS Dazz FI dari segi suspensi membawa kami pada impresi yang cukup memuaskan. 

Pengereman TVS Dazz FI, Istimewa di Depan Standar di Belakang 

Sama dengan saudaranya, TVS Dazz FI punya keunggulan di bagian pengereman roda depan. Skutik ini sudah dilengkapi piringan cakram depan yang sedikit lebih lebar dibanding beberapa rivalnya. Tak hanya itu, kaliper TVS Dazz FI juga sudah menggunakan dua piston. Alhasil, kinerja rem depan motor ini bisa terbilang lumayan baik untuk mengendalikan lajunya. Sementara pada rem belakang, motor ini masih mengandalkan sistem braking tromol, sehingga kemampuannya pun tergolong tidak terlalu istimewa.

Konsumsi BBM TVS Dazz FI Irit Berkat Pengabutan Injeksi 

Dengan pengaplikasian sistem bahan bakar injeksi, tentunya aspek efisiensi BBM TVS Dazz FI jadi salah satu hal yang ditunggu. Skutik ini bisa menempuh jarak sekitar 40-44 km dengan menghabiskan satu liter bensin. Meskipun begitu, angka tersebut masih bisa dipengaruhi oleh karakter berkendara dan kondisi jalan yang dilewati. Menurut kami, kelebihan lain TVS Dazz FI juga terletak pada daya jelajahnya yang lebih tinggi, karena tertolong dengan kapasitas tangki bahan bakar yang cukup besar untuk ukuran skutik berbodi kecil.

Harga TVS Dazz FI Terjangkau untuk Ukuran Skutik Injeksi 

Meskipun sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar yang lebih canggih dan membuat harga TVS Dazz FI menjadi lebih tinggi, motor ini masih tergolong sebagai salah satu skutik entry level termurah di Indonesia. Pengaplikasian sistem injeksi juga membuatnya semakin bisa menyamai performa mesin pesaingnya dari merek Jepang. Untuk itu, menurut kami TVS Dazz FI bisa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan bagi konsumen yang ingin mempunyai skutik baru tetapi mempunyai anggaran terbatas. Selisih harga beberapa ratus ribu dari versi karburator kami pikir cukup sepadan dengan keunggulan teknologi yang dihadirkan. Apalagi, ini juga berimbas pada konsumsi BBM yang lebih irit saat digunakan nanti. Anda bisa menemukan promo TVS Dazz FI dan berbagai tipe motor lain di Moladin. Dapatkan juga sistem kredit TVS Dazz FI yang mudah, cepat, dan aman untuk membuat aktivitas belanja motor terasa semakin menyenangkan. Untuk mengetahui simulasi kredit motor TVS Dazz FI, klik disini

General Fitur TVS Dazz Fi

    ULASAN TVS Dazz Fi

    3.5
    3 Review
    Alfie Adhitya
    4.0
    1 Juli 2019

    TVS Dazz FI ini bisa dibilang secara kualitas sangat baik. Ini motor hanya kurang publikasi saja, orang lebih tau TVS Dazz itu yang versi karbu sebelumnya. Dengan penambahan fitur FI ini tentu saja bakal bikin Dazz FI ini lebih irit lagi dari sisi konsumsi bahan bakar

    DISKUSI PRODUK TVS Dazz Fi

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
    Wachid Maulana
    Wachid Maulana

    saya mau pesen bagaimana prosedurnya??

    JINNY MOLADIN
    JINNY MOLADIN

    Hallo gan Wachid, untuk proses kredit motor di Moladin seperti ini : 1. Diskusi type motor, DP, dan cicilan dengan tim telesales kami 2. Disurvey oleh pihak leasing 3. Jika pengajuan kredit motor disetujui, motor akan dikirim dalam waktu dekat (1-2 hari kemudian) 4. STNK dan plat nomornya akan menyusul 17 - 20 hari kerja tidak termasuk sabtu dan minggu / tanggal merah Berikut juga kami cantumkan untuk cara-cara pengajuannya di https://moladin.com/cara-kredit-di-moladin atau bisa download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service