MOLADIN
Viar Karya 200
Viar Karya 200 0

HARGA KREDIT

Cicilan tidak tersedia berdasarkan data yang Anda tentukan!
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Amani
Tanpa ada biaya tambahan & informasi data diri terjamin kerahasiaannya.
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Pros: 

Harga jual tergolong masih ekonomis.

Cons: 

Performa mesin tidak terlalu istimewa. 

Verdict: 

Cocok untuk pengusaha yang membutuhkan kendaraan pengangkut barang dengan kapasitas besar. 

Viar Karya jadi salah satu nama yang paling sering dirujuk saat kita membahas kendaraan roda tiga pengangkut barang di Indonesia. Memang, seri motor roda tiga dari Viar ini tergolong sebagai produk yang cukup laku di tanah air. Populasinya di jalanan pun lumayan melimpah. Viar Karya sendiri ditawarkan dengan berbagai tipe yang dibedakan berdasarkan kapasitas mesin, besar bak, dan jenis bak yang dipakai. Ini membuatnya bisa merengkuh pasar yang semakin luas sebagai kendaraan pengangkut barang yang ekonomis. Salah satu varian yang cukup difavoritkan adalah Viar Karya 200. Meskipun bukan varian Viar Karya yang paling besar, motor roda tiga ini dianggap paling ideal untuk kebutuhan mobilitas barang di dalam kota. Harga Viar Karya 200 juga cukup terjangkau untuk digunakan sebagai kendaraan pengangkut barang yang ringan. 

Viar Karya 200 sudah cukup terbukti mampu diandalkan sebagai kendaraan penunjang operasional usaha kecil dan menengah selama beberapa tahun terakhir. Minat pembelian secara cash maupun kredit Viar Karya 200 juga tergolong paling besar di antara varian Viar Karya yang lain. Untuk itu, motor roda tiga ini tentunya cukup menarik untuk dibahas. Seperti apa kemampuan motor serbaguna ini? Coba simak review Viar Karya 200 secara lengkap berikut ini.

Performa Mesin Viar Karya 200 Cukup Tangguh dan Memuaskan

Seperti beberapa tipe Viar Karya lainnya, Viar Karya 200 menggunakan mesin dengan teknologi OHV (Over Head Valve). Sistem penggerak katup ini terbilang konvensional dan sering ditemui di motor-motor lawas. Meskipun begitu, teknologi ini punya kelebihan yang cocok untuk diterapkan di kendaraan pengangkut beban seperti Viar Karya 200. Sebab, mesin semacam ini bisa memberikan torsi yang besar dan akselerasi menjadi lebih kuat. Dibanding versi 150 cc, Viar Karya 200 mempunyai langkah piston yang lebih panjang, sehingga ikut memengaruhi torsinya. 

Meskipun begitu, karena kapasitas mesinnya masih lebih kecil dibanding beban maksimum yang bisa diangkut, mesin ini jadi sedikit harus dipaksa saat bekerja di rpm tinggi. Selain getarannya terasa, suhu mesin pun bisa cepat naik. Untungnya, Viar Karya 200 sudah dilengkapi sistem pendingin cairan yang membuat suhu mesin lebih stabil. Transmisi gigi persneling Viar Karya 200 berada di dalam girboks yang menyatu dengan crankcase mesin. Selain itu, ada gigi mundur yang terpisah. Rumah gigi mundurnya menempel di bagian mesin tempat diferensial depan. Dari sini, tenaga mesin diteruskan ke batang kopel menuju gardan belakang. Selain lebih tangguh, sistem semacam ini juga bisa akan terasa lebih halus dibandingkan ketika menggunakan mekanisme rantai.

Desain Viar Karya 200 Tangguh Berpadu dengan Modernitas

Saat melakukan review Viar Karya 200 dan melihatnya pertama kali, desain motor ini tampak tidak terlalu jauh berbeda dengan varian Viar Karya yang lain. Motor ini masih dilengkapi bentuk muka lebih modern dengan lampu utama yang sudah menggunakan kedok ala motor cruiser. Bentuk tangkinya juga mirip motor naked. Tampilan Viar Karya 200 juga terlihat kokoh dengan rancang bangun khas motor roda tiga yang memang dibuat lebih kuat. Ini bisa dilihat dari dimensi rangkanya yang lebar dengan bahan semacam besi hollow yang menjulur dari komstir sampai bawah bak. Shockbreaker depannya juga cukup besar dengan triple clamp yang lebar. Spiral berwarna kuning cukup mengesankan kalau motor ini memang dibuat untuk keperluan yang lebih tangguh.

Motor ini sendiri memiliki fitur yang standar namun fungsional. Panel instrumen terlihat sederhana dengan dua bulatan analog. Namun, informasi yang ditampilkan sangat berguna, seperti indikator suhu mesin dan penunjuk isi tangki BBM. Viar Karya 200 sendiri ditawarkan dengan berbagai bentuk yang berbeda, seperti bentuk boks dan bak terbuka. Untuk model bak terbuka, juga ditawarkan dengan dalam dua tipe, yakni Viar Karya 200 Standard dan Viar Karya 200 L (Long). Sesuai namanya, Viar Karya 200 L memiliki dimensi bak yang lebih panjang sekitar 30 cm dari versi standarnya. Bak motor ini bisa menampung beban antara 620 kg hingga 1,2 ton. 

Kenyamanan Berkendara dengan Viar Karya 200

Posisi Berkendara Viar Karya 200 Nyaman Layaknya Motor Cruiser

Melakukan review Viar Karya 200, impresi berkendara yang kami dapat juga masih mirip dengan varian Viar Karya yang lain. Ergonomi berkendaranya agak menyerupai motor cruiser  yang sebenarnya cukup nyaman untuk dipakai. Apalagi, punggung pengendara bisa bersandar di backrest yang menyatu dengan bodi bak. Dimensi jok depannya juga lumayan lebar. Dilengkapi pula dengan pijakan kaki yang dimensinya cukup proporsional, posisi tubuh pun dapat disesuaikan agar semakin santai. 

Handling Viar Karya 200 Terasa Berat Jika Belum Terbiasa

Mengendalikan motor roda tiga semacam Viar Karya 200 tentu cukup berbeda dibandingkan saat mengendarai motor biasa. Bagi yang belum terbiasa seperti kami, mengontrol motor roda tiga semacam ini terasa cukup berat pada awalnya. Selain itu, akurasi pengendaliannya juga jauh berbeda dibanding mengendarai motor roda dua biasa. Radius putarnya cukup besar, sehingga dibutuhkan kesiapan yang lebih untuk melakukan manuver. Saat motor diisi beban penuh, skill pengendalian yang lebih mumpuni pun semakin diperlukan. 

Suspensi Viar Karya 200 Beri Redaman Baik Saat Beban Penuh

Layaknya kendaraan yang dibuat untuk mengusung beban berat, Viar Karya 200 dirancang dengan karakter suspensi yang cukup keras. Ini dilakukan untuk mengatasi travel  suspensi supaya tidak gampang habis ketika dibebani muatan penuh. Ketika diberi muatan, suspensi Viar Karya 200 terasa cukup stabil dan mampu meredam getaran dengan lebih baik. Akan tetapi, ketika muatannya kosong, akan terasa redaman suspensi yang keras. Apalagi, coil spring di depannya terlihat kurang sensitif terhadap getaran kecil, begitu juga dengan per daun di belakangnya.

Pengereman Viar Karya 200 Perlu Kehati-hatian Saat Bawa Beban Penuh

Sistem pengereman Viar Karya 200 masih menggunakan teknologi rem konvensional, alias memakai tromol untuk ketiga rodanya. Sebenarnya, performa pengereman motor ini terbilang cukup, terlebih saat muatannya kosong. Meskipun begitu, jika motor roda tiga ini dijalankan dalam kondisi muatan penuh, pengendara perlu mengambil jarak pengereman yang lebih jauh untuk mengantisipasi laju yang sulit dihentikan akibat beban bertambah. 

Konsumsi BBM Viar Karya 200 Tergolong Irit

Pertimbangan pengusaha yang memakai motor roda tiga untuk mobilitas pemindahan barang biasanya didasarkan pada aspek ekonomis. Selain murah, biaya operasional Viar Karya 200 juga lebih sedikit. Konsumsi BBM-nya pun masih tergolong irit untuk sebuah kendaraan pengangkut barang. Motor roda tiga ini diklaim mampu menempuh jarak sekitar 25 kilometer untuk setiap liter bensinnya.

Viar Karya 200 Harga Ekonomis dengan Peruntukan Paling Ideal

Viar Karya 200 bisa dibilang merupakan motor roda tiga yang paling ideal untuk dipakai sebagai kendaraan operasional pengangkut barang. Dibanding tipe lain yang lebih besar, harga Viar Karya 200 dibanderol lebih murah dan konsumsi BBM-nya juga lebih efisien. Di sisi lain, jika mengambil varian yang kapasitas mesinnya lebih kecil, ditakutkan malah mengganggu utilitasnya karena tenaganya tidak cukup mumpuni. Terlebih lagi, jika barang yang akan diangkut bobotnya lumayan berat. Karena itu, Viar Karya 200 sering dianggap sebagai varian paling ideal untuk digunakan mendukung UMKM. Sebelum memutuskan untuk membeli, cek dulu apakah ada promo Viar Karya 200 di Moladin. Temukan juga sistem kredit Viar Karya 200 yang mudah, cepat, dan aman di sini. Untuk mengetahui sistem simulasi kreditnya, klik disini.

General Fitur Viar Karya 200

    ULASAN Viar Karya 200

    3.9
    10 Review
    Taufik NURHIDAYAT
    5.0
    29 Januari 2019

    Kita patut berbangga dengan motor buatan Viar, karena motor ini dibuat 100% di Indonesia dan dipasarkan secara khusus untuk masyarakat Indonesia. Bagi sobat otomotif yang mencari motor roda tiga berkualitas, maka sobat bisa menjatuhkan hati pada motor roda tiga Viar, karena mereka memberikan garansi mesin selama 3 tahun, dan didukung layanan purna jual cukup baik. Untuk urusan layanan purna jual, Viar sudah mendirikan bengkel resmi di hampir seluruh kota di Indonesia, sehingga tak perlu bingung apabila terjadi kerusakan.

    DISKUSI PRODUK Viar Karya 200

    Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
    Firman Ramadhan
    Firman Ramadhan

    mau nanya apa moladin hadir untuk wilayah palembang

    JINNY MOLADIN
    JINNY MOLADIN

    Hallo gan Junaedi, untuk motor Viar belum cover daerah Palembang. Saat ini hanya motor Honda saja yang sudah cover gan, langsung saja ajukan kredit motor di Moladin gan. Melalui website resmi kami di https://moladin.com/motor/Honda atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service