MOLADIN

Sejarah Perusahaan Yamaha - Dari Alat Musik Hingga Otomotif

Yamaha Corporation merupakan perusahaan asal Jepang yang memproduksi beragam produk mulai dari sepeda motor, alat musik, elektronik rumah tangga, dan masih banyak lainnya. Pada tahun 1897 di Hamamatsu, Shizuoka, Yamaha didirikan oleh Torakusu Yamaha sebagai Nippon Gakki Co., Ltd yang dibekali dengan modal hanya sebesar JPY 100.000 (atau kisaran IDR 10.000.000). Asal mulanya perusahaan Yamaha, Torakusu Yamaha hanya memproduksi instrumen musik piano dan organ, namun seiring berjalannya waktu, perusahaan ini berkembang pesat dan berubah nama menjadi Yamaha Motor Co., Ltd yang mulai memproduksi sepeda motor pada tahun 1955. Hingga pada tahun 1958, Yamaha akhirnya juga memperluas fokusnya ke ranah alat olahraga dan kantor cabang di luar Jepang untuk pertama kalinya, yaitu di negara Meksiko. Yamaha yang semakin berkembang ini kemudian juga membentuk sebuah sekolah musik, korporasi internasional, FMCG (Fast Moving Consumer Goods), Yamaha Music Foundation, ekspansi ke Jerman Barat, bahkan semikonduktor di tahun 1971. Dan di tahun 1987, sebagai tanda 100 tahunnya berdirinya perusahaan Yamaha, Yamaha akhirnya berubah nama menjadi Yamaha Corporation.

Sejarah Yamaha Motor Corporation - Perubahan dan Perkembangan Yamaha di Dunia

Setelah divisi sepeda motor Yamaha yang telah berubah nama menjadii Yamaha Motor Corporation pada tanggal 1 Juni 1955, sepedea motor yang diproduksi pertama kali adalah motor dengan mesin satu silinder 2 tak sebesar 125cc yang diberi nama YA1, atau Akatombo (Red Dragonfly). Produksi motor yang kedua dari Yamaha adalah motor dengan mesin dua silinder YDI berkapasitas 175cc pada tahun 1957 yang sanggup menghasilkan tenaga 20bHP dan berhasil memenangkan balap motor di Gunung Asama. Tetapi walau begitu, di saat ini produksi motor Yamaha ternyata masih tidak unggul jika dibandingkan pabrikan motor Jepang lainnya. Hingga pada 2 tahun berikutnya di tahun 1957, Yamaha mulai memproduksi motor tipe sport pertamanya yang dikenal dengan nama YDSI yang dilengkapi dengan dengan transmisi 5 kecepatan. Pada tahun 1960, produksi sepeda motor dari Yamaha meningkat drastis hingga 6 kali lipat jika dibandingkan pada tahun 1957. Hingga pada tahun 1962, seiringnya peningkatan ekonomi di Amerika Serikat, Yamaha dapat menjual sebanyak 12.000 unit motor ke Amerika Serikat. Dan pada tahun 1963, jumlah kuantitas ekspor dari Yamaha meningkat hingga 36.000 unit dengan puncak di tahun 1964 yang mencapai 87.000 unit. Hingga tahun 1965, angka penjualan Yamaha di luar negeri sudah setara dengan angka penjualan di dalam negeri itu sendiri.

Dengan perkembangan yang terus meningkat ini, Yamaha mulai memproduksi YR 5, yaitu motor beban ringan dan dijual pada harga yang relatif kompetitif jika dibandingkan dengan motor dari brand lain di tahun 1970. Kemudian, Yamaha pun mulai semakin dikenal oleh global ketika melakukan peluncuran motor FZR 750 dan FZR 1000 di tahun 1980-an. Motor ini dilengkapi dengan fituri terbalik pada fork, chassis yang stabil, dan sistem knalpot yang lebih canggih. Popularitas Yamaha pun terus berkembang sejalan dengan model-model motor yang makin disukai masyarakat seperti YZF-R6 (600cc) dan YZF-R1 (1000cc) tahun 1996 dan YZS-R1 (1000cc) di tahun 2001.

Perkembangan Yamaha Motor di Indonesia

Layaknya dengan pabrikan motor-motor produksi Jepang, Yamaha mulai masuk ke pasar Indonesia pada akhir tahun 1960-an. Pada saat itu, agen resmi dari Yamaha Indonesia berjumlah lebih dari 3,000 agen yang tersebar di lima pulau besar Indonesia. Dengan dedikasi tersebut, kini motor Yamaha masih menjadi merk motor terdepan di Indonesia yang cukup dikenal banyak orang dari berbagai kalangan. Bahkan di tahun 2015 ini, Yamaha Indonesia mendapatkan penghargaan Service Quality Award pada kategori tertinggi (Diamond) di industri otomotif roda dua. Penghargaan yang didapat Yamaha ini pun dinilai berdasarkan hasil survei kepuasan & kesetiaan konsumen Indonesia terhadap suatu produk tertentu di tahun 2015. Berita inilah yang menunjukkan jasa after sales Yamaha yang memuaskan dan profesional. Jasa after sales Yamaha menjadi unggul berkat adanya 1.000 R Shop (untuk jenis motor R Series dan Max Series) dengan kisaran 15.000 teknisi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di bulan Mei 2015, Yamaha untuk pertama kalinya meluncurkan produk-produk bertema MotoGP di kelas pemula, yaitu YZF-R25, YZF R-15, New V-Ixion Advance dan MX King 150. Dari dahulu hingga kini, V-Ixion memang sudah sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, dengan angka penjualan yaitu 2,5 juta unit dan market share sebesar 61%. Yamaha MX King 150 itu sendiri adalah motor tipe moped sport (bebek sport) kelas tertinggi dari Yamaha yang gesit dan memiliki handle yang sangat baik. Sesuai dengan nama motor tersebut, motor ini disebut sebagai “Raja Jalanan” yang memiliki kekuatan dalam gaya, performa, teknologi, dan kelincahannya. Fitur-fitur MX King 150 mencakup LED Position Light, mesin berkapasitas 150cc fuel injection, liquid cooled, 4 stroke, SOHC, single cylinder, 4 valve, radiatior ukuran kecil, diasil cylinder, dan forged piston. Dengan fitur-fitur tesebut, MX King 150 diyakini dapat memuaskan jiwa pembalap yang dimiliki pengendara Yamaha..

Produk Yamaha, Produk Terbaru Yamaha, dan Produk Unggulan Yamaha

Selain dari motor bertema MotoGP, produk-produk terbaru baru Yamaha yang belum disebutkan yaitu adalah Yamaha All New Soul GT, NMAX, XMAX, MIO M3 125, WR250R, FINO FI, Xeon, Byson, dan MT 25. Dan pada bulan Februari 2015, angka penjualan motor Yamaha mencapai 32.375 unit (tidak termasuk ekspor) dengan produk-produk motor sportbike yang paling menjadi motor laris. Pada bulan tersebut adalah V-Ixion yang mencapai angka penjualan 26.546 unit, R-15 yang mencapai angka 3.883 unit, kemudian diikuti oleh motor Byson sebanyak 1.246 unit, R25 sebanyak 515 unit,dan Scorpio sebanyak 85 unit. Untuk segmen matik, produk-produk yang paling laris di antaranya adalah Mio GT, Mio M3, Xeon RC, GT125, dan FINO FI. Di segmen motor bebek, Jupiter MX masih memimpin dengan angka penjualan nasional 13.672 unit. Selain itu, Yamaha Indonesia menyediakan beragam motor dengan kapasitas besar seperti Yamaha R6, Yamaha R1, Yamaha R1M, Yamaha Tmax, dan beragam produk moge lainnya.

Info Spesifikasi, Harga, dan Kredit Motor Yamaha di Moladin

Yamaha adalah salah satu merek sepeda motor terbesar yang ada di Indonesia, Yamaha mampu bertahan dan bersaing dengan merek sepeda motor besar lainnya hingga saat ini. Untuk itu Yamaha terus meluncurkan sepeda motor terbaru yang semakin canggih, berkualitas, dan memudahkan penggunanya. Berbagai macam pilihan sepeda motor dan informasi spesifikasi motor dari Yamaha ini dapat anda lihat di Moladin secara lengkap dan jelas berserta review dari pengendara Yamaha lainnya yang telah membeli dan menggunakannya. Jadi, anda tidak perlu bingung ataupun takut salah pilih dengan sepeda motor Yamaha yang anda inginkan.

Jika anda sudah menentukan pilihan anda, sekarang waktunya anda memilih leasing yang tepat, temukan juga berbagai piilihan cicilan pembelian yang aman dengan proses yang mudah untuk kredit murah sepeda motor Yamaha anda di Moladin. Tentu saja proses kredit motor dari Moladin tidak akan membuat anda kesulitan dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, karena dari proses membeli yang diawali dengan melihat daftar sepeda motor Yamaha terbaru dari Moladin hingga proses kredit & survey sudah dapat dilakukan secara online. So, jangan ragu lagi untuk melakukan pembelian motor secara kredit dengan melakukan pengajuan online di Moladin!